Cara Melindungi Data Pribadi Di Dunia Maya

Share:
Meskipun hampir semua layanan di dunia maya mempunyai sistem keamanan yang baik, namun tidak lantas membuat kita menjadi tidak waspada terhadap keamanan akun yang kita miliki di dunia maya seperti akun facebook, gmail, dan lain sebagainya. Pasalnya, walaupun tingkat keamanan pada sebuah layanan online sudah sangat baik, akan tetapi tetap saja para penjahat cyber memiliki celah untuk bisa meretas data-data pribadi kita yang ada di dunia maya. Tentunya sudah menjadi suatu keharusan bagi kita para pengguna internet untuk selalu melindungi data-data atau informasi pribadi. Karena saat ini para penjahat cyber tidak cuma menyerang orang-orang terkenal saja, namun tidak menutup kemungkinan orang-orang seperti kita pun bisa menjadi korban kejahatan cyber. 
Data Pribadi Di Dunia Maya
Cara Melindungi Data Pribadi Di Dunia Maya

Untuk itu kita sebagai pengguna internet perlu waspada agar seluruh data-data penting yang sifatnya pribadi bisa tetap terlindungi dengan aman. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara melindungi data pribadi di dunia maya, berikut ini kami akan berikan beberapa tips yang bisa kalian gunakan.

Cara Melindungi Data Pribadi Di Dunia Maya.

1. Gunakan Password Berbeda Pada Setiap Akun.
Dengan alasan agar mudah mengingatnya, umumnya banyak dari kita para pengguna internet yang seringkali memakai password yang serupa pada setiap akun online yang kita miliki. Justru dengan kita menggunakan password yang berbeda dan unik pada setiap akun online, tentunya hal itu akan membuat para penjahat cyber kesulitan untuk membobol data-data pribadi yang kita miliki tersebut.  Semisal apabila ada satu akun milik kita yang dibobol oleh hacker, tentunya para hacker tersebut tidak mungkin bisa meretas akun kita lainnya dengan menggunakan password yang sama.

2. Pastikan Jaringan Internet Kita Sudah Aman.
Tidak jarang dari kita yang ternyata kurang mempedulikan keamanan pada jaringan internet yang ada di rumah kita misalnya. Pada saat para hacker sudah berhasil membobol jaringan internet di rumah kita, tentunya mereka akan dengan mudah mengakses semua data pribadi kita baik itu di perangkat laptop ataupun di perangkat lain yang terkoneksi dengan jaringan internet yang ada di rumah kita. Apabila anda mengalami masalah seperti ini, cara mengatasinya adalah dengan membuat password unik untuk mengamankan jaringan internet yang ada di rumah kita. Umumnya router wireless mempunyai password bawaan, jadi sebaiknya anda segera mengubah password tersebut. 

3. Berhatil-Hatilah Saat Mendownload Aplikasi.
Pada saat anda mendownload aplikasi anti virus ataupun aplikasi lain pada sebuah situs, anda perlu memastikan terlebih dulu bahwa situs yang anda kunjungi tersebut memang benar-benar terpercaya. Karena apabila tidak, dikhawatirkan perangkat yang anda gunakan tersebut bisa terkena infeksi virus atau malware berbahaya yang ada pada aplikasi tersebut.  Untuk menghindari hal seperti ini, caranya yaitu jangan centang atau uncheck seluruh fitur tambahan yang ada pada aplikasi bawaan perangkat anda ketika ingin menginstal sebuah aplikasi. Dengan melakukan ini, paling tidak anda sudah memimalisir ancaman serangan hacker yang ingin membobol data pribadi anda.

4. Waspada Terhadap Email yang Mencurigakan.
Mungkin kita pernah mengalami ketika membuka akun email, tiba-tiba anda sebuah email yang masuk dari orang yang sama sekali tidak kenal. Hal itulah yang sering dijadikan modus oleh para hacker untuk bisa meretas data pribadi kita di dunia maya. Biasanya para penjahat cyber akan mengirimkan sebuah file ke email kita, yang ketika diunduh akan melakukan proses enkripsi pada perangkat yang anda gunakan. Jenis file tersebut biasanya memiliki format .exe dan .bat. Namun format PDF pun tidak menutup kemungkinan juga bisa berbahaya. Jadi, saat anda mendapatkan sebuah pesan email yang menurut anda mencurigakan, sebaiknya anda menandainya sebagai pesan spam atau bisa juga dengan langsung menghapusnya.

Itulah tadi beberapa tips mengenai cara melindungi data pribadi di dunia maya, supaya kita bisa terhindari dari kejahatan para penjahat cyber. Dengan melakukan tindakan seperti ini, tentunya data-data pribadi yang kita miliki di dunia maya bisa terjaga keamanannya.