Cara Memperbaiki Speaker Laptop Yang Suaranya Kecil Padahal Volume Full

Suara speaker dari laptop kecil padahal volume suaranya sudah 100% full, lalu masalahnya apa? Untuk memperbaikinya tidaklah perlu dibongkar, karena ada cara lain yang bisa dilakukan agar speaker laptop tersebut mengeluarkan volume suara normal kembali.  Bayangkan saja bagaimana rasanya ketika sedang mau menonton film drakor atau drama korea dari laptop, tapi suara dari speaker yang dihasilkan sangat kecil sekali, bahkan kamu sudah membuat volume suara speaker laptop full, tapi suaranya bahkan tidak terdengar kecil sekali.

Cara Memperbesar Volume Suara Laptop

Untuk permasalahan volume speaker laptop yang terlalu kecil, maka berikut cara memperbesar volume suara pada laptop.

Mengatasi Suara Speaker Laptop Kecil Padahal Volume Full

1. Silakan klik kanan pada icon speaker yang ada ditaskbar windows yaitu klik Playback Devices
Suara Speaker Laptop Kecil
2. Kemudian pada tabs "Playback" ada Klik Kanan pada Speakers dan klik Properties
Cara Memperbaiki Speaker Laptop
3. Setelah itu akan muncul pop up baru lagi, dan silakan klik pada tabs “Enhancements” dan centang pada bagian “Loudness Equalization” dan yang lainnya biarkan saja.
4. Kemudian klik “Apply” dan “OK”
Cara memperbaiki speaker laptop suara kecil
5. Silakan putar musik atau video sambil atur volume suara speaker menjadi 100%. Jika suara dari speaker masih kecil maka silakan “Restart” dahulu laptopnya dan coba lagi ulangi putar musik dan naikkan volume suaranya 100%.
TIPS : Supaya volume suara dari laptop lebih besar dua kali lipatnya, maka bisa menggunakan aplikasi pemutar musik & video yaitu VLC Media Player atau Media Player Classic, karena program tersebut bisa setting/atur suaranya dinaikkan menjadi 300%.
Cara tersebut bisa dilakukan untuk semua merk laptop acer, asus, lenovo, toshiba dan lainnya yang suara speakernya terlalu kecil padahal volume suara sudah 100%.

Kalau langkah-langkah diatas masih belum berhasil kamu lakukan, maka cara memperbaiki suara laptop yang kecil adalah dengan memastikan apakah ada masalah kecil yang terjadi pada speaker laptop. Seperti dibawah ini :
  • Speaker laptop rusak
  • Sistem bermasalah
Lalu, cara memperbaiki speaker laptop itu bagaimana?

Langkah 1 : Silakan mencoba install atau update driver sound khusus tipe/merk laptop kamu. Kemungkinan ini dapat membantu memperbaiki driver suara pada laptop yang bermasalah atau error.

Langkah  2 : Jika sudah menginstall driver sound pada windows di laptop, tetapi suara speaker masih terdengar kecil juga, maka silakan mencoba dengan cara install ulang agar semua sistem berjalan normal termasuk suara speaker agar normal kembali.

Langkah 3 : Jika masih belum ada perubahan atau suara speaker masih terdengar kecil, maka dipastikan speaker rusak mau tidak mau harus dibawah ke service laptop ke service center yang terdekat dari tempat kamu. Kalau diservice center lengkap alat-alatnya dan terjamin dalam hal memperbaiki komponen laptop yang rusak.

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki speaker laptop suaranya kecil padahal volumenya sudah 100%. Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu sobat semua yang hadir membaca artikel ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel