Cara Mematikan Fitur Auto Correct di Google Keyboard Android

Cara Mematikan Fitur Auto Correct di Google Keyboard Android - Fitur auto correct dari Gboard atau google keyboard ini biasanya membantu kamu menemukan kalimat yang sesuai dengan ejaan saat mengetik, selain itu Gboard membantu mengatasi jika terjadi kesalahan pada saat pengetikan, Itulah manfaat dari fitur auto correct dari keyboard Google ini. Namun nyatanya, tidak semua kata-kata yang diketik itu diperbaiki dengan sempurna, kalau kita terbiasa menyingkat sebuah kata maka muncul banyak kalimat seperti ‘Yg’ untuk ‘Yang’, atau ‘kpn’ untuk ‘kapan’ dan lain sebagainya. Tentunya auto correct ini berfungsi untuk memperbaiki setiap kata mau diketik tadi.

Adanya fitur auto correct dari Gboard sebenarnya otomatis memudahkan kamu agar ketikan huruf lebih cepat dan tanpa ada kesalahan dari setiap masing-masing huruf tersebut. Artinya Gboard akan merekomendiskan sebuah kata yang benar jika kamu mengetikan sebuah kata yang salah sehingga artinya jadi lebih tepat. Terkadang fitur auto correct ini melakukan koreksi kata bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris sehingga menyulitkan dan membuat kenyamanan mengetik jadi terganggu.

Cara Mematikan Auto-Correct di Google Keyboard Android

Tenang saja, untuk mematikan fitur auto correct dari keyboard google ini, berikut cara-caranya :
1. Silakan buka menu ‘Pengaturan’ dari smartphone android kamu.
Buka pengaturan di hp android
2. Cari dan tap atau klik pada ‘Pengaturan Tambahan’
Pengaturan tambahan di android

3. Setelah itu tap klik ‘Keyboard & Metode Input’ tersebut
Keyboard & Metode
4. Silakan cari ‘Gboard’ dan tap Gboard
Gboard
5. Pada setelan Gboard , silakan pilih ‘Koreksi Teks’
koreksi teks

6. Cari ‘Koreksi’ dan off/matikan ‘Koreksi Otomatis’ atau ‘Auto Correct’
Koreksi Otomatis

7. Sekarang fitur koreksi otomatis atau auto correct telah dimatikan
Koreksi Otomatis dimatikan
8. Selesai.

Kalau sedikit berbeda, bisa masuk seperti ini : masuk ke Setting >> Languages & Input >> Gboard atau Google Keyboard >> cari fitur auto correct Google Keyboardnya dan Off/matikan.

Nah, fitur koreksi otomatis di Google keyboard sudah tidak aktif, dan coba lakukan pengetikan dan lihat hasilnya, maka tidak ada lagi koreksi otomatis dari setiap kata/huruf yang diketik. Pengaturan mematikan fitur auto correct/koreksi otomatis ini berlaku untuk semua aplikasi keyboard yang kamu install dari google play store. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara mematikan fitur auto correct di Google Keyboard Android. Mudah-mudahan paham ya dari uraian yang telah dijelaskan diatas tadi. Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini di media sosial kamu ya, supaya informasi ini dapat lebih bermanfaat lagi. Selamat mencoba sobat!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel