Cara Mencegah Virus dan Malware di Smartphone Android

Share:
Meskipun Android merupakan sebuah perangkat yang memiliki pengguna terbanyak diseluruh dunia, namun ternyata hal tersebut tidak lantas membuat sistem operasi Android ini sudah terbebas dari serangan malware atau virus. Beberapa tahun belakangan ini memang sistem operasi berbasis Android ini sering dijadikan incaran serangan malware. Google pun selaku pemilik dari platform Android ini juga telah mempersiapkan upaya pencegahan pada semua aplikasi miliknya, agar dapat terhindar dari serangan malware atau virus. Namun meskipun demikian, ternyata masih cukup banyak dari pengguna android yang belum aman sepenuhnya dari infeksi malware. 

Maka dari itu anda sebagai pengguna perangkat android pun harus punya keahlian supaya smartphone android yang anda gunakan bisa terbebas dari serangan virus malware. Jadi, mulai sekarang berhati-hatilah ketika ingin menginstal apilikasi yang belum jelas asalnya, karena bisa jadi aplikasi yang sedang anda instal tersebut mengandung virus dan malware yang berbahaya. Mungkin beberapa diantara anda belum mengetahui bahawa sebenarnya malware atau virus yang telah menginfeksi sebuah perangkat smartphone, akan anda alhasil akan memberi jalan kepada pembuat program malware tersebut untuk meracuni perangkat smartphone yang anda miliki.

Mungkin masih cukup banyak pengguna android yang masih bertanya-tanya tentang cara mencegah malware dan virus di smartphone android. Nah, kebetulan pada kesempatan kali ini kami akan berbagi beberapa tips supaya perangkat android anda bisa terhindar dari serangan virus dan malware. Berikut ulasannya!
Malware di Android

Cara Mencegah Infeksi Virus dan Malware di Smartphone Android.

Update Dengan Antivirus Versi Terbaru.
Mungkin masih banyak diantara kita pengguna android yang masih malas menginstal aplikasi antivirus diperangkat android yang kita gunakan. Dengan menginstal antivirus di android yang telah tersedia update secara rutin, hal ini sebenarnya merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap malware dan virus yang menginfeksi perangkat android. Pada Google Play Store sendiri telah tersedia banyak sekali aplikasi antivirus yang bisa anda unduh. Dan cara yang paling tepat adalah memilih aplikasi antivirus terbaik yang direkomendasikan khusus untuk perangkat android seperti AVG, Avast, Norton. Namun ingat, anda tidak disarankan untuk mengunduh aplikasi antivirus gratis, sebab biasanya antivirus gratis telah terinfeksi malware dan virus berbahaya.

Lakukan Pengecekan Akses Aplikasi.
Meskipun aplikasi yang anda install berasal dari Play Store, bukan berarti aplikasi yang anda unduh tersebut sudah bebas dari bahaya virus dan malware. Dikarenakan saat ini sangat mudah sekali untuk memasang hasil karya aplikasi di Google Play Store tersebut, akhirnya cukup banyak juga para pembuat aplikasi yang secara sengaja memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyisipkan program malware kedalam sebuah aplikasi. Agar terbebas serangan malware dan virus, tentunya anda harus lebih teliti lagi ketika memberikan izin akses kepada aplikasi-aplikasi yang ingin dipasang pada perangkat android anda. Jika ada sebuah permintaan izin yang sekiranya terkesan mencurigakan, ada baiknya anda hentikan proses instalasi aplikasi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gunakan Pemindai Malware Google.
Seluruh perangkat smartphone berbasis android, dari mulai versi 3.2 hingga ke versi 7.0 tentunya sudah didukung dengan fitur malware dan virus scanner. Jadi sebelum anda memasang aplikasi yang diunduh selain dari Play Store, pastinya Google akan terlebih dahulu memindai aplikasi tersebut hingga sudah benar-benar akam sepenuhnya. Fitur ini dapat diaktifkan manual dan bisa juga dijalankan dari menu Google Settings pada app drawer. Apabila anda memakai perangkat android yang telah dibekali fitur ini, anda bisa langsung menjalankannya lewat pilihan Verify Apps yang ada pada menu Security, didalam menu pengaturan.

Hati-Hati Saat Mengakses Wifi di Tempat Umum.
Pastinya mayoritas pengguna smartphone sangat senang jika menemui ada sebuah layanan internet gratis melalui jaringan Wifi dan hotspot. Akan tetapi sebelum menggunakannya, anda perlu ingat, Wifi atau hotspot gratis yang tersedia di area publik ternyata sangat berisiko terhadap malware. Karena seringkali para peretas akan memanfaatkan situasi tersebut untuk menginfeksi perangkat android anda. Jadi sebaiknya sebelum menggunakan hotspot ditempat umum, pastikan dulu bahwa Wifi yang akan anda koneksikan tersebut sudah aman.

Dengan melakukan pencegahan terhadap serangan virus, tentunya smartphone android yang anda gunakan akan tetap aman serta terhindar dari serangan malware berbahaya.