Fitur Tersembunyi dari WhatsApp Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Aplikasi WA atau WhatsApp adalah aplikasi yang sangat banyak digunakan untuk melakukan pertukaran informasi seperti Chat, Video Call dan sebagainya. Berkembangnya aplikasi komunikasi seperti Whatsapp ini membuat orang lebih mudah melakukan komunikasi kepada teman, sahabat, orang tua, pacar dan lainnya , karena dengan bermodal paket internet kita sudah bisa melakukan komunikasi via aplikasi Whatsapp. Tidak jarang memang smartphone sekarang ini menjadikan aplikasi WA menjadi aplikasi pilihan utama untuk berkomunikasi.

Aplikasi chatting ini memang sudah menjadi aplikasi utama untuk urusan chatting dibanding aplikasi chatting lainnya. Tapi dibalik itu semua ada beberapa kelebihan yang unik yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang lain. Nah,, kali ini admin akan memberikan beberapa informasi trik tersembunyi yang dapat teman- teman lihat dibawah ini :

1. Bisa Atur Huruf Sesuai Keinginan 
Didalam tulisan atau huruf di WA ada tulisan yang bisa kita buat terlihat menarik, apa itu yang menarik? menariknya adalah tulisan pada huruf di Whatsapp bisa kita buat tulisan miring, tebal, dan coret. Dengan tampilan tulisan huruf seperti itu membuat chatting kita terlihat menarik dan berbeda dari lainnya.
Tulisan mirin tebal miring dan coret di WA

Untuk membuat tulisan miring, tebal dan coret di aplikasi Whatsapp teman-teman tinggal mengikuti instruksinya seperti ini, contoh untuk membuat tulisan aku menjadi Tebal maka formatnya yaitu  *aku*, sedangkan untuk membuat tulisan huruf di Whatsapp menjadi Miring maka format tulisannya yaitu _aku_ , dan untuk membuat tulisan huruf di Whatsapp menjadi Coret yaitu dengan format tulisan ~aku~ . Nah, gampang bukan ? hal tersebut bisa teman-teman lakukan di aplikasi Whatsapp teman-teman ketika chatting dengan teman chat kamu.

2. Menyembunyikan Last Seen
Aplikasi Whatsapp memberikan izin kepada aplikasi untuk menyembunyikan kapan terakhir online dan kapan online. Artinya aplikasi WA memberikan izin menampilkan dan menyembunyikan status kita online atau  status terakhir online kita di Whatsapp. Namun kalau memang menjadi kebutuhan privasi kita, maka aplikasi WA dapat menyembunyikan status online kita atau Last Seen.

Menyembunyikan Last Seen

Untuk caranya seperti ini  , pilih menu Setting kemudian pilih tab Account dan Privacy , maka teman-teman akan menemukan bilah bertuliskan "Last Seen" maka pilih tab tersebut maka akan muncul pilihan lain selain secara Pop-up.

Kamu tinggal pilih Everybody untuk setiap status online kamu dilihat semua orang atau status Last Seen kamu terlihat semua orang. Kemudian kamu tinggal pilih My Contact supaya hanya orang yang dalam buku kontak saja yang dapat melihat Last Seen kamu atau pilih Nobody agar tidak ada satupun yang dapat melihat Last Seen kamu tersebut.

3. Backup Percakapan
Teman-teman bisa membuat cadangan percakapan di aplikasi Whatsapp guna mengamankan percapakan penting kamu dengan teman. Ini juga dapat membantu kamu yang ingin berganti smartphone yang ingin percakapan tetap ada tanpa mengalami perubahan sejak mengganti smartphone tersebut sehingga kamu bisa memulihkan percakapan ke awal semula atau pulih kembali.

Backup Percakapan

Caranya yaitu ada pada menu pengaturan atau Setting, carilah tab bertuliskan Chat dan Chat Backup. Di dalamnya berisi pengaturan untuk menyimpan cadangan data percapakan ke dalam Google Drive. Cukup dengan memasukkan akun Gmail Anda, serta mengatur supaya pada aplikasi otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu. Selanjutnya semua akan berjalan otomatis

4. Menyimpan Percakapan dalam bentuk Teks
Menyimpan Percakapan dalam bentuk Teks

Pengguna WhatsApp bisa menyimpan berbagai percakapan mereka ke dalam bentuk teks. Ini berguna bila Anda termasuk orang yang rapi dan senang menyimpan berbagai arsip percakapan. Caranya, bukalah tab obrolan yang ingin Anda simpan dalam bentuk teks. Sentuh tiga titik yang berada di kanan atas, lanjutkan ke bilah More dan sentuh pilihan Email Chat. Selanjutnya Anda bisa memilih apakah akan menyertakan berbagai media di dalam percakapan atau hanya teks saja. Setelah memilih akan muncul e-mail untuk mengirimkan percakapan tersebut.

5. Blokir Kontak 
Blokir Kontak
Sering mendapatkan pesan spam dari orang tak dikenal? Blokir saja. WhatsApp memang memberikan fitur tersebut dan bisa diakses dengan mudah. Caranya, buka percakapan dengan orang yang dituju. Sentuh menu titik tiga di bagian kanan atas dan pilih tab More. Anda akan menemukan pilihan Block di antara menu yang muncul. Sentuhlah, dan pemblokiran pun selesai.

6. Menghentikan download otomatis

Menghentikan download otomatis

Biasanya berbagai foto dan media yang dikirimkan melalui WhatsApp akan otomatis terunduh. Hal ini mengakibatkan konsumsi daya yang cukup besar, selain juga menghabiskan paket data. Anda bisa mengubah pengaturan agar semua media yang diterima nomor WhatsApp Anda tidak otomatis terunduh. Caranya, masuk ke menu Setting, dan pilih Data Usage. Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut. Ada tiga tab, yaitu When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Pada masing-masing tab bisa dipilih media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama sekali.

7. Tanda Bintang
Tanda Bintang
Anda bisa memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang ada di WhatsApp. Tanda ini berguna untuk mencatat berbagai informasi penting, seperti alamat rumah atau nomor telepon. Caranya, pilih pesan yang ingin ditandai, sentuh dan tahan selama beberapa detik. Akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp, tepat disamping ikon “delete”. Pilihlah tanda bintang tersebut. Bila ingin melihat berbagai pesan yang sudah ditandai bintang, Anda cukup sentuh menu titik tiga di sudut kanan atas. Selanjutnya pilih tab bertuliskan “Starred messages”.

8. Sembunyikan tanda read

Sembunyikan tanda read

Setiap pesan yang dikirimkan dan sudah dibaca akan ditandai dengan centang biru. Bila Anda tak ingin lawan bicara mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum, Anda bisa mengubahnya.

Masuk ke menu Settings, lalu Accounts dan Privacy. Di dalamnya, tepatnya di bagian bawah, Anda akan menemukan tab bertuliskan Read Receipts. Hapus tanda centang di bilah tersebut untuk menon-aktifkannya.

9. Colek teman di grup

Colek teman di grup

WhatsApp mempunyai fitur mention atau "mencolek" teman di grup percakapan. Menggunakan fitur yang satu ini, pengguna yang tergabung dalam grup dijamin bakal menjadi lebih awas saat di-mention.

Pasalnya, fitur tersebut akan tetap memaksa sistem mengeluarkan bunyi notifikasi saat pengguna di-mention, meski grup percakapan itu sudah dibuat dalam dalam mode senyap (mute).

Sebelumnya, jika pengguna mute sebuah grup, sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apa pun. Sehingga pengguna seringkali tidak menyadari sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp.

Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan atau menekan karakter "@" (tanpa tanda petik). Setelah mengetik simbol "@" di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan.

Pengguna bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

10. Membalas pesan yang sudah tenggelam di grup

Membalas pesan yang sudah tenggelam di grup

Jika ingin mengutip salah satu pesan di grup dan membalasnya, Anda harus menekan lama pesan tersebut. Antarmuka WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak.

Salah satunya, yang terletak paling kiri, ada ikon bergambar panah. Anda cukup menekannya sekali, lalu WhatsApp akan otomatis mengutip pesan yang ingin Anda komentari.

Setelah menuliskan komentar, kirim pesan itu. Anggota grup akan paham bahwa Anda sedang membalas sebuah obrolan spesifik yang dilontarkan satu orang.

11. Menggunakan WhatsApp di Komputer atau Laptop

Menggunakan WhatsApp di Komputer atau Laptop

Tidak hanya bisa chatting WhatsApp lewat smartphone, kamu juga dapat melakukan obrolan menggunakan PC atau laptop. Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal menggunakan WhatsApp Web yang merupakan fitur resmi dari WhatsApp

Nah, bagaimana sangat banyak bukan fitur tersembunyi dari aplikasi chatting Whatsapp? tentunya teman-teman bisa memanfaatkan fitur dari aplikasi Whatsapp ini sebagai fitur yang menarik dan bermanfaat. Sekian informasinya dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel