Cara Melakukan Perawatan Untuk Rambut Kering Agar Selalu Tampak Sehat

Bagi setiap wanita rambut adalah sebuah mahkota kecantikan yang harus selalu dirawat dan dijaga. Menjaga rambut untuk tetap sehat dan berkilau adalah sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh setiap wanita, demi menjaga penampilannya agar tetap terlihat cantik dan menawan ditempat umum. Namun sayangnya tidak semua orang bisa menjaga rambutnya agar tetap terlihat sehat dan bagus. Ada banyak permasalahan yang sering terjadi pada rambut mulai dari ketombean, rambut rontok, kusam dan salah satunya adalah masalah pada perawatan untuk rambut kering, dan biasanya rambut kering ini terjadi karena disebabkan oleh kurangnya produksi minyak didalam rambut dan kurangnya melakukan perawatan rutin pada rambut.

Seperti yang kita ketahui, masalah rambut kering, bercabang dan kasar yang dialami khususnya kaum wanita tentunya akan menimbulkan rasa percaya diri yang kurang, dan ini menjadi masalah perawatan rambut yang harus segera diatasi karena jangan sampai dibiarkan berlama-lama karena akibatnya bisa membuat rambut rontok,patah dan susah disisir atau ditata.
Perawatan Untuk Rambut Kering

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan pada rambut yang menyebabkan rambut terlihat kering yaitu :

1. Faktor Kondisi Lingkungan
Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi rambut menjadi kering adalah lingkungan, kenapa lingkungan? Karena lingkungan yang banyak mengandung polusi udara kotor serta kondisi cuaca panas akan menyebabkan kondisi rambut menjadi kering dan kasar serta bisa bau tentunya. Suhu panas yang dihasilkan dari matahari jika lama-lama mengenai rambut juga tidak bagus untuk kesehatan rambut karena akan membuat rambut mudah patah dan sulit untuk ditata atau disisir.

2. Penggunaan Shampoo dan Cara Keramas Yang Tidak Tepat
Kandungan yang terdapat didalam shampoo umumnya berfungsi untuk membersihkan kulit kepala serta rambut. Namun perlu diperhatikan dalam memilih shampoo harus memperhatikan kondisi rambut karena tidak semua shampoo yang ada sesuai dengan kulit kepala dan rambut, dan terkadang ada efek panas dan gatal ketika sehabis keramas menggunakan shampoo tersebut. Pemilihan shampoo yang salah bisa membuat rambut menjadi kering karena kandungan bahan yang terdapat didalam shampoo tidak cocok ke rambut.

Selain shampoo, cara keramas juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut menjadi kering dan rusak, mencuci rambut dengan keramas tidak boleh dilakukan setiap hari karena bisa menyebabkan kelembaban rambut menjadi berkurang dan rambutpun bisa menjadi kering serta patah.

3. Penggunaan catokan dan hair dryer 
Penggunaan catokan ataupun hari dryer biasanya bertujuan untuk membuat rambut menjadi lurus dan rapi, tapi tidak disangka kalau cara penggunaannya tidak tepat dan panas yang dihasilkan alat satu ini kalau sering dan berlebihan efeknya rambut menjadi kering dan mudah patah.

4. Kurang mengkonsumsi air putih
Air putih merupakan bagian penting dalam tubuh karena tubuh butuh cairan dan ini juga berpengaruh pada kesehatan kulit serta rambut. Kurangnya konsumsi air putih akan membuat tubuh menjadi kekurangan cairan dan efeknya bisa berpengaruh kepada kulit kepala menjadi kering dan membuat rambut kehilangan kelembaban.

5. Penggunaan Pewarna Rambut
Penggunaan pewarna pada rambut biasanya digunakan untuk membuat rambut menjadi lebih berwarna. Adanya banyak pewarna rambut yang beredar dengan merk berbeda, kandungan bahan kimia yang keras didalam perwarna rambut jika digunakan diluar komposisi maka akan membuat rambut kehilangan kelembaban dan minyak alami pada rambut menjadi berkurang dan hasilnya rambut rusak dan tidak sehat.

Oleh karena itu jika kamu telah mengetahui penyebab rambut kering diatas, maka sebaiknya kamu juga perlu tahu cara perawatan untuk rambut kering agar rambutmu tetap terlihat terjaga kesehatannya dan tampak indah. Karena memiliki rambut kering sungguh-sungguh sangat menganggu penampilan diluar ruangan.

Cara Melakukan Perawatan Untuk Rambut Kering

Untuk mengatasi rambut kering, dibawah ini ada beberapa cara perawatan untuk rambut kering agar tetap sehat dan enak dilihat :

1. Rutin Cuci Rambut Dua Kali Sehari
Kebiasaan kita sering melakukan cuci rambut setiap hari sebenarnya tidak bagus buat kesehatan rambut karena bisa menghilangkan kelembabapan pada rambut. Sebaiknya lakukan cuci rambut dua kali sehari dengan menggunakan shampoo atau kondisioner yang sesuai dengan tipe kulit rambut agar rambut tetap selalu terjaga kelembabannya.

2. Pilih Produk Rambut Yang Tepat
Banyak produk kecantikan terutama produk kesehatan rambut yang beredar sekarang ini, namun semuanya harus disesuaikan dengan kondisi kulit kepala dan kondisi rambut. Pilihlah produk shampoo yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Jika rambut kamu kering gunakanlah produk shampoo yang tipenya untuk rambut kering. Ada banyak produk prambut alami yang bisa digunakan seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan produk rambut alami lainnya yang dapat menjaga kelembaban pada rambut kering ini.

3. Gunakan Vitamin Khusus Rambut
Rambut juga butuh vitamin supaya rambut kering tetap terjaga kesehatan dan kelembabannya maka bisa menggunakan vitamin rambut,  yaitu vitamin khusus untuk rambut kering. Dengan menggunakan vitamin rambut ini maka rambut akan tetap sehat, mudah diatur dan tetap terjaga kelembabannya.

4. Hindari pewarnaan rambut
Untuk merawat rambut kering sebaiknya hindari perwarnaan rambut karena kandungan bahan-bahan dari perwarna rambut bisa saja merusak rambut seperti rambut menjadi kering dan mudah patah. Apalagi sekarang ini warna rambut ombre banyak digemari oleh kaum wanita untuk mendapatkan sebuah warna rambut yang menarik dan menawan.

5. Rajin Menggunting Rambut
Lakukanlah pemotongan rambut atau gunting rambut pada kondisi ujung-ujung rambut yang bercabang dan kering tentunya ini membantu rambut tumbuh kembali. Ini juga salah salah satu perawatan pada rambut kering agar rambut tampak sehat dan rapi.

Jadi mulai sekarang bagi kaum wanita yang masih memiliki rambut kering sering-seringlah melakukan perawatan khusus rambut kering seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi. Memiliki rambut kering memang membutuhkan perawatan khusus agar rambut kering tampak terlihat sehat dan terawat selalu.

Demikianlah tadi informasi tentang cara melakukan perawatan untuk rambut kering agar selalu tampak sehat. Selalu jaga kesehatan rambut kamu karena rambut bagian penting bagi kita dalam menunjang penampilan kita sehar-hari. Silakan share atau bagikan artikel ini melalui sosial media kamu agar informasi ini dapat lebih bermanfaat lagi. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel