Tips Singkat Cara Menghilangkan Sablon di Baju Dengan Mudah

Secara umum semua orang sudah tahu dengan apa itu namanya sablon. Ya sablon adalah sebuah teknik mencetak tinta dalam bentuk nama, karakter serta sebuah gambar khusus yang dibuat ke dalam permukaan pakaian seperti baju ataupun kaos. Apalagi sekarang ini untuk mencari sablon baju kita tinggal pergi ke tukang sablon dengan biaya yang relatif murah dan waktunya juga tidak terlalu lama. Namun ada kendala sewaktu kita menyablon baju yaitu hasil cetakan sablon lama-kelamaan terkadang mudah terkelupas terutama pada saat baju direndam dengan deterjen pembersih kain. Dengan terpaksa sablon yang menempel tersebut harus dikupas ataupun dibersihkan. Untuk menghilangkan sablon yang terkelupas itu maka ada beberapa cara menghilangkan sablon di baju dengan mudah, tanpa bekas dan bersih.

Sebelum kita menghilangkan sablon di baju ada yang perlu kita ketahui bahwa dari beberapa cetakan sablon ternyata ada juga sablon yang susah untuk dihilangkan atau dihapus dari baju. Ini karena ada banyak jenis dan bahan yang digunakan tukang sablon dalam menempelkannya ke baju, contohnya seperti sablon rubber, plastisol, pigmen dan lain-lainnya tapi dari semuanya jenis sablon paling sering digunakan adalah jenis sablon poliflex dan ini masih bisa dihapus atau dihilangkan dari baju.

Cara Menghilangkan Sablon di Baju

Untuk kamu yang punya baju tapi sablonnya sudah mulai terkelupas, pecah-pecah atau ingin mengilangkan sablon di baju, maka berikut caranya dibawah ini :

1. Menghilangkan Sablon di Baju Menggunakan Setrika Baju
Setrika bisa menjadi salah satu alat yang membantu menghilangkan bekas sablon di baju. Selain setrika baju tadi, maka siapkan bahan-bahan lainnya seperti  alkohol, pisau atau gunting dan kain bahan cotton atau bahan balotteli yang kering sebanyak 2 saja.

Caranya:
  1. Panaskan setrika baju selama 3 sampai 5 menit.
  2. Bentangkan baju ditempat permukaan yang datar/meja setrika dan posisi sablon baju ke atas.
  3. Kemudian masukkan kain yang kering tebal tadi kedalam baju cukup 1 saja.
  4. Letakkan satu lagi kain tebalnya pada posisi diatas sablon dan tempelkan setrika yang panas tadi diatasnya selama lebih kurang 30 detik.
  5. Angkat setrikanya dan ambi kain tebal tadi dan oleskan cairan alkohol secara merata tepat di bagian sablon selagi panas.
  6. Maka sablon akan mulai seperti mengkerut dan mulailah tarik sablon agar terkelupas dengan menggunakan pisau dengan hati-hati agar baju tidak kena.
  7. Ulangi seperti diatas tadi sampai sablon benar-benar terkelupas.
  8. Jika sablon sudah hilang segera cuci baju tersebut dengan deterjen pembersih kain dan noda supaya sisa sablon dan bau alkoholnya hilang.
2. Menghilangkan Sablon di Baju Menggunakan Bensin
Bensin mengandung hidrogen dan karbon juga bisa digunakan untuk menghilangkan sablon dibaju. Bensin yang digunakan bisa pertalite ataupun pertamax serta bahan-bahan lainnya seperti 2 buah kain kering, gunting atau pisau.

Caranya :
  1. Balikkan baju sablon dan letakkan di permukaan yang datar atau di meja setrika
  2. Masukkan kain yang kering kedalam baju sablon supaya cairan bensin tidak merembes terlalu banyak keluar.
  3. Tuangkan bensin pelan-pelan pada posisi bagian belakang sablon dengan merata.
  4. Biarkan sampai kering dan menyerap ke sablon.
  5. Kupaslah sablon dengan pisau secara perlahan-lahan.
  6. Jika sablon mulai susah terkelupas ulangi langkah seperti tadi sampai sablon terkelupas semuanya
  7. Rendam baju tersebut dengan deterjen pembersih kain dan noda.
  8. Selesai
3. Menghilangkan Sablon di Baju Menggunakan Pemutih Pakaian
Pemutih pakaian bisa membantu menghilangkan sablon di baju, karena biasanya kandungan dari pemutih pakaian ini sangat kuat bahan kimianya. Untuk pemutih pakaian ini digunakan khusus pada pakai baju putih sablon saja. Sedangkan untuk warna baju lain selain putih tidak direkomendasikan karena akan merusak warna pakaian atau baju tersebut. Siapkan juga bahan-bahan lainnya seperti sarung tangan plasti atau karet, detergen kain dan air panas.

Caranya :
  1. Tuangkan air panas ke dalam ember yang kosong secukupnya.
  2. Tuangkan pemutih kain sekitar 100ml dan aduk rata dengan gayung mandi.
  3. Tuangkan atau oleskan pemutih kain tepat ke sablon baju secara merata selama 10 menit
  4. Rendam ke ember tadi selama 5 menit.
  5. Silakan kucek pada sablon bajunya dan jika masih ada yang belum terkelupas silakan kupas dengan kuku secara perlahan-lahan dan jika masih belum tuangkan pemutih ke arah sablon lagi dan rendam lagi selama 5 menit.
  6. Jika masih ada sisa sablon yang belum terkelupas ulangi langkah tadi.
  7. Cuci baju dengan detergen agar bersih.
4. Menghilangkan Sablon di Baju Menggunakan Mesin Pengering
Cara menghilangkan sablon dengan menggunakan mesin pengering cukup sederhana yaitu siapkan baju sablon, kemudian masukkan kedalam mesin pengering baju dan biarkan sampai benar-benar suhu tinggi dan kering. Kemudian angkat bajunya dan cek sablonnya apakah sudah benar-benar terkelupas atau tidak merekat lagi dan kupas secara perlahan-lahan bekas sablon yang masih belum terkelupas dengan alat cukur atau silet dengan hati-hati agar baju tidak kena. Lakukan beberapa kali tapi jangan sampai merusak baju tentunya.

5. Cara Menghilangkan Sablon di Baju Menggunakan Cairan M3
Untuk menghilangkan sablon pada baju maka bisa juga menggunakan cairan M3 dimana cairan ini sifatnya mirip seperti pelarut. Untuk mendapatkan cairan ini kita bisa membelinya di toko perlengkapan sablon. Gunakan sarung tangan untuk menggunakannya karena kulit sensitif terhadap bahan kimia yang satu ini.

Caranya :
  1. Letakkan baju sablon dipermukaan yang datar atau bisa juga menggunakan meja setrika.
  2. Masukkan kain kering kedalam baju sablon agar cairan M3 yang akan dituangkan tidak merembes keluar kain.
  3. Pakailah sarung tangan dan tuangkan cairan M3 ke kain kering secara merata.
  4. Gosokkan pada baju sablon dan biarkan sampai sablon benar-benar hilang dan bisa gunakan sebuah silet atau alat cukur untuk membersihkan sisa-sisa sablon yang masih terkelupas dan lakukan secara hati-hati agar baju tidak sobek dan bisa ulangi proses tadi supaya sablon benar-benar terkelupas dengan sempurna.
  5. Rendam baju dengan detergen sambil sikat bekas sablon tadi hingga hilang dan bersih.
Jadi sekarang buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menghilangkan sablon pada baju, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencobanya seperti yang dijelaskan diatas tadi. Demikianlan informasi tentang tips singkat cara menghilangkan sablon di baju dengan mudah.  Kalian bisa memilih cara mana menurut kalian paling mudah untuk menghilangkan baju sablon kalian dirumah tentunya. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari informasi menghilangkan sablon di baju. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel