Cari Mobil Bekas ? Berikut Ini Tips Untuk Memilih Mobil Bekas Terbaik dan Berkualitas

Memiliki mobil bekas sebagai kendaraan pribadi bukanlah hal mustahil saat sekarang ini. Apalagi kendaraan pribadi sudah menjadi bagian penting dari salah satu kebutuhan hidup, terutama dalam membantu aktifitas atau kegiatan kita sehari-harinya. Bahkan kendaraan seperti mobil pribadi ini, dianggap sebagai alat transportasi yang paling banyak dan cukup bagus untuk menampung satu keluarga tentunya. Tak jarang orang mengatakan bahwa memiliki mobil pribadi yang terparkir digarasi rumah, dianggap sebagai barang mewah. Walau sekalipun itu hanya sebuah mobil bekas, tentunya anda merasa cukup bahagia memilikinya, karena sekarang anda dapat membeli mobil bekas dari hasil gaji atau tabungan yang selama ini dikumpulkan.

Mobil bekas
Mobil bekas
Sayangnya, memang tidak semua orang dapat membeli mobil karena harganya yang terlalu tinggi. Harga yang terlalu tinggi membuat keuangan yang tidak cukup terpaksa membatalkan niat atau kemauan untuk membeli mobil tersebut. Tetapi tidak perlu khawatir, anda bisa mensiasatinya dengan cara mencari dan membeli mobil bekas. Jangan pernah memandang sebelah mata terhadap mobil bekas. Mungkin sebagian orang yang memiliki pemahaman, bahwa mobil bekas adalah mobil yang cepat rusak dan menjadi langganan bagi setiap bengkel mobil. Ternyata pemahaman tersebut tidak sepenuhnya benar, bahkan jika memang berniat dalam mencari mobil bekas, anda bisa saja mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan tidak mengecewakan serta harga jualnya cukup bagus bila ingin dijual kembali, berikut informasi tips cari mobil bekas terbaik dan berkualitas seperti berikut ini.

Tips Untuk Memilih Mobil Bekas Terbaik dan Berkualitas


1. Cari Tahu Tentang Latar Belakang Mobil Tersebut
Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai latar belakang mobil bekas tersebut. Anda bisa menemui pemilik mobil dan bertanya mengenai sejak kapan membeli mobil tersebut, kemana saja mobil ini pernah dibawa, riwayat tentang kerusakan yang terjadi pada mobil, kecelakaan dan seberapa sering dilakukan perawatan mobil, serta jangan lupa tanyakan alasan penjual menjual mobilnya tersebut.

Hal lainnya yaitu jangan sampai lupa, terutama mengenai spesifikasi dari mobil tersebut. Bila perlu, silakan lakukan pengecekan mobil sambil memahami kendapa apa saja yang mungkin terjadi pada mobil tersebut kepada si penjual. Intinya jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual mengenai awal mula dari mobil tersebut.

2. Lakukan Pengecekan Bodi Mobil
Selanjutnya lakukan pengecekan terhadap bodi mobil tersebut, tapi sebelumnya minta izin terlebih dahulu kepada pemilik mobil, setelah itu silakan lanjutkan untuk melakukan pengecekan terutama pada bodi mobil dan cek fisik, apakah ada lecet atau goresan pada bodi, atau apakah masih mulus serta tidak ada bekas-bekas karat dan sebagainya. Silakan cek dan periksa mulai dari bodi depan dan belakang mobil. 

Secara detail perhatikan juga pada bagian atas plafon dari mobil apakah masih bagus atau tidak, serta cek kondisi ke empat ban mobil tersebut, apakah masih bagus atau tidak, termasuk ban serapnya, Ini bisa menjadi hal penting dalam menentukan pilihan dalam memilih sebuah mobil bekas yang baik dan berkualitas.

3. Periksa Keadaan Mesin Mobil
Setelah mengecek bagian luar dari mobil, selanjutnya memeriksa keadaan pada mesin mobil. Ini memerlukan waktu dan ketelitian yang tidak sebentar, karena ini harus orang yang paham tentang otomotif tentunya. Jika ada ragu dan benar-benar kurang mengerti masalah mesin mobil, mintalah kepada teman anda yang mengerti betul tentang masalah mesin mobil. Biasanya teman anda yang paham mengenai otomotif akan membawa peralatannya guna membantu untuk memeriksa mesin mobil tersebut.

4. Tanyakan Asuransi Mobil
Kemudian jangan lupa untuk menanyakan mengenai asuransi mobil tersebut mintalah kepada penjual untuk memperlihatkan kartu atau dokumen sebagai tanda bahwa apakah mobil tersebut benar di asuransikan atau tidak. Kalau memang masih diasuransikan tentunya ini sangat baik untuk dilanjutkan lagi asuransinya bagi mobil tersebut. Untuk melakukan proses balik nama bisa dilakukan selama dokumen dan surat jual beli sudah lengkap.

5. Periksa dengan Teliti Mengenai Kelengkapan Surat Kendaraan
Untuk memastikan bahwa mobil tersebut memang benar-benar layak dibeli, maka pastikan terlebih dahulu mengenai dokumen atau surat-surat kendaaran mobil. Mulailah dengan mengecek keaslian STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) mobil tersebut. Perhatikan cap dan tanda-tangan pengesahan serta hologramnya pada BPKB dan STNK mobil tersebut. 

Untuk mencocokan nomor-nomor yang tertera pada BPKB dan STNK maka silakan periksa Nomor Rangka serta Nomor Mesin yang dilihat pada kap mesinnya. Jika ingin lebih memastikan dan menyakinkan tidak salah meminta izin kepada penjual untuk melakukan cek fisik di kantor samsat. Tujuannya untuk memastikan data dan informasi pada dokumen sesuai dengan yang sebenarnya. Biasanya dengan senang hati si penjual akan bersedia mobilnya untuk dilakukan cek fisik disana.

Dengan mengetahui tips diatas, mudah-mudahan bisa membantu anda yang sedang mencari mobil bekas terbaik dan berkualitas. Intinya janganlah terburu-buru dan tergiur dengan harga mobil bekas yang cukup murah. Sebagai calon pembeli haruslah cerdas, selain itu harus mampu memberikan negosiasi atau tawaran harga yang tepat sesuai dengan kondisi mobil bekas tersebut.

Disaat sekarang ini ditengah wabah covid-19, anda bisa memanfaatkan Layanan COD dari mobil88 yang membantu para pencari mobil bekas untuk tetap beraktivitas di rumah saja. Anda bisa mencari mobil bekas di mobil88 sebagai tempat Jual Beli Mobil Bekas Berkualitas Harga Terbaik. Demikianlah informasi ini, mudah-mudahan para pencari mobil bekas dapat menemukan mobil yang tepat tentunya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel