Cara Agar Foto Di WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis Di Galeri Ponsel

Aplikasi chatting WhatsApp adalah aplikasi utama yang paling sering digunakan sebagai aplikasi untuk chatting atau panggilan video ke teman, saudara atau keluarga setiap harinya. WhatsApp ini sangat memudahkan banyak orang saling berkomunikasi satu sama lain tentunya.

Namun disisi lain tanpa di sadari aplikasi WhatsApp yang satu ini biasanya akan menyimpan secara otomatis setiap foto,video, audio serta dokumen yang dikirimkan oleh orang lain ke aplikasi WhatsApp kita.

Foto atau video yang yang telah dikirimkan dari teman ke WhatsApp kamu, biasanya secara otomatis masuk ke galeri ponsel, dan kalau dibiarkan saja maka lama-kelamaan ruang memori internal di ponsel akan semakin penuh atau sesak, namun ini tidak berlaku jika ponsel kalian mempunyai ruang penyimpanan internal yang cukup besar.

Cara Agar Foto Di WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis Di Galeri Ponsel
Cara Agar Foto Di WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis Di Galeri Ponsel
Agar smartphone tidak terganggu dengan masalah ruang penyimpanan yang penuh yang diakibatkan dari banyaknya foto atau video yang tersimpan dari WhatsApp yang akhirnya membuat kinerja smartphone menjadi terganggu dan lambat. 

Maka pada aplikasi WhatsApp sudah tersedia pengaturan supaya setiap kiriman foto maupun video yang dikirim tidak otomatis masuk ke dalam penyimpanan di galeri ponsel tersebut.

Oleh karena itu, untuk mengatasi agar foto di WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri ponsel kamu, maka kamu harus melakukan settingan atau pengaturan dahulu di aplikasi WhatsApp seperti dibawah ini.

Tutorial cara supaya foto di WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri smartphone ini tidak memerlukan aplikasi apapun, tujuannya ini adalah untuk membuat memori ponsel kamu semakin ringan atau memori lega pada smartphone.

Mungkin banyak orang tidak menyadari semakin seringnya foto, video, audio dan dokumen yang dikirim dari WhatsApp lambat laun akan membuat kapasitas penyimpanan menjadi berkurang, apalagi sekarang ini kapasitas size dari sebuah file atau video sangatlah besar mengingkat kemajuan sekarang kapasitas sebuah file semakin lama akan semakin besar dan lambat laun membutuhkan ruang penyimpan yang cukup besar pula.

Cara Agar Foto WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri Smartphone


1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu.
2. Tap atau ketuk pada ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas layar WhatsApp kamu dan setelah itu pilih “Setelan”.

Cara agar foto di WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri

3. Pada halaman setelan tadi selanjutnya silahkan pilih “Data dan penyimpanan”


Cara agar foto di WA tidak tersimpan otomatis di galeri

4. Setelah itu pada keterangan “Unduh otomatis media”  silahkan pilih menu “Saat Menggunakan Data Seluler”. Disini ada empat jenis file seperti foto, audio, video dan dokumen.

5. Untuk tidak menyimpan secara otomatis di galeri ponsel kamu, maka silahkan hilangkan centang atau tidak mencentang semua dari foto, audio, video dan dokumen dan tap OKE.

Agar Foto dari WhatsApp tidak tersimpan otomatis ke galeri

6. Kemudian pada menu “Saat terhubung ke Wi-Fi” kamu juga lakukan dengan tidak mencentang atau menghilangkan centang dari foto, audio, video dan dokumen.

Cara Agar Foto WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri

7. Tap Oke dan Selesai.

Sekarang WhatsApp kamu tidak lagi menyimpan secara otomatis di galeri untuk setiap pesan foto, audio, video atau dokumen yang dikirimkan melalui chatting WhatsApp.

Jangan lupa untuk gunakan fitur dark mode di WhatsApp untuk menghemat baterai ponsel kamu ketika menggunakan aplikasi WhatsApp yang satu ini.

Demikianlah tadi informasi tentang Cara Agar Foto Di WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis Di Galeri Ponsel. Selamat mencoba dan semoga berhasil, silahkan share atau bagikan artikel ini di media sosial kamu, supaya ini menjadi informasi yang memberikan ilmu dan pengetahuan buat teman-teman kamu. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel