Penyakit Ginjal dan Bagaimana Cara Melakukan Penanganannya Secara Cepat dan Tepat

Umumnya tubuh kita terdiri dari beberapa organ tubuh yang bekerja dan berfungsi untuk membantu kita tetap dapat beraktivitas sehari-hari secara normal. Untuk tetap sehat dan bugar kita wajib menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk semua organ tubuh kita yang fungsinya saling berhubungan antara organ tubuh yang satu dengan lainnya.

Memang yang namanya penyakit selalu saja bisa menyerang setiap anggota tubuh manusia tanpa memandang perbedaan usia ataupun jenis kelamin. Salah satu organ tubuh yang fungsinya sangat vital didalam tubuh kita adalah organ Ginjal. 

Ginjal
Penyakit Ginjal dan Bagaimana Cara Melakukan Penanganannya Secara Cepat dan Tepat
Ginjal merupakan organ vital yang termasuk kedalam sistem ekskresi yaitu sebagai organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring dan mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yang dianggap sebagai racun oleh tubuh kita tentunya.

Terkadang ada banyak makanan/minuman yang Anda konsumsi sehari-hari belum tentu baik bagi kesehatan ginjal tersebut. Bahkan Anda sendiri pun tidak menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan ginjal itu bagi tubuh. karena jika Ginjal Anda rusak maka akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh.

Ginjal, fungsi dan Tanda Penyakitnya Yang Wajib Anda Tahu


Apa itu Ginjal dan Fungsinya

Seperti yang sudah umum telah kita ketahui, ginjal itu mempunyai bentuk seperti biji kacang merah,, yang letaknya berada di dalam rongga perut bagian belakang tepatnya di sebelah kanan-kiri tulang pinggang sehingga sering disebut orang sebagai buang pinggang umumnya.

Fungsi ginjal didalam tubuh kita sangat banyak yaitu diantaranya sebagai berikut :
  • Untuk menyaring serta membersihkan darah dari senyawa berupa zat asing yang masuk ke tubuh melalui makanan/minuman yang telah diproses didalam tubuh yang dibuang melalui urine atau air seni.
  • Menjaga agar keseimbangan cairan didalam tubuh tetap normal dan stabil.
  • Mengendalikan atau mengontrol tekanan darah serta kadar garam didalam tubuh.
  • Mengatur sel darah merah didalam tubuh.
  • Menjaga kekuatan tulang

Ciri dan Gejala Awal Dari Penyakit Ginjal

Untuk membantu pemahaman anda mengenai kesehatan pada organ ginjal kita masing-masing, maka Anda perlu mengetahui seperti apa tanda-tanda atau gejala yang terjadi jika organ vital ginjal tersebut mengalami gangguan, berikut gejala awal penyakit ginjal yang wajib Anda ketahui dibawah ini :

  • Warna urine berubah dan berbusa

Ini bisa tandai dengan ketika membuang air kecil maka warna yang dihasilkan dari pembuangan tersebut lebih keruh dari biasanya.Tanda seperti ini bisa terjadi karena kurang minum air putih sehingga menyebabkan warna air seni berubah.

  • Badan lebih mudah capek atau lelah

Umumnya ginjal sehat akan terus memproduksi/menghasilkan sebuah hormon eritropoietin yang berguna untuk menghasilkan sel darah merah baru dalam tubuh. Jika badan Anda jadi lebih mudah capek, ini disebabkan oleh menurunnya produksi dari hormon eritropoietin tadi ,sehingga menyebabkan produksi darah merah yang membawa oksigen di dalam tubuh menurun akibatnya tubuh jadi mudah terasa lelah/capek.

  • Beberapa bagian tubuh akan membengkak

Untuk menandai gejala penyakit ginjal adalah dengan ditandai adanya beberapa bagian tubuh yang membengkak. Ini diakibatkan dari fungsi ginjal yang tidak lagi normal sehingga ada banyak protein yang terbuang percuma ke dalam urine atau air seni. Akibat terbuangnya banyak protein ini menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh seperti kaki, wajah dan tangan. 

  • Terlalu sering buang air kecil

Ciri-ciri dari tanda penyakit pada ginjal ini adalah Anda jadi merasa ingin membuang air kecil lebih sering dari biasanya. Ini disebabkan fungsi ginjal dalam menyaring cairan didalam tubuh sudah tidak lagi bekerja dengan baik sehingga frekuensi buang air kecil menjadi lebih meningkat dibandingkan dengan waktu normalnya.

  • Sulit Untuk Tidur

Gejala tanda awal penyakit ginjal berikutnya yaitu mengalami sulit tidur. Penyebabnya adalah ketika ginjal sudah tidak normal lagi dalam menyaring senyawa racun didalam tubuh hasilnya racun tersebut akan tetap ada didalam tubuh, sehingga penderita akan sulit tidur yang diakibatkan oleh adanya zat racun tersebut.

  • Rasa logam pada mulut

Penumpukan racun yang disebabkan tidak normalnya ginjal dalam berfungsi, akan membuat mulut merasakan seperti ada logam di mulut serta bau nafas yang tidak normal atau baunya tidak sedap.

  • Otot terasa seperti kram

Otot terasa keram ini disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit didalam tubuh ini karena filter/penyaring dalam ginjal tidak lagi mampu menyaring kandungan senyawa di dalam tubuh sehingga kandungan kalsium dan fosfor tidak seimbang bagi tubuh khususnya pada ujung saraf pada otot yang menyebabkan rasa nyeri.

Gejala penyakit diatas bisa menyerang siapa saja, tapi biasanya resiko-resiko dari gejala penyakit ginjal ini bisa terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor seperti riwayat keluarga dengan penyakit ginjal, usia sekitar diatas 65 tahun, obesitas atau kegemukan, kolesterol yang tinggi, perokok berat dan lain sebagainya.

Jenis - Jenis Penyakit Ginjal Yang Harus Anda Ketahui

Ada beberapa macam jenis penyakit ginjal yang wajib anda waspadai, ini dapat membantu Anda untuk memahami bagaimana cara menjaga kesehatan dari organ ginjal dalam tubuh. Jika tidak diobati maka dalam waktu yang lama bisa menyebabkan penyakit komplikasi yang sangat berbahaya tentunya.

Beberapa jenis penyakit ginjal yang umum sering terjadi sekarang ini:

1. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal biasanya terjadi diakibatkan dari bakteri yang berpindah dari kandung kemih ke saluran kemih, dimana terjadinya perpindahan ini karena infeksi saluran kemih. Sehingga akan menyebabkan gejala seperti sakit pinggang, lemas, mulas, demam serta terasa nyeri pada saat akan buang air seni, hingga disertai dengan adanya nanah atau darah pada air seni tersebut.

2. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal ini disebabkan oleh senyawa zat yang menumpuk, mengendap hingga membentuk bentuk batu kristal.

Jika dibiarkan lama kelamaan batu kristal ini akan membesar sehingga akan melukai dinding saluran kemih dan akhirnya akan terjadi infeksi yang sangat berbahaya bagi fungsi ginjal.

3. Gagal Ginjal Akut

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena fungsi ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini semacam ini disebabkan dari efek samping obat-obatan, kekurangan cairan dan darah, tersumbatnya saluran urine, serta gangguan aliran darah ke ginjal.

4. Gagal Ginjal Kronis

Penyakit gagal ginjal kronis adalah penyakit yang timbul karena kondisi dari fungsi ginjal yang mengalami penurunan secara bertahap selama waktu tiga bulan. Selain itu disebabkan oleh penyakit lainnya seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit infeksi di ginjal.

5. Penyakit Ginjal Polikistik

Yaitu penyakit genetik atau kelainan genetik yang ditandai dari adanya banyak kista-kista atau kantong-kantong yang berisi cairan-cairan yang terdapat pada ginjal.

Beberapa jenis penyakit diatas merupakan penyakit ginjal yang tidak boleh disepelekan karena sangat berbahaya dan sangat mengancam terhadap semua fungsi organ tubuh lainnya. Alangkah baiknya segera untuk mengecek kesehatan ginjal dengan melakukan diagnosa.

Cara Mendiagnosa Penyakit Ginjal

Untuk memastikan kondisi kesehatan pada organ ginjal, maka tidaklah salah untuk mengeceknya secara cepat dan tepat. Terutama bagi Anda yang sedang mengalami jenis penyakit diabetes melitus, riwayat penyakit ginjal dalam keluarga, serta hipertensi(tekanan darah tinggi), sangat disarankan untuk segera melakukan cek dan pemeriksaan.

Diagnosis penyakit ginjal
Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Penyakit Ginjal
Salah satu diagnosa paling sering dilakukan adalah dengan tes urine dan tes darah. Umumnya ini merupakan tindakan pemeriksaan awal yang sangat berguna untuk mengecek kesehatan pada organ ginjal Anda.

Biasanya tes urine akan dilakukan pemeriksaan pada albumin dalam urine. Dimana albumin ini adalah sebuah protein yang mengalir ke dalam saluran urine bila terjadi kerusakan pada organ ginjal.

Sedangkan pada tes darah gunanya untuk memeriksa laju filtrasi glomerulus dalam menyaring zat sisa dari metabolisme tubuh yang bersifat racun bagi tubuh.

Jika hasil diagnosa adalah baik dan sehat tentunya Anda harus tetap bersyukur dan tetap selalu menjaga kesehatan ginjal untuk seterusnya. Lalu, bagaimana jika diagnosa menandai bahwa Anda mengalami penyakit Ginjal ?

Untuk Anda yang sedang menderita tanda awal penyakit ginjal atau sudah mengalami menderita gagal ginjal, maka segeralah untuk berobat ke dokter spesialis penyakit Ginjal di Rumah Sakit yang mampu memberikan pelayanan baik dan cepat.

Salah satu cara untuk mendapatkan berbagai macam fasilitas pendukung dan dokter spesialis khusus untuk seluruh pasien yang menderita penyakit ginjal adalah dengan berobat ke Penang.

Mengapa Harus Berobat ke Penang ?

Umumnya banyak orang sudah mengetahui bahwa Penang adalah sebuah kota di Negara Malaysia yang mempunyai banyak rumah sakit bertaraf internasional dan sudah didukung oleh fasilitas lengkap dan dokter-dokter spesialis profesional yang memiliki banyak pengalaman dibidangnya masing-masing

Bagi masyarakat Indonesia khususnya orang Medan sudah banyak melakukan tujuan wisata medis untuk mendapatkan pengobatan dan konsultasi dokter spesialis mengenai berbagai macam penyakit khususnya para penderita penyakit ginjal yang membutuhkan pengobatan dan kesembuhan dari berobat ke Penang.

Kelebihan Dari Berobat ke Penang Yang Perlu Anda Ketahui

Selain alasan diatas, ada beberapa kelebihan dari berobat ke Penang,terutama bagi Anda penderita penyakit ginjal yang ingin berobat, kontrol atau medical check up seperti berikut ini :

  • Diagnosa Penyakit Yang Cepat Serta Akurat

Untuk membantu Anda yang menderita penyakit ginjal rumah sakit di Penang sudah menyediakan teknologi kesehatan yang cukup canggih dalam melakukan diagnosa dan pemeriksaan setiap pasien yang datang berobat.

Hasil diagnosa ini sangat cepat sehingga pasien tidak perlu menunggu lama. Selain itu hasilnya juga sudah akurat dan tidak perlu meragukan apapun hasilnya. Karena semuanya akan diperiksa secara baik dan tepat untuk mendapatkan hasil dari pemeriksaan yang telah dilakukan.

  • Pelayanan Bersifat Profesional dan Ramah

Rumah sakit di Penang menyediakan pelayanan yang baik,cepat, ramah dan profesional yang akan didapatkan oleh setiap pasien yang berobat. Tidak ada satupun pasien yang terlewatkan dalam giliran mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan.

Untuk semua dokter, perawat dan petugas rumah sakit di Penang akan memberikan layanan yang terbaik, menyenangkan serta memuaskan bagi semua pasien. Sehingga pasien akan merasakan kebahagiaan ketika akan diperiksa.

  • Biaya Perobatan Terjangkau

Bagi anda yang merasa bahwa berobat ke luar negeri membutuhkan biaya yang mahal adalah sebuah anggapan yang salah. Karena berobat di Penang sama sekali tidak mahal melainkan biayanya relatif terjangkau tentunya.

Tidak jarang orang-orang ramai-ramai berobat ke Penang karena harga perawatannya terjangkau. Apalagi dengan budget 3-4 juta rupiah, Anda sudah bisa puas berobat dan menikmati pemandangan sambil jalan santai di kota Penang.

Cara Berobat Ke Penang

Bagi Anda yang belum tahu atau belum pernah berobat ke rumah sakit di Penang. Ada 5 langkah agar berobat ke Penang terjadwal sesuai dengan rencana Anda yaitu :
  1. Memilih Rumah Sakit dan Dokter Spesialis
  2. Mengecek Jadwal Berobat dan Buat Janji Ketemu Dokter Spesialis
  3. Booking Jemputan di Bandara Penang Menuju Rumah Sakit
  4. Booking Tempat Penginapan Hotel Yang Dekat Rumah Sakit
  5. Booking Tiket Pesawat ke Penang
Untuk membantu rencana Anda berobat ke rumah sakit di Penang menjadi lebih aman, nyaman dan terencana, maka ada satu jasa dan layanan yang membantu Anda dan keluarga yang ingin kontrol atau medical check up ke Penang yaitu MediSehat.

MediSehat - Asisten Medis Yang Membantu Anda Berobat ke Penang

Layanan jasa ini akan membantu Anda dalam mengakomodasi seluruh pasien yang ingin berencana berobat ke rumah sakit di Penang.

MediSehat akan menjadi asisten Anda dalam mendapatkan rekomendasi rumah sakit di Penang, melayani informasi mengenai penyakit Anda, membuat janji dokter hingga menyediakan tempat tinggal sampai pulang ke negara asal.

Beberapa rumah sakit di Penang yang memiliki fasilitas teknologi kesehatan canggih serta pelayanan terbaik untuk Anda :
  1. Gleneagles Penang
  2. Island Hospital Penang
  3. Loh Guan Lye Specialists Centre
  4. Penang Adventist Hospital
Gleneagles Penang
Gleneagles Penang
Bagi pasien penderita penyakit ginjal, Anda bisa memilih salah satu rumah sakit dan dokter untuk menangani penyakit ginjal salah satunya Dokter Ginjal di Gleneagles Penang. Di rumah sakit tersebut kamu bisa berdiskusi dengan asisten medis yaitu MediSehat guna membantu mengatasi setiap masalah atau keluhan selama Anda berobat di Penang.

Jenis Layanan dari MediSehat Asisten Wisata Medis

medical check up di Island Hospital
Bersama Suster Medical check up di Island Hospital
Berikut beberapa jenis layanan yang disediakan oleh MediSehat sebagai asisten Anda berobat ke Penang yaitu :

1. Layanan Medis Bebas Biaya

Untuk layanan ini difungsikan untuk Anda yang ingin menghemat biaya dalam jasa. Layanan ini hanya memberikan layanan melalui WA atau WhatsApp saja jadi pelayanannya sangat terbatas sekali:
  • Hanya sebatas membantu untuk mengecek jadwal dokter dan janji ketemu dokter secara online sesuai syarat dan ketentuan dari masing-masing dokter.
  • Layanan MediSehat tidak ikut mendampingi pasien ke rumah sakit
  • Tidak ada layanan untuk mengatur waktu kunjungan dan lain sebagainya.

2. Layanan Medis Paket Lengkap (Paling Rekomendasi)

Untuk layanan ini adalah layanan paling utama atau prioritas yang diberikan oleh MediSehat kepada Anda. Layanan ini sangat rekomendasi karena Anda bersama MediSehat akan dibantu secara baik, cepat, aman dan menyenangkan selama Anda berobat di Penang.

Beberapa layanan yang bisa anda nikmati selama berobat ke Penang :
  • Anda akan ditemani untuk mengecek jadwal dokter spesialis yang tepat atau sesuai dengan kondisi penyakit yang Anda diderita.
  • Mengurus kedatangan Anda ke rumah sakit dan mempertemukan dengan dokter yang tepat.
  • Segala urusan atau masalah Anda sebagai pasien di rumah sakit akan cepat ditangani secara baik dan profesional.
  • Waktu kunjungan akan diatur secara cepat dengan dokter.
  • Pendaftaran kembali di hari esok akan dibantu secara cepat dan tepat.
  • Layanan lainnya seperti akomodasi, pulang pergi rumah sakit, diskusi keluhan pasien, dan lain sebagainya akan dibantu selama Anda berobat di Penang.
Beberapa testimoni dari para pasien dan juga beberapa artis yang sudah pernah menikmati layanan paket lengkap dari MediSehat berikut ini :

Testimoni Tamu MediSehat
Testimoni Tamu MediSehat

kenangan bersama tamu medisehat
Tamu Dari Layanan MediSehat
Buat Anda yang ingin berobat ke Penang terutama untuk mengecek dan mengobati penyakit ginjal. Sekarang Anda tidak perlu repot dan khawatir lagi, karena MediSehat siap membantu Anda untuk berobat ke Penang. 

Jadi, tunggu apalagi nikmati layanan medis paket lengkap dari MediSehat. Buat Anda yang ingin mengecek kesehatan atau menderita penyakit pada organ penting tubuh, segeralah berobat ke Penang dapatkan layanan, rumah sakit, dokter, teknologi pengobatan canggih di Penang.

Kalian bisa menghubungi melalui kontak dibawah ini :

Kontak MediSehat

Demikianlah tadi informasi mengenai Penyakit Ginjal dan Bagaimana Cara Melakukan Penanganannya Secara Cepat dan Tepat . 

Silahkan share atau bagikan informasi ini melalui media sosial kalian masing-masing. Agar mereka tahu tenang informasi ini. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel