Tips Berhemat Di Tengah Pandemi Corona

Tips Berhemat Di Tengah Pandemi Corona
Tips Berhemat Di Tengah Pandemi Corona
Pandemi corona, membuat keadaan ekonomi kita menjadi buruk dalam waktu kurang lebih 4 bulan ini. Tidak hanya di Indonesia saja, namun hampir di seluruh dunia juga terjangkit dengan virus yang berasal dari Wuhan, China ini. Maka dari itu, tidak heran jika Indonesia terkenda dampak yang cukup parah dari segi ekonomi. PHK masal terjadi dan ratusan bahkan jutaan orang kehilangan omset dari bisnisnya. Efek corona ini memang cukup menghajar kondisi perekonomian kita. Pemerintah juga sepertinya habis-habisan untuk mengurus pencegahan penularan covid dan juga membalikkan roda ekonomi Indonesia yang sedang jatuh ini. Kita juga tidak bisa menyalahkan orang yang terpaksa melanggar PSBB atau aturan lockdown. Banyak dari saudara kita yang memang harus keluar rumah dulu untuk dapat menafkahi keluarganya. 

Tips Berhemat Di Tengah Pandemi

Bagi kamu yang memang kondisi keuangannya masih aman, maka tentunya harus memperhatikan tips berhemat yang akan saya bagikan ini. Bagi kamu yang kondisi keuangannya belum membaik, tidak ada salahnya juga untuk melakukan penghematan. Bahkan, manfaatnya akan lebih terasa jika kamu tetap berhemat apabila tidak ada pandemi. Hemat bukan berarti pelit, tepatnya adalah bijak dalam mengeluarkan uang sesuai dengan keperluan. Terutama jika kamu sudah berkeluarga, tentu harus bisa mengatur keuangan agar apabila terjadi lagi pandemi seperti ini, kamu sudah mengetahui langkah-langkah yang tepat. Lalu ada apa saja tips berhemat yang perlu kamu ketahui? Berikut adalah ulasannya

1.Sadar Kalau Sering Mengeluarkan Uang Berlebihan Untuk Suatu Hal

Tips berhemat yang pertama adalah sadar jika kamu suka menghabiskan uang untuk suatu hal. Misalnya, makeup, gadget, sepatu, tas, dan segala macam pernak pernik lainnya yang sebenarnya kalau dipikir-pikir, jika cuma punya 1 atau 2 buah saja sudah cukup!

Bisa dibilang ini seperti hobi akan mengoleksi suatu barang. Kebiasaan yang satu ini tentu lebih baik dihindari apalagi di tengah new normal ini. Keadaan belum membaik, mungkin juga termasuk dengan keuangan kita. Maka dari itu, tahanlah jika ingin membeli sesuatu agar tidak terlalu boros. Belum lagi jika kamu adalah pengguna kartu kredit. Tentu saja memang akan terasa lebih mudah karena hanya tinggal menggesek saja, bukan? Namun ingat, menggunakan kartu kredit sama saja dengan berhutang. Maka dari itu, hindari kartu kredit sementara ini. Kalau memang perlu, dinonaktifkan saja juga boleh. Lebih baik menabung uang daripada menabung hutang. 

2. Menyiapkan Peraturan Untuk Diri Sendiri

Sebenarnya, tips berhemat ini juga berpengaruh terhadap kepribadian dan juga pengambilan keputusan kamu. Jika memang kamu orangnya tidak mikir panjang dalam membeli sesuatu, mulai saat ini cobalah untuk memikirkannya. Jika memang ingin membeli sesuatu pikirkan lagi harga, kondisi keuangan, terus kondisi keuangan pasca pembelian dan lain-lain. Jika memang tidak memungkinkan, jangan dipaksa. Tentunya ini akan menjadi bumerang bagi kamu sendiri. 

Maka dari itu, siapkanlah aturan untuk diri kamu sendiri. Batasi kemampuan finansial kamu, jangan dipaksakan. Hal ini merupakan fondasi agar kamu bisa hidup hemat yang tentunya akan lebih baik untuk masa depan kamu. 

3. Gunakan Uang Tunai

Seperti yang disebutkan di atas, sebisa mungkin untuk menghindari kartu kredit. Gunakan uang tunai saja. Memang ada beberapa orang dapat menggunakan kartu kredit tanpa memperbanyak utang atau menghabiskan terlalu banyak, namun tidak semua orang memiliki disiplin dalam hal ini. Maka dari itu, jika sedari awal sudah sadar tidak bisa disiplin dengan keuangan, hindari kartu kredit.

Salah satu cara untuk menghindari utang kartu kredit yang terlalu banyak adalah dengan cara membayar segala hal dengan uang tunai. Bila perlu, bawalah uang tunai seperlunya saja agar minat membeli itu berkurang. Dari situ kamu bisa belajar menggunakan uang yang dimiliki untuk setiap kategori sampai dengan akhir bulan. Strategi ini perlahan menumbuhkan sikap disiplin kamu dalam menggunakan anggaran bulanan. 

4. Hindari Godaan

Hal ini yang memang menjadi penyebab dari segalanya. Godaan memang akan selalu ada, tergantung kepada kitanya tergoda atau tidak. Namun, banyak sekarang orang yang justru mencari godaan tersebut. Contoh, teman kamu menawarkan barang atau produk yang sebenarnya kamu gak butuhkan.  

Selain itu, tips berhemat ini juga menyarankan kamu agar kurangi dulu berkumpul atau hangout bersama teman. Selain karena faktor masih adanya pandemi, tentu berkumpul ini akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit bukan. Maka dari itu, hindarilah atau setidaknya kurangi intensitasnya. Biasanya sebulan bisa 4 - 5 kali, sekarang mungkin hanya 2 - 3 kali saja. Kamu sendiri nanti yang akan merasakan perubahannya! Mulai dari sekarang ya, jangan menunggu lagi. 

5. Mulai Menggunakan Anggaran

Sekarang, kamu bisa belajar untuk menggunakan anggaran. Buatlah dalam sebuah buku dan hitung pengeluaran kamu dalam sebulan. Kira-kira apa saja yang kamu butuhkan kamu catat biayanya. Ingat ya, yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Dari situ, kamu bisa mengukur kira-kira kamu mampu atau tidak mengurangi kebutuhan-kebutuhan yang mungkin tidak perlu. Cobalah ikuti anggaran tersebut dan kamu sendiri yang akan merasakan akibatnya. 

Sekarang, makanan sehat sudah harus masuk menggantikan makanan tidak sehat yang biasa kamu konsumsi. Camilan dengan bahan MSG atau sejenisnya yang tidak ada untungnya untuk tubuh langsung dihentikan. Ganti camilan kamu dengan camilan kacang almond Nutify Indonesia. Nutify Indonesia menjual produk kacang almond panggang yang sudah sangat terjamin mutu dan gizinya. Tanpa MSG dan campuran bahan kimia yang berbahaya dan tentunya kacang almond yang fresh.

nutify almond gourmet garlic

Salah satu produk unggulannya adalah Nutify Almond Gourmet Garlic & Sea Salt. Rasa gurih dari garlic dan juga asinnya Sea Salt membuat kamu akan ketagihan! Harganya? Sangat terjangkau! Kalau tidak percaya kamu bisa langsung kunjungi websitenya dan langsung belanja di Nutify Indonesia. 

Sehat, bergizi dan pas di tengah pandemi seperti ini. Kenapa pas? Karena almond dipercaya sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan seng, tembaga, magnesium, vitamin E, vitamin D dan juga serat yang tinggi. Selain itu, bagi kamu yang diet juga cocok! Karena almond memiliki lemak tak jenuh tunggal yang justru dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kamu. Tunggu apa lagi? Langsung masukkan ke dalam anggaran kamu dan pesan sekarang juga!

Itulah tips berhemat yang bisa saya sampaikan kepada kamu. Semoga bermanfaat dan semua akan sukses jika dilakukan dengan niat. Kesadaran diri yang tinggi dan niat ini yang akan berpengaruh terhadap kesuksesan finansial kamu di masa depan. Ingat, rajin pangkal kaya dan hemat bisa membuat kita sehat! Sehat secara finansial tentunya. 

Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, tetap sehat dengan #dirumahaja !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel