Cara Melihat Riwayat Pembayaran BPJS Beberapa Bulan Sebelumnya

Sebagai peserta BPJS pembayaran tagihan ini biasanya dilakukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Namun dari semua peserta BPJS kesehatan ada juga yang ingin melihat transaksi pembayaran yang sudah dilakukan di bulan sebelumnya. Biasanya ini bertujuan untuk melihat jumlah transaksi berupa tanggal pembayaran, jumlah yang pembayaran serta melalui apa saja pembayaran dilakukan apakah via Bank Mandiri, BNI dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang sudah menjadi peserta BPJS memang wajib rutin membayar iuran agar tidak dikenakan denda pembayaran dan pembatas layanan akibat telat membayar iuran dengan waktu yang lama. Untuk menghindari keterlambatan pembayaran iuran BPJS , Anda bisa menggunakan metode bayar BPJS melalui sms banking menggunakan smartphone tanpa harus keluar rumah tentunya.

Bagi Anda yang sudah melakukan pembayaran iuran BPJS tiap bulan, riwayat atau bukti pembayaran beberapa bulan sebelumnya bisa membantu Anda jika mengalami beberapa masalah seperti tanggal berapa pembayaran iuran, total iuran, jumlah iuran yang belum dibayar perbulan atau untuk mengetahui berapa lama iuran tertunggak serta informasi lainnya.

Cara Melihat Riwayat Pembayaran BPJS

Untuk mengetahui riwayat pembayaran iuran BPJS kesehatan untuk beberapa bulan sebelumnya, maka kita bisa menggunakan aplikasi mobile JKN yang bisa dibuka melalui smartphone. 

Cara Melihat Riwayat Pembayaran BPJS dari Aplikasi JKN

Bagi Anda yang belum menginstall aplikasi Mobile JKN, bisa mengunduh dari google play store. Setelah itu daftar sesuai dengan syarat dan ketentuan dari aplikasi tersebut.

1.  Buka aplikasi Mobile JKN di smartphone Anda

2. Login dengan menggunakan akun Mobile JKN Anda

3. Jika sudah login silahkan masuk ke catatan pembayaran yang tampil dilayar

Cara Melihat Riwayat Pembayaran BPJS

Catatan pembayaran iuran BPJS sekarang sudah berhasil Anda lihat dan silahkan scroll kebawah untuk melihat data 10 bulan kebelakang dan aplikasi mobile JKN ini tidak bisa menampilkan riwayat pembayaran selama satu tahun tentunya, untuk melihat selama 1 tahun bisa mendatangi kantor cabang layanan BPJS terdekat tentunya.

Di dalam catatan pembayaran iuran BPJS di aplikasi Mobile JKN ini ada banyak informasi yang ditampilkan seperti nama peserta, pembayaran, channel, tanggal bayar, status dan nomor virtual account.

Jadi jika ada keperluan khusus untuk melacak riwayat transaksi dari pembayaran BPJS kesehatan seperti tanggal berapa, bulan berapa, melalui channel apa atau metode pembayarannya pakai apa maka semuanya bisa menggunakan bantuan dari aplikasi Mobile JKN.

Selain itu ada banyak fitur Mobile JKN yang bisa membantu Anda dalam mendaftar autodebet (membayar secara otomatis iuran bulanan BPJS dari rekening bank), mengetahui obat apa saya yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, menambah jumlah anggota keluarga atau mendaftar peserta BPJS, mengubah faskes serta menaikkan dan menurunkan kelas BPJS kesehatan serta lain-lainnya.

Bagi Anda yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN di smartphone Anda untuk mendaftarkan peserta baru yang ingin menjadi peserta BPJS kesehatan tanpa harus datang dan antri ke kantor BPJS terdekat dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh BPJS kesehatan. Jangan lupa juga untuk selalu update aplikasi Mobile JKN di smartphone kalian agar aplikasinya bisa berjalan dengan ringan dan stabil pada saat akan digunakan.

Demikianlah tadi informasi cara melihat riwayat pembayaran BPJS dalam beberapa bulan sebelumnya. Semoga informasi ini dapat memberikan pengetahuan buat Anda yang membaca informasi ini. Jangan lupa bagikan informasi ini ke social media kalian masing-masing ya. Ingat! Bayar iuran BPJS kesehatan jangan sampai telat ya supaya tidak kena denda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel