3 Cara Screenshot Samsung Galaxy A12 Dengan Mudah

Samsung Galaxy A12 hadir di Indonesia untuk bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya di Indonesia. Sebagai tipe smartphone kelas menengah Samsung Galaxy A12 memiliki fitur terbaru dan menarik bagi penggunanya.

Salah satu fitur yang sering digunakan oleh user atau penggunanya adalah fitur screenshot atau tangkapan gambar pada layar smartphone. Terkadang fitur kecil ini sangat penting sekali pada saat ingin mengambil tangkapan gambar untuk dikirim melalui sosial media.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A12

Beberapa fitur untuk melakukan capture gambar di layar smartphone yaitu terdiri dari kombinasi tombol fisik, melalui Assistant menu hingga menggunakan gesture. Buat kamu pengguna smartphone galaxy A12 yang masih penasaran dengan ketiga metode screenshot layar tersebut, maka bisa memperhatikan tutorial mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy A12 seperti dibawah ini :

Cara Screenshot Samsung Galaxy A12

A. Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

1. Silahkan cari area yang mau kamu capture atau screenshot di Samsung Galaxy A12

2. Kemudian setelah itu tekan tombol “Power” dan “Volume Bawah” secara bersamaan dalam waktu beberapa detik

3. Setelah terdengar suara shutter dan layar berkedip maka secara otomatis tangkapan layar atau screenshot telah berhasil dilakukan.

4. Hasil capture atau screenshot bisa dilihat langsung dari notifikasi yang muncul.

5. Kamu juga bisa mengakses aplikasi galeri di Samsung Galaxy A12 untuk melihat hasil screenshot tersebut.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A12

Sebenarnya cara screenshot yang menggunakan kombinasi tombol fisik ini sudah hadir untuk semua perangkat android terbaru sekarang ini. Namun, kalau kamu terlalu sering mengambil screenshot gambar menggunakan tombol fisik power dan volume di Samsung Galaxy A12 ini lama kelamaan bisa mengakibatkan tombol-tombolnya cepat aus dan rusak.

Ada pilihan lain cara mengambil tangkapan layar selain menggunakan kombinasi tombol fisik seperti diatas tadi yaitu menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Samsung itu sendiri seperti Palm Swipe dan Assistant Menu. Lalu, bagaimana caranya? Berikut cara mengaktifkan dan menggunakannya di perangkat Samsung Galaxy A12 berikut ini :

B. Menggunakan Palm Swipe

1. Langkah pertama yaitu buka menu Settings

2. Setelah itu pilih Advanced features

3. Di halaman Advanced features silahkan pilih tap menu Motions and gestures

4. Lalu silahkan aktifkan Palm swipe to capture

5. Kemudian coba lakukan screenshot di area layar smartphone dengan cara Sapu atau Swipe dari bagian kiri ke kanan layar atau sebaliknya dengan menggunakan hari yang dirapatkan hingga membentuk seperti pisau

Nantinya setelah fitur ini sudah aktif, maka sewaktu kamu ingin melakukan screenshot atau capture gambar, caranya adalah melakukan swipe menggunakan jari pada layar smartphone kamu tersebut. Secara otomatis tangkapan layar akan berhasil dan tersimpan di aplikasi Galery Samsung Galaxy A12 kamu.

C. Menggunakan Assistant Menu

1. Masuk atau pergi ke menu Settings

2. Selanjutnya masuk ke menu Accessibility

3. Kemudian buka menu Interaction and dexterity

4. Lalu kamu aktifkan Assistant Menu pada pilihan yang ada

5. Setelah aktif maka Assistant menu akan melayang di layar smartphone Samsung Galaxy A12 kamu.

6. Silahkan pilih area yang ingin kamu screenshot

7. Selanjutnya setelah memilih area yang mau di screenshot pilih atau tap Assistant Menu yang melayang

8. Pada menu yang muncul kamu dapat memilih Screenshot

9. Kemudian akan terdengar suara shutter dan layar akan berkedip

10. Hasil Screenshot atau tangkapan gambarnya bisa kamu lihat langsung dari notifikasi yang muncul atau bisa juga lihat melalui aplikasi Galery Samsung Galaxy A12.

Dari ketiga cara screenshot Samsung Galaxy A12 diatas tadi semoga bisa membantu kamu dalam melakukan tangkapan layar secara cepat dan praktis. Itulah tadi informasi 3 Cara Screenshot Samsung Galaxy A12 Dengan Mudah.

Jangan lupa silahkan share atau bagikan artikel ini di sosial media kalian masing-masing ya, agar informasi dapat bermanfaat lagi untuk teman-teman semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel