Ini Manfaat Dari Olahraga Jogging Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Kegiatan atau aktivitas yang dilakukan setiap harinya terkadang membuat kita lupa memikirkan bagaimana dengan kondisi kesehatan tentunya. Bahkan jadwal yang padat, pola makan yang tidak teratur serta kurangnya cairan dalam tubuh karena kurangnya minum air putih, justru semakin lama dengan seiring waktu akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lemas, letih, lesu dan akhirnya terserang penyakit dan akan mengganggu rutinitas yang dilakukan seperti biasa setiap harinya.

Olahraga Jogging

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat dianjurkan dilakukan guna membuang zat racun dari dalam tubuh. Racun yang dikeluarkan dari tubuh ini biasanya berupa keringat sehingga dengan begitu tubuh menjadi lebih sehat dan bugar kembali. Sebenarnya ada banyak olahraga yang bisa dilakukan setiap hari, agar tubuh terasa lebih ringan, segar dan bugar. Tidak perlu membeli alat olah raga agar bisa berolah raga dirumah, karena hanya dengan lari santai di sekitar lapangan atau jalanan sekitar yang tidak terlalu ramai kendaraan umum, maka kamu sudah bisa melakukan aktivitas olah raga lari santai di waktu pagi ataupun sore hari bersama teman ataupun keluarga tentunya.

Mungkin tidak semua orang tahu dari manfaat  yang dirasakan bila meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas olahraga lari santai baik di pagi hari ataupun sore hari. Berikut ini adalah manfaat dari olahraga jogging yang bisa Anda lakukan dan rasakan bagi kesehatan tubuh seperti dibawah ini :

1. Mengurangi Resiko Terjadinya Penyakit Jantung

Lari santai atau jogging biasanya akan melatih jantung menjadi lebih kuat memompa darah ke seluruh anggota tubuh. Ini akan terjadi pada saat lari jogging dimana secara perlahan detak jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Namun, jika lama kelamaan kebiasaan ini akan membuat jantung kembali normal dan sirkulasi darah yang dilakukan oleh jantung menjadi lebih baik, lancar dan sehat tentunya.

2. Mengurangi Kegemukan

Kegemukan ataupun obesitas yang diakibatkan dari pola makan yang berlebihan ataupun pola hidup yang tidak sehat sering sekali menjadi ancaman penyakit bagi tubuh. Untuk menghindari hal tersebut olahraga adalah salah satu obat yang manjur mengatasi itu semua. Berlari santai bersama teman di sore hari bisa kamu lakukan sambil mendengar musik. Aktivitas melakukan olahraga jogging ini bila rutin dilakukan maka akan membakar semua lemak jahat dan racun yang ada di dalam tubuh.

3. Meredakan Stress atau Pikiran Yang Berlebihan

Stress yang diakibatkan dari beban pikiran yang berat menjadi salah satu faktor penyakit yang bisa datang menyerang tubuh. Bahkan, timbulnya penyakit bukan saja datang dari makanan yang berlebihan atau kurang sehat, tetapi bisa melalui beban stress yang berlebihan sehingga mempengaruhi fungsi metabolisme didalam tubuh. Untuk memperbaiki itu semua maka lakukanlah lari santai bersama teman-teman di waktu sore hari sambil menikmati keindahan sore hari yang indah. Tentunya jika dilakukan dengan rutin maka membantu pikiran dan beban menjadi lebih ringan dan tenang.

4. Membantu Meningkatkan Sistem Kerja Otak

Selain menjauhkan resiko terkena penyakit jantung, lari santai atau jogging juga bisa membantu meningkatkan sistem aliran darah dan oksigen ke otak. Dengan begitu fungsi dan kinerja otak menjadi lebih stabil dan sehat dalam mengendalikan semua fungsi saraf yang ada didalam tubuh. Bahkan olahraga jogging atau jalan santai ini juga sangat membantu meningkatkan fungsi daya ingat serta membuat pola tidur di malam hari menjadi lebih nyenyak dan segar saat bangun di pagi harinya.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kebal terhadap berbagai jenis penyakit, maka dibutuhkan pola makan yang sehat dan olahraga tentunya. Makan sehat saja belum tentu cukup untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, lakukan juga aktivitas ringan agar seimbang, seperti berjalan dan berlari santai secara rutin yang nantinya tubuh menjadi sehat serta imunitas tubuh menjadi lebih meningkat.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat kesehatan yang dirasakan dari berolah raga jalan santai atau jogging ini. Ini bisa kita rasakan jika kita rutin melakukan jogging baik di pagi hari ataupun sore hari. Namun perlu diperhatikan, sebelum melakukan olahraga jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar peredaran tubuh lancar dan energi didalam tubuh menjadi lebih meningkat. Itulah tadi informasi manfaat dari olahraga jogging untuk kesehatan tubuh kita semua. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel