Begini Cara Mengatasi Penyebab Pengapuran Tulang

Apa saja penyebab pengapuran tulang dan bagaimana cara mengatasinya ? mungkin ini sering sekali terdengar oleh kita semua. Pengapuran tulang biasanya terjadi baik pada wanita atau pria saat menjelang usia lanjut diatas 60 tahun keatas. Gejala yang terjadi ketika mengalami osteoarthritis  ini seperti nyeri atau kaku pada sendi, radang pada sendi bahkan bisa sampai kesulitan berjalan. Sebenarnya terdapat dua jenis penyakit yang bisa menyerang persendian tulang yaitu osteoarthritis dan osteoporosis.

Pengapuran tulang atau disebut osteoarthritis adalah terjadinya peradangan di area sekitar tulang rawan yaitu antara tulang dan sendi mengalami penipisan, sedangkan osteoporosis adalah terjadi penurunan kepadatan di dalam tulang itu sendiri sehingga kekuatan tulang berkurang dan akhirnya bisa mengalami patah tulang.

apa saja penyebab pengapuran tulang

Masalah kesehatan pada tulang memang tidak boleh disepelekan mengingat tulang mempunyai peranan penting sebagai penyokong tubuh agar anggota badan bisa bergerak secara normal setiap harinya. Di Usia yang mendekati masa tua terkadang penyakit ini rawan terjadi dan tidak tahu waktu kapan terjadinya. Bahkan pengapuran tulang sangat sulit diketahui waktu atau kapan terjadinya dan jika tidak diwaspadai bisa menyebabkan rasa nyeri di tubuh, tidak bisa berdiri atau bergerak secara normal seperti biasanya.

Apa Saja Penyebab Terjadinya Pengapuran Tulang

Pengapuran tulang sendiri bisa terjadi pada tulang-tulang besar yang memiliki tugas sehari-hari dalam menahan berat tubuh yaitu seperti tulang lutut, tulang belakang, pergelangan kaki dan panggul. Untuk mengetahui apa saja kondisi yang menyebabkan kemungkinan terjadinya pengapuran tulang berikut dibawah ini :

1. Faktor Usia

Ketika sudah memasuki usia lanjut maka kemungkinan lebih rentan dan beresiko mengalami yang namanya pengapuran tulang. Biasanya kondisi sendi dan kekuatan tulang menjadi menurun seiring dengan bertambahnya usia dan waktu.

2. Pekerjaan dan Aktivitas Sehari-hari

Aktivitas yang dilakukan setiap hari kemungkinan bisa menjadi pemicu resiko terkena pengapuran tulang. Contohnya melakukan gerakan aktif dan berulang-ulang pada saat mengangkat beban berlebihan ini juga salah satu bagian pemicu terjadinya osteoarthritis.

Terutama bagi Anda yang memiliki pekerjaan sebagai atlet olahraga lebih rentan terhadap pengapuran tulang yang disebabkan oleh cedera yang cukup parah. Selain itu seperti buruh bangunan atau yang berhubungan dengan kegiatan mengangkat barang atau beban juga bisa memicu munculnya osteoarthritis.

3. Obesitas atau Berat Badan Berlebihan

Memiliki riwayat penyakit obesitas juga memiliki resiko pengapuran tulang yang lebih besar. Hal ini dikarenakan sendi-sendi yang menopang anggota tubuh justru akan menerima beban yang besar pula yaitu seperti pada punggung, pinggul serta lutut. Oleh karena itu dengan berat beban yang semakin naik otomatis memberikan beban pada sendi lutut lebih besar juga.

4. Cidera

Riwayat cedera pada tulang juga dapat menimbulkan resiko osteoarthritis. Contohnya cedera lutut yang disebabkan karena terbentur ke lantai atau pada saat bermain diluar ruangan seperti berlari, lompat dan sebagainya.

5. Kelainan Tulang

Kelainan tulang yang disebabkan karena kurangnya nutrisi makanan untuk tulang tentunya juga menjadi masalah terjadinya pengapuran pada tulang.

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi pemicu terjadinya osteoarthritis atau pengapuran tulang. Maka sebaiknya dilakukan cara pencegahan agar tidak terjadi masalah osteoarthritis pada sendi dan tulang.

1. Olahraga Secara Rutin

Lakukan olahraga ringan saja yang tidak memberatkan atau menimbulkan cedera pada tulang atau lutut. Olahraga yang dilakukan secara teratur akan memberikan kekuatan pada otot dan tulang didalam tubuh. Ada banyak olahraga yang membantu tulang menjadi kuat dan terhindar dari osteoarthritis seperti berenang, jogging, senam, bersepeda dan lain-lainnya.

2. Kurangi Berat Badan Berlebihan

Berat badan berlebihan tentunya tidak baik bagi tulang karena semakin naik berat badan maka semakin berat juga tulang untuk menopang tubuh agar bisa tetap bergerak seperti biasa. Aturlah pola makan dan gaya hidup yang sehat karena nantinya bukan tulang saja yang sehat tetapi seluruh anggota bagian tubuh juga sehat mulai dari jantung, hati, serta paru-paru.

3. Konsumsi Susu dan Vitamin D

Banyak tidak menyadari bahwa mengkonsumsi susu juga salah satu cara agar terhindar munculnya penyakit osteoarthritis. Konsumsilah susu untuk kesehatan tulang dan sendi agar tulang tetap kuat sampai tua. Dengan mengkonsumsi susu dan vitamin D, tentunya akan membantu nutrisi dan penyerapan kalsium pada tulang sehingga tulang tetap kuat dan sehat setiap hari.

Itulah tadi informasi mengenai cara mengatasi penyebab pengapuran tulang. Mulai dari sekarang selalu jaga kesehatan tulang Anda agar di masa tua terhindar dari penyakit osteoarthritis. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam sehat buat kita semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel