5 Cara Memperbaiki Toxic Relationship

Mungkin sebahagian orang tidak asing lagi mendengar kata toxic relationship. Namun, bagi kamu yang baru mengenal istilah ini bahwa toxic relationship adalah sebuah hubungan yang dikaitkan rasa direndahkan atau disalahpahami sehingga Anda merasa tertekan atau terjebak dengan hubungan pasangan tersebut. Hal seperti ini bila dibiarkan maka tidak baik bagi kesehatan ataupun kebahagiaan Anda tentunya.

Terjalinnya hubungan satu sama lain pasti mengalami pasang surut dalam suatu masalah dan jika tidak ada titik temu terang maka bisa terjadi sebuah hubungan yang beracun atau toxic relationship yang justru menyakiti kamu dan pasangan. Kondisi semacam ini sangat merugikan sekali bagi kesehatan mental pada diri sendiri. Apalagi jika sampai mencari jalan keluar dengan melepaskan pasangan yang dicintai tanpa memikirkan jalan panjang hanya demi mempertahankan rasa ego dari masing-masing pasangan.

toxic relationship

Untuk memperbaiki hubungan yang bersifat toxic relationship maka berikut ini ada 7 hal yang bisa Anda lakukan agar terjalin komunikasi hubungan yang baik dan harmonis.

1. Perbaiki Komunikasi Yang Tidak Baik

Komunikasi yang tidak baik di dalam hubungan sering sekali menjadi permasalahan yang harus diperbaiki. Ada beberapa komunikasi berupa percakapan yang membuat salah pengertian atau tanggapan sehingga menimbulkan emosi dan pertengkaran yang seharusnya tidak perlu terjadi pada saat itu. Sebaiknya menghindari kalimat sarkasme atau kritikan yang tidak berlebihan agar pasangan tidak lelah dengan kondisi tersebut.

2. Memahami Hubungan Terjalin Apakah Bisa Dipertahankan

Hubungan yang terjalin satu sama lain pastinya ada komitmen bersama untuk saling menjaga agar tetap bertahan seterusnya. Terkadang sedikit saja terjadi masalah komunikasi terhadap hubungan, maka dalam waktu itu juga bisa terjadi kata pisah. Untuk itu diharuskan untuk terbuka atau jujur dan saling menghargai satu sama lain dan jika memang hubungan itu tidak terjadi komitmen bersama maka sebaiknya lebih baik berpisah secara baik-baik.

3. Hormati Batasan dan Privacy Pasangan

Dalam hubungan bersama pasangan tidak semuanya harus terang-terangan terutama masalah privacy yang benar-benar tidak perlu diketahui. Karena selama menjadi pasangan ada hal yang bersifat sensitif yang harus dipahami dan dijaga bersama. Batasan inilah yang harus diketahui bersama untuk menghindari hal yang menyinggung ke arah privacy pribadi pasangan tersebut. Ada baiknya ingatlah selalu menghormati privasi pasangan masing-masing.

4. Belajar Untuk Percaya Terhadap Diri Sendiri

Hubungan toxic bersama pasangan sering terjadi yang namanya pola manipulasi sehingga membuat diri sendiri menjadi tidak percaya diri. Salah satunya ketika terjadi masalah kecil kita menjadi tidak percaya diri sendiri karena lebih percaya kepada omongan atau perkataan pasangan akibatnya bahwa kitalah yang salah atas semuanya. Untuk itu bersikap percaya dirilah kepada diri sendiri agar tidak  merugikan diri sendiri.

5. Jangan Menghindari Konflik di Dalam Hubungan

Dalam setiap hubungan pasti masalah selalu terjadi kapan dan dimana saja. Ada emosi dan konflik yang pastinya dialami bersama dan bila dihindari maka keadaan ini tentunya membuat suasana menjadi tidak jadi nyaman. Kebiasaan menghindari konflik seperti ini sangat merugikan bagi masing-masing. Maka sebaiknya lakukan pendekatan secara perlahan-lahan dengan sebaik mungkin baik itu dengan cara bicara dari hati ke hati kemudian perbaiki semua tanpa harus ada yang disalahkan.

Itulah tadi informasi mengenai cara dalam memperbaiki toxic relationship yang bisa Anda lakukan dalam memperbaiki hubungan bersama pasangan agar tetap senang dan bahagia. Jangan lupa bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel