INFOAJA.COM

Kumpulan Informasi Aplikasi Android,Internet,Laptop dan Games Serta Gadget Lainnya.

Cara Mengaktifkan Led Notification Pada Tombol Capacitive Android

joko priyotno

Cara mengaktifkasn led notifikasi di tombol capasitive  android sebenarnya caranya cukup terbilang mudah dan tidak terlalu susah, biasanya teman-teman ingin mengaktifkan led notifikasi ini karena ingin mengetahui bahwa ada pemberitahuan yang masuk seperti sms, chat bmm dan lainnya.Ini dikhususkan untuk smartphone kamu yang tidak atau belum mempunyai fitur led notification.Jadi disini akan dijelaskan buat kamu yang ingin mengaktifkan led notifkasinya di android kamu masing-masing.Sehingga setelah nanti aktif maka maka sudah bisa langsung tahu dari led yang berwarna bahwa ada sms masuk atau pesan yang sampai di android kamu tentunya.

Untuk solusi ini kita akan menjadikan tombol kapasitif ponsel kita seperti home, back, search & recent menjadi notifiation.Pastinya kamu penasaran bagaimana ini bisa terjadi, tenang saja argunan akan memberikan solusinya kepada teman-teman semua yang hadir disini.Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu fungsinya tombol kapasitif ini sebenarnya hampir sama dengan tombol led notification pada umumnya, yaitu setiap kali ada orang yang berkirim pesan seperti sms, bbm, whatsapp,line,email dan lain-lainnya maka tombol capasitive kita akan berkedip-kedip yang menandakan bahwa ada sms atau bbm yang masuk walaupun pada saat kondisi ponsel kita tadi dalam keadaan mati atau dalam keadaan screen lock (layar terkunci).

Untuk mengaktifkan led notifikasi pada tombol capacitive ini ada beberapa syarat yang mesti kamu perhatikan dibawah ini :
  1. HH harus sudah berstatus rooted.
  2. AOSP (vanilla), android versi murni tidak berlaku di beberapa custom ROM seperti LEWA, MIUI terkecuali pada ROM Xperia (skydroid).
  3. Minimal android versi Jelly Bean (4.1, 4.2, 4.3) dan tidak support di versi ICS atau bahkan dibawahnya.
Bahan :
  1. Xposed Framework, kamu bisa mendapatkannya disini.
  2. Gravity Box, kamu bisa mendapatkannya disini.
Tutorial :
Langkah 1 : Silakan Install Framework.
1.Install Xposed Framework & Gravity Box.
Perhatian: Pastikan Xposed Installer dan Gravity Box terinstall di Memori Internal untuk menghindari adanya error.
2.Kemudian buka Xposed Framework / Xposed Installer.
3.Setelah itu pilih menu Framework, lalu "Install/Update" kemudian "Reboot".
Xposed Installer
4.Setelah selesai reboot silakan kembali ke menu awal Xposed Installer lalu pilih "Modules" dan centang "Gravity Box", lalu kembali ke menu framework pilih "Install/Update" dan silakan reboot atau restart kembali HH kamu.
Gravity Box

Langkah 2 :
Mengaktifkan tombol capasitive sebagai Led Notification.
  1. Silakan kamu buka aplikasi Gravity Box.
  2. Pilih menu "Display Tweaks /Tweak Layar".
    aplikasi Gravity Box
  3. Kemudian silakan centang "Button Backlight Notifications / Notifikasi lampu latar tombol" (ada di bagian paling bawah), selain itu kamu juga bisa mengatur kecepatan dari kedipan lampu Led pada saat nanti notifikasi masuk (untuk defaultnya adalah 1500meter/s, silakan kamu atur sendiri sesuai keinginan kamu tentunya).
    Tweak Layar Android
  4. Setela pengaturan selesai maka langkah terakhir adalah silakan restart HH kamu.
Bagaimana mudah tidak ? tentunya mudah jika kamu pelan-pelan mengikuti langkah atau step yang telah dijelaskan diatas. Sebenarnya cara selain menjadi tombol capasitiv android sebagai led notifikasi fungsi dari gravity box tadi adalah sangat banyak fungsinya seperti membuat status dan navbar menjadi lebih transparan, mengunci layar dengan gesture dan masih banyak lagi tentunya.Okelah sampai disini dulu artikel tentang cara membuat tombol capacitve sebagai led notification.Semoga informasi kali ini bisa memberikan manfaat ya teman-teman.