6 Tips Membuat Password Anti Hacker

Share:
Membuat Password Anti Hacker
Pada zaman internet ini, password menjadi bagian yang penting dan tidak dapat terpisahkan dari kehidupan kita para pengguna internet. Bukan hanya digunakan sebagai kunci saja untuk masuk ke media sosial, namun data – data penting juga diamankan dalam media internet dan semuanya sudah mengandalkan password. Untuk itu, membuat password yang kuat sangatlah penting agar kamu terhindari dari hal – hal yang tidak kamu inginkan.

Cara Membuat Password Anti Hacker

Selain digunakan untuk menghindari password – password yang ada disana, berikut ini ada beberapa yang harus kamu perhatikan agar dapat menciptakan password kuat dan anti hacker.

  • Kombinasi huruf, angka dan karakter khusus
Kamu bisa mengkombinasikan huruf, angka dan karakter khusus misalnya saja @, %,^, atau *. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk dapat menghindari serangan para hacker yang menggunakan Dictionary Attack ataupun menggunakan kata – kata kamu untuk meretas password.

  • Kombinasi Upper dan Lower Case
Untuk kamu yang sudah lama mengenal komputer, pasti sudah paham yang namanya upper case dan lower case. Upper case merupakan karakter huruf besar maupun huruf kapital, sementara untuk lower case merupakan karakter  huruf kecil. Hal ini sama dengan password yang menggunakan karakter khusus, dengan menggunakan huruf besar dan kecil pada password maka hal ini akan membuat para hacker sulit untuk menebak.

  • Lebih panjang, lebih kuat
Selain diatas, kamu juga bisa membuat password yang panjang. Karena semakin panjang maka kekuatan password yang kamu buat akan semakin kuat. Lebih ideal jika kamu menggunakan password dengan 10 sampai 16 karakter.

  • Jangan menggunakan kata bahasa Inggris
Hal ini dikarenakan kebanyakan hacker berasumsi jika passord yang digunakan oleh pengguna internet adalah kata – kata dalam bahasa inggris, jadi mereka bisa menggunakan metode Dictionary Attack sebagai percobaannya.

  • Jangan menggunakan nama dan tanggal lahir
Biasanya ada yang menggunakan nama dan tanggal lahir untuk passwordnya, hal ini kurang tepat. Karena para hacker dapat dengan mudah menemukan tanggal lahir kamu di media sosial. Jadi sebaiknya kamu bisa menggunakan hal yang kamu sukai namun jangan terlalu terlihat dan sering kamu share di media sosial tersebut. Karena biasanya para hacker akan menggunakan informasi pada media sosial untuk bahan percobaannya.

  • Jangan biarkan Browser Mengingat Password
Biasanya setiap website menyediakan pilihan remember password untuk memudahkan para pengguna untuk log ini ulang. dengan menggunakan fitur ini kamu memang akan lebih cepat untuk log in, tapi hal ini juga berbahaya jika ada seseorang yang mampu masuk ke browser yang biasa kamu gunakan.

Apalagi para hacker akan menggunakan berbagai cara untuk bisa meretas dengan cara memanfaatkan cookie dan cache yang ada pada browser kamu. Jadi sebaiknya hindari untuk menyimpan password pada browser.