5 Langkah Mengatasi Android Lemot

Cara Mengatasi Android Yang Lemot
Cara Mengatasi Android Yang Lemot

Cara Mengatasi Android Yang Lemot
- Hadirnya ANDROID di tengah-tengah kemajuan teknologi saat ini semakin memudahkan kita untuk melakukan apa saja. Jika dulu kita harus membuka computer atau laptop saat ingin mengecek email yang masuk, maka sekarang cukup dengan mengatur setting dan mengaktifkan nada pemberitahuan di android anda sudah bisa memberikan update email yang masuk. Mengabadikan momen dengan berfoto pun tidak perlu khawatir dengan hasil foto, karena saat ini banyak android dengan spesifikasi camera bagus. Bahkan, anda mampu melakukan cek dan control suhu ruangan dari jarak jauh, dan masih banyak lagi kelebihan android lainnya.


Tapi, tahukan anda ternyata aplikasi-aplikasi keren android juga bisa menjadi Penyebab Kinerja Android Menjadi Berkurang. Dan ini tentu akan mengganggu anda saat menggunakan android, lalu bagaimanakah Cara Mengatasi Android Yang Lemot. Saat keadaan ini menimpa android anda, jangan khawatir dan marah, sebab pasti ada penyebab dan jalan keluarnya

Berikut sejumlah Langkah-Langkah Mengembalikan Kinerja Android anda:

1.Cek dan Hapuslah Aplikasi yang Sudah Tidak Dibutuhkan 
hapus aplikasi di android
hapus aplikasi di android

Dalam memenuhi setiap kebutuhan manusia di zaman modern ini, tentunya android sangat memberikan bantuan dalam mempermudah segalanya. Sifatnya yang multitasking membuat android bisa diandalkan untuk mengunduh berbagai aplikasi penting yang anda butuhkan di android anda. Padahal mungkin saja aplikasi tersebut tidak begitu sering dipakai sehingga menjadi Aplikasi Penyebab Lemotnya Android anda.

Aplikasi yang hanya sesekali digunakan sebaiknya dihapus saja, karena data aplikasi tersebut akan tetap mengendap di app drawer sehingga menyebabkan lambatnya kinerja hp android anda. Cara Terbaik Untuk Memulihkan Kinerja Android anda kembali adalah dengan menghapus atau meng-uninstal aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan atau yang jarang digunakan. Jika satu waktu anda membutuhkan aplikasi tersebut, anda bisa mengunduhnya lagi di Google Play.

2.Bersihkan Ruang Penyimpanan Internal Android anda
Ruang Penyimpanan Internal Android
Ruang Penyimpanan Internal Android

Jika kamu tidak ingin android kamu masuk pada kategori Android Lemot, maka sebaiknya rajinlah melakukan cek pada runag penyimpanan handphone kamu. Terkadang android lovers sering mengunduh sesuatu melalui handphone yang kemudian dipindah ke laptop, tapi lupa menghapus data atau file yang ada di android, akibatnya Android Lemot akan bisa membuat semua jadi berantakan.

Begitu juga dengan aplikasi yang biasanya tersimpan di memori internal. Apabila anda merasa aplikasi ini selalu dibutuhkan, maka sebaiknya anda menginstal atau memindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal anda. Foto atau video pun sama, jika tersimpan di penyimpanan eksternal maka pindahkanlah ke penyimpanan eksternal.

3.Bersihkan Data Cache
Bersihkan Data Cache Android
Bersihkan Data Cache Android

Pada dasarnya data cache sebenarnya membantu menyimpan semua data dari aplikasi ke ruang penyimpanan internal. Data cache yang sudah tersimpan membuat anda tidak perlu lama-lama jika ingin membuka sebuah aplikasi. Tapi sayangnya, saat kapasitas cache sudah terlalu banyak tersimpan di penyimpanan internal, ini bisa jadi penyebab lemot atau lambannya kinerja android anda. Karenanya, terdapat beberapa aplikasi yang didukung oleh fitur pembersih data cache. Anda juga bisa masuk pada Setting yang terdapat di android anda, kemudian pilih Application Manager, dan pilihlah aplikasi yang ingin dihapus.

4.Pastikanlah SD Card anda bekerja dengan baik
sd card di android
sd card di android

Kinerja android juga bisa dipengaruhi oleh SD card yang tidak bekerja dengan benar.  Jadi anda harus bisa memastikan bahwa SD card anda sudah bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Cek lah SD card anda atau jika dibutuhkan formatlah SD card anda untuk memastikannya bekerja sesuai fungsinya. Namun, anda harus memastikan terlebih dahulu untuk mem-back up semua data penting yang ada di dalamnya agar semua data dan momen penting anda tetap terjaga dengan baik. Caranya cukup dengan memindahkan semua data itu ke computer atau PC anda. Setelah itu formatlah SD card anda.

5.Lakukan Factory Reset
Factory Reset di android
Factory Reset di android

Apabila 4 langkah di atas tidak membantu Masalah Android Yang Lamban saat digunakan, mungkin anda bisa mencoba cara berikut ini, Factory Reset

Penting untuk diketahui saat anda memutuskan Mengatasi Masalah Android Lemot dengan menggunakan langkah Factory Reset, maka berarti anda memutuskan untuk menghapus semua data yang ada di android anda. Android akan kembali ke pengaturan semula, sama seperti saat membelinya pertama kali. Anda tidak akan menemukan apapun, termasuk akun Google yang sudah didaftarkan. Hanya ada satu yang tidak terpengaruh oleh Factory Reset yaitu pembaruan firmware.

Jadi sebelum anda memutuskan melakukan Factory Reset, pastikan semua data penting anda sudah teramankan terlebih dahulu. Sekianlah ulasan terkait Cara Mengatasi Android Yang Lemot. Semoga tulisan ini bisa meyakinkan anda bahwa Android Lemot Bukan Masalah yang mengharuskan anda mengganti perangkat ke versi terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel