3 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Divisi HR

Memasuki era berbasis digital dan online, sistem operasional perusahaan dewasa ini juga semakin banyak yang melakukan penyesuaian, salah satunya dengan mengubah sistem operasional perusahaan berbasis digital. Ada banyak aplikasi otomatis dan praktis yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk menghemat waktu dan tenaga. Pekerjaan pun terasa lebih ringan dan waktu luang lainnya bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan produktif lainnya.

Aplikasi yang Wajib Dimiliki Divisi HR
Aplikasi yang Wajib Dimiliki Divisi HR
Salah satu divisi yang membutuhkan bantuan operasional dengan aplikasi otomatis adalah divisi HR. Sebagai divisi yang mengurus segala kebutuhan karyawan, ada banyak berkas yang harus disimpan dan diatur oleh staf HR. Jumlah staf yang lebih sedikit dari jumlah karyawan keseluruhan pastinya membutuhkan sistem yang lebih praktis untuk menyelesaikan segala pekerjaan dengan tepat waktu.

Berikut beberapa aplikasi yang wajib dimiliki divisi HR di perusahaan anda.

1. Aplikasi Data Karyawan

Karyawan merupakan salah satu aset perusahaan yang esensial. HRD pastinya memiliki semua data pribadi karyawan yang harus dijaga dengan rapi. Pengaturan nomor induk karyawan, absensi, track record, catatan khusus untuk pertimbangan promosi merupakan hal harus ditata dengan rapi dan sistematis. Sekarang sudah bukan jamannya menyimpan file dalam bentuk tumpukan kertas yang banyak, file dalam bentuk digital akan lebih mudah diakses dan dikirimkan pada pihak tertentu yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan.

Gunakan aplikasi data karyawan dengan software khusus. Software data karyawan atau personal administration merupakan perangkat lunak yang memiliki berbagai fitur untuk kebutuhan data karyawan. Tak hanya untuk menyimpan data pribadi tiap karyawan, aplikasi jenis ini juga bisa digunakan untuk melihat potensi karyawan, ketika hendak melakukan pengurangan karyawan atau promosi, aplikasi ini bisa memberikan data akurat sesuai dengan subjek yang telah di input.

Baca Juga : Contoh Surat referensi kerja karyawan

2. Aplikasi Payroll

Mengatur gaji karyawan merupakan salah satu tugas terpenting dalam divisi HRD. Agenda satu ini seringkali membuat divisi HRD menjadi ekstra sibuk setiap mendekati akhir bulan. Bayangkan mengelola gaji karyawan sebanyak ratusan hingga ribuan oleh satu divisi yang paling banyak diisi oleh 10 orang, mengerjakan slip gaji pastinya akan memakan waktu yang banyak dan memiliki tingkat kesalahan yang lebih banyak karena tekanan deadline. Untuk meringankan pekerjaan HRD dalam mengurus gaji karyawan, anda patut beralih ke sistem payroll dengan aplikasi online.
Aplikasi payroll merupakan software yang telah dirancang secara otomatis untuk membuat slip gaji dengan lebih cepat dan efisien. Hanya perlu melakukan pengaturan manual pada awal penggunaan, seperti memasukan subjek yang dibutuhkan dalam membagi gaji dan jumlah gaji tiap karyawan. Kedepannya, staf HRD hanya perlu melakukan beberapa input dan secara otomatis, slip gaji pun bisa selesai dengan cepat.

3. Aplikasi Absensi

Absensi merupakan salah satu subjek yang dibutuhkan HRD dalam pendataan personal administration dan data gaji karyawan. Absensi juga memiliki banyak jenis, mulai dari absen tanpa keterangan, sakit, keperluan keluarga, hingga cuti. Tidak semua absen bersifat negatif dan mempengaruhi gaji maupun kualitas pegawai.

Itu tadi beberapa aplikasi yang wajib dimiliki oleh divisi HRD. Ada banyak software HRD terbaik online lokal yang bisa andalkan untuk kebutuhan tersebut. Namun, hanya LinovHR yang paling reliable dan terbukti menjadi pilihan banyak perusahaan ternama di Indonesia.

LinovHR membantu menyederhanakan tugas HR. Mulai dari payroll, absensi, perhitungan Pajak PPH21 hingga mengelola data karyawan secara otomatis. Dengan di lengkapi modul personal administration untuk mengelola data karyawan, Modul Payroll untuk mengelola payroll, sampai Modul Time Management untuk mengelola absensi karyawan.

Selain itu masih banyak modul - modul lain yang akan memudahkan setiap tugas HR, Segera tingkatkan sistem manajemen HR di perusahaan Anda bersama   software HRD terbaik dari LinovHR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel