Cara Membuat Resep Ayam Kecap Yang Enak dan Sederhana

Selain sajian makanan berupa sup ayam, ayam penyet serta soto ayam, pasti kita sering mendengar dan mencoba salah satu masakan atau makanan yang satu ini yaitu ayam kecap. Ya ayam kecap menjadi salah satu masakan yang sangat favorit dan tidak pernah terlewatkan didapur. Untuk mendapatkan cita rasa yang enak dan gurih pada masakan ayam kecap, tidak semua orang tahu tentang resep bumbu untuk menghasilkan ayam kecap yang enak tersebut. Untuk membuat racikan resep ayam kecap yang enak dan sederhana sebenarnya tinggal membutuhkan komposisi atau bahan-bahan utama saja.

Namun beberapa resep ayam kecap yang kita buat terkadang malah mendapatkan rasa yang kurang pas pada masakan ayam kecap tersebut. Untuk mendapatkan cita rasa yang enak dan lezat pada ayam kecap yang kita buat, maka silakan simak informasi resep ayam kecap kali ini.


Sebelum membuat ayam kecap, sebaiknya kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya dibawah ini :
  • 1 Ekor ayam dan potong jadi 12 bagian.
  • 1 Sendok teh air jeruk nipis
  • 1 Sendok teh garam
  • 1 Sendok gula pasir
  • ¼ Sendok the merica bubuk
  • 3 siung bawang putih (memarkan dan iris tipis)
  • 2 Siung bawang merah dan iris tipis-tipis
  • ½ Siung daun bawang atau daun kucai
  • 1 potong jahe seukuran ibu jari dan kupas kulitnya serta memarkan.
  • 3 Sendok makan kecap manis
  • 1 Sendok makan saus tomat
  • ½ sendok makan kecap asin
  • 200 mililiter air 
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng dan menumis).
Setelah menyiapkan bahan-bahan dan bumbu untuk ayam kecap tadi, sekarang lanjut dengan cara membuat ayam kecapnya, untuk langkah-langkahnya seperti dibawah ini :
  1. Silakan lumuri ayam yang sudah dipotong menjadi 12 bagian tadi dengan satu sendok teh air jeruk nipis dan satu sendok teh garam.
  2. Biarkan sampai lebih kurang 15 menit.
  3. Selanjutnya, silakan panaskan minyak goreng secukupnya.
  4. Goreng ayam yang sudah didiamkan selama 15 menit tadi ke wajan yang berisi minyak goreng panas sampai terlihat matang kecoklatan.
  5. Setelah masak silakan tiriskan .
  6. Panaskan minyak goreng dan tumiskan bawang merah dan bawang putih, yang sudah di iris tipis-tipis tadi sampai harum, dan masukkan bawang bombay serta jahe kedalam dan tumis sampai harum dan terlihat kecoklatan.
  7. Kemudian, tuangkan 3 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan saus tomat, ½ sendok makan kecap asin, dan merica bubuk serta gula pasir secukupnya.
  8. Sambil ditumis lanjut dengan  tuangkan 200 mililiter air kedalam dan tumis hingga rata.
  9. Masukkan juga daun bawang sambil tumis merata.
  10. Terakhir masukkanlah ayam yang sudah digoreng tadi kedalam bumbu kecap dan tumis sampai bumbu meresap kedalam daging ayamnya. Pastikan cicipi dahulu rasanya agar lebih enak rasanya.
Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penggorengan ayam tadi, yaitu :

1. Pastikan kecapnya benar-benar kecap yang mempunyai rasa yang cocok untuk memasak ayam kecap.
2. Pada saat penggorengan ayam tadi, harus dipastikan bahwa minyak goreng tersebut benar-benar panas agar ayam benar-benar sempurna matangnya dan jangan sampai terlalu kering menggoreng ayamnya.
3. Untuk yang suka dengan aroma bumbu seperti jahe bahan-bahan lainnya juga bisa sebagai penggantinya seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga dan lain-lain. Ini bisa disesuaikan dengan selera dan tidak tergantung dari aroma dari beberapa bumbu diatas.

Untuk kalian yang ingin mendapatkan tentang resep masakanan dan makanan selain resep ayam kecap diatas, kalian juga bisa membaca informasi masak dan makanan di Selerasa. Silakan baca resep masakana dan makanannya, dan tentunya ini sangat cocok yang ingin pintar memasak didapur.

Demikianla informasi tentang Cara Membuat Resep Ayam Kecap Yang Enak dan Sederhana . Mudah-mudahan informasi tentang resep makanan ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat teman-teman sekalian. Silakan mencoba semoga enak masakannya. Good Luck :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel