Cara Factory Reset dan Hard Reset Hp Samsung Galaxy A51

Cara Factory Reset dan Hard Reset Hp Samsung Galaxy A51 - Samsung Galaxy A51 adalah produk keluaran smartphone terbaru dari Samsung yang diluncurkan pada akhir tahun kemarin yaitu tahun 2019. Ponsel Samsung Galaxy A51 masih termasuk dalam generasi pertama dari keluarga A series (2020) yang hadir ke Indonesia dengan banyak fitur, desain, kamera serta baterai yang terbaik di kelasnya saat ini.

Secara spesifikasi Samsung Galaxy A51 ini mempunyai ukuran layar 6,5 inci dengan resolusi 1080x2040 piksel dan panelnya super Amoled serta sistem operasinya Android 10 dengan interface One UI 2. Kemudian sudah ditenagai oleh chipset Exynos 9611, RAM 6GB dan penyimpanan internalnya juga besar yaitu 128GB dan dapat diperluas lagi dengan micro SD hingga 512GB tentunya. Untuk kamera depan kapasitasnya 32 megapiksel dan masing-masing dari kamera belakangnya yaitu 48 megapiksel(f/2/0, wide, PDAF), 12 megapiksel (f/2.2, ultrawide), 5 megapiksel (f/2.4, macro) dan 5 megapiksel (f/2.2, depth sensor) serta mempunyai kapasitas baterai 4.000mAh dan mendukung fast charging 15 W tentunya.

Cara Factory Reset Samsung Galaxy A51
Cara Factory Reset dan Hard Reset Hp Samsung Galaxy A51
Samsung memang sudah menjadi brand smartphone banyak dikenal oleh pengguna di Indonesia. Tapi yang namanya perangkat android secara umum pasti tidak terlepas dari namanya adanya masalah atau error pada perangkat tersebut. Salah masalah yang sering timbul pada android misalnya lupa kunci pola, lupa PIN, bootloop( berhenti sampai pada logo Samsung), kamera gagal, hang, aplikasi tiba-tiba menutup dan lain sebagainya.

Berbagai masalah di perangkat android seperti yang tadi memang sering dijumpai tentunya, namun tidak perlu khawatir karena ada solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan factory reset dan hard reset di perangkat android Samsung Galaxy A51. Caranya yaitu melalui menu Setting/Pengaturan dan melalui Recovery Mode.

Factory Reset dan hard reset sebenarnya berfungsi sama-sama untuk reset/mengatur settingan menjadi ke setelan pabrik. Jadi nantinya setelah semua menjadi setelan pabrik maka konfigurasi akan menjadi seperti settingan awal ketika kita membeli hape baru tentunya. Sehingga yang namanya error, hang, lambat, bootloop, dan sebagainya bisa teratasi dengan factory reset maupun hard reset.

Factory Reset Hp Samsung Galaxy A51

  1. Silakan masuk ke menu Setting/Pengaturan smartphone Samsung Galaxy A51 kamu.
  2. Kemudian pilih General Management /Manajement Umum
  3. Setelah itu pilih Reset >> Factory Data Reset atau Reset Data Pabrik.
    Factory Data Reset Samsung Galaxy A51
  4. Scroll kebawah dan tap Reset >> Delete All.
  5. Silakan tunggu prosesnya sampai selesai.
  6. Sekarang settingan Samsung Galaxy A51 sudah seperti setelan awal pabrik.
  7. Settinglah mulai dari pengaturan bahasa, lokasi, dan seterusnya.
  8. Selesai.

Cara Hard Reset Samsung Galaxy A51

Untuk melakukan hard reset pada Samsung ini maka dilakukan melalui Recovery Mode. Untuk masuk kedalamnya maka yang pertama yaitu metode umum dan kedua yaitu metode lupa kunci atau pola(keadaan ponsel terkunci).

1. Cara Masuk Ke dalam Recovery Mode


Mode Recovery Samsung Galaxy A51
  • Silakan matikan hp Samsung Galaxy A51 sobat.
  • Silakan tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas dan pada saat logo booting Samsung muncul maka lepaskan tombol POWER sambil tetap menekan tombol VOLUME ATAS.
  • Kemudian layar akan menampilkan informasi “No Command” silakan ketuk layar atau bisa juga tekan tombol Volume dan tunggu beberapa saat sampai masuk ke mode Recovery.
  • Sekarang untuk memilihi menu silakan gunakan tombol Volume/Pengatur Suara yaitu atas bawah.
  • Kemudian konfirmasi pilihan dan tekan tombol Power.
2. Cara Masuk ke Recovery Mode atau Keadaan Lupa Kunci Pola


Factory Reset Samsung Galaxy A51
  • Silakan matikan perangkat Samsung Galaxy A51
  • Tekan dan tahan tombol POWER +VOLUME BAWAH sampai layar ponsel keadaan BLANK.
  • Kemudian pada saat layar BLANK(hitam) maka lepaskan VOLUME BAWAH dan pindahkan jari ke tombol VOLUME ATAS dengan tetap menahan tombol POWER. (PERLU DIPERHATIKAN : Lakukan dengan cepat karena layar Blank hanya muncul sekitar 2 detik saja dan JANGAN SAMPAI LOGO BOOTING MUNCUL karena nanti proses untuk masuk ke recoverynya jadi gagal)
  • Setelah layar menampilkan “No Command” dengan gambar android silakan ketuk layar dan tunggu beberapa saat sampai ponsel masuk dengan sendirinya ke menu Recovery.
  • Hampir sama dengan No.1 diatas tadi untuk memindahkan atau memilih menu gunakan tombol volume serta tombol power.
Setelah ponsel Samsung Galaxy A51 sudah berada di dalam menu Recovery maka selanjutnya kita sudah bisa melakukan langkah hard reset seperti dibawah ini :

Hard Reset dari Recovery Mode :
  1. Pilih menu WIPE DATA/FACTORY RESET
  2. Silakan tekan tombol POWER untuk mengkonfirmasi menu pilihan.
  3. Silakan pilih YES dan tekan tombol POWER untuk konfirmasi
  4. Silakan tunggu sampai proses hard reset selesai.
  5. Jika sudahm maka pilih REBOOT SYSTEM NOW
  6. Silakan tungguk sampai ponsel menyala kembali
  7. Kemudian silakan atur settingan ponsel Samsung Galaxy A51 sesuai instruksi yang diminta seperti atur bahasa, lokasi dan lain-lainnya.
  8. Selesai
Perlu diperhatikan : Jangan sampai salah memilih menu selain menu Recovery karena bisa menimbulkan permasalah baru pada perangkat android. Jadi pastikan pilih menu Recovery mode.
Demikianlah tadi informasi mengenai cara factory reset dan hard reset Hp Samsung Galaxy A51 kali ini. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat kepada teman-teman terutama kepada pengguna Samsung tentunya. Silakan share atau bagikan informasi ini supaya lebih bermanfaat lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel