7 Hal Yang Harus Kamu Cek Saat Beli Laptop Bekas Murah dan Berkualitas

Laptop adalah gadget yang digunakan untuk membantu setiap tugas dan pekerjaan semua orang. Bahkan laptop sendiri telah menjadi perangkat utama bagi seorang pekerja kantoran, guru, pelajar dan mahasiwa. Tidak heran kalau sekarang setiap orang memiliki laptop sebagai gadget utama dalam membantu mengerjakan dan menyelesaikan setiap tugas ataupun pekerjaan yang dihadapi sehari-harinya.

Bagi anda yang tidak mempunyai dana atau budget terbatas untuk membeli laptop baru. Maka bisa memilih jalan alternatif yaitu beli laptop bekas. Ya, Laptop bekas umumnya masih tergolong mampu dan baik dalam menyesuaikan setiap kebutuhan pekerjaan dan tugas sehari-hari yang kamu kerjakan.

Ada banyak tipe, jenis dan spesifikasi laptop bekas murah dan berkualitas yang bisa kamu beli. Namun, tidak semua laptop bekas itu bagus dan berkualitas. Anda harus teliti dan hati-hati dalam mengecek perangkat laptop tersebut, guna mengurangi resiko-resiko kecil yang mungkin dapat merugikan kamu nantinya.

Untuk anda yang ingin membeli laptop bekas, berikut ini ada 5 hal yang harus kamu cek sebelum kamu memutuskan membeli laptop bekas tersebut.

Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas Murah dan Berkualitas


Sebagai calon pembeli, kamu harus bisa mengetahui dan memutuskan apakah laptop bekas yang kamu cari sesuai dengan kebutuhan dan memastikan laptop tersebut bekerja dengan baik dan maksimal. 

1. Survei Harga Pasar Terlebih Dahulu

tips membeli laptop bekas berkualitas
Sebelum kamu memutuskan untuk membeli laptop bekas atau second, ada baiknya melakukan suvei dahulu untuk mengetahui harga pasar dari laptop bekas tersebut. Memang seperti sudah diketahui tidak ada harga pasti untuk sebuah barang bekas contohnya laptop ini.

Ada baiknya jika kamu menyempatkan diri untuk datang ke toko-toko jual laptop bekas untuk sekedar mengecek atau menanyakan berapa harga laptop bekas dari merk yang kamu cari. Sehingga nantinya ada patokan harga yang bisa kamu negosiasikan dalam membelinya.

Atau kamu juga bisa memantau harga pasaran laptop bekas dari marketplace toko online terpercaya. Biasanya ada merk dan tipe laptop bekas yang dipasarkan dengan berbagai variasi harga tentunya.

2. Periksa Kondisi Body Laptop

Cek Saat Beli Laptop Bekas
Namanya barang bekas pasti memiliki kekurangan atau minus pada bagian atau keseluruhan dari body laptop. Kamu bisa mengecek, apakah terdapat lecet atau baret yang bisa kamu anggap wajar. Setidaknya carilah laptop bekas yang terawat, seperti bagian body laptop yang minim goresan,lecet atau retak.

Jadi, periksalah dengan teliti setiap bagian-bagian dari casing atau body laptop tersebut. Selain itu jangan sungkan untuk bertanya mengenai penyebab adanya goresan, baret atau lecet dari body laptop bekas tersebut. Bisa jadi penyebabnya karena benturan, jatuh dan sebagainya, ini berguna untuk meminimalisir resiko yang mungkin bisa terjadi dikemudian hari.

3. Cek Kondisi  LCD Laptop

tips membeli laptop bekas murah
Kamu juga memastikan dengan baik apakah LCD laptop bekerja dengan baik dan normal. Kamu bisa mengeceknya dengan menyalakan ataupun mematikan secara normal. 

Untuk kondisi laptop mati pastikan tidak ada bintik-bintik atau warna yang berbeda disetiap sudut layar laptop. Untuk memastika layar lcd laptop tidak ada masalah adalah dengan mengubah  wallpapernya dengan warna hitam polos, setelah itu silakan lihat pada layar apakah terdapat warna lain selain warna hitam itu sendiri. 

Kamu juga bisa lakukan dengan mengganti wallpaper laptop dengan warna putih kemudian cek apakah ada warna lain selain warna putih tadi. Jika tidak ada dipastikan tidak ada masalah pada layar LCD laptop tersebut.

Kemudian selanjutnya, kamu juga bisa mencoba untuk membuka dan menutup layar laptop secara normal untuk memastikan apakah layarnya goyang-goyang, kendor atau rusak. Jadi, pastikan kondisi layar LCD laptop masih normal dan tidak ada kerusakan seperti goresan atau retak kecil sedikitpun.

4. Cek Harddisk dan pastikan tidak ada badsector

Cek Harddisk Laptop Bekas
Harddisk merupakan penyimpanan internal dari laptop, semua data tersimpan disana. Kamu bisa memastikan apakah harddisk bekerja dengan baik dan normal. Kamu bisa mengecek apakah harddisknya sesuai dengan spesifikasi dari sticker fisik yang menempel di laptop.

Untuk memastikan apakah harddisk masih bekerja normal, maka kamu bisa melakukan pemindahan file dengan copy-vaste di file explorer. Silakan pindahkan file yang mempunyai kapasitas yang besar untuk memastikan apakah proses perpindahannya berjalan normal atau lambat. 

Jika memakan waktu yang lama bisa dipastikan bahwa kondisi harddisk laptop tersebut mengalami badsector. Sebaiknya kamu melewatkan kualitas laptop seperti ini , pilihlah kualitas harddisk yang baik dan normal guna mengurangi resiko yang dapat ditimbulkan dikemudian hari.

5. Cek Kondisi Baterai dan Charger Laptop

Tips membeli laptop bekas berkualitas
Berikutnya kamu dapat mengecek kualitas dari kondisi baterai dan charger laptop. Untuk mengecek apakah kondisi baterai masih normal, kamu bisa mencoba membuka program yang berat dan menjalankannya satu persatu selama 10 sampai 15 menit. 

Kemudian sesudah membuka dan menjalan program berat selamat 10-15 menit, pastikan apakah terjadi pengurangan daya baterai yang signifikan seperti cepat lowbat atau berkurangnya cepat. Jika memang cepat berkurang bisa dipastikan bahwa kondisi baterai tidak normal atau sel baterai mengalami kerusakan.

Sedangkan untuk mengecek apakah kondisi charger laptop tersebut masih baik dan normal, kamu bisa coba lakukan pengisian daya listrik ke laptop menggunakan charger laptop bawaannya. Perhatikan waktu pengisiannya dalam 10 sampai 15 menit apakah kecepatan pengisiannya normal atau lambat. 

Jangan lupa juga untuk memastikan kondisi fisik dari charger bawaan laptop itu sendiri. Kamu periksa apakah kabelnya terkelupas atau ada yang patah akibat gulungan kusut yang justru bisa menyebabkan arus pengisian ke laptop terputus-putus ketika dipakai.

6. Cek Seluruh Tombol Keyboard dan Port Laptop

Cara cek laptop bekas murah
Fungsi tombol keyboard disini adalah untuk mengetik huruf. Kamu wajib memastikan apakah semua fungsi tombol tombol keyboardnya bekerja dengan baik dan normal. Silakan periksa dengan membuka documet baru seperti Word, kemudian ketikkan satu persatu semua tombol keyboard laptop tersebut. Pastikan tidak ada satupun tombol keyboard yang terlewat saat kamu mengeceknya.

Kemudian selanjutnya adalah mengecek port yang ada pada laptop, seperti port USB, HDMI, VGA, LAN, serta port audio. Kamu bisa memulainya dengan mengecek port USB di laptop, yaitu dengan menancapkan sebuah flashdisk, guna memastikan apakah port laptop mendeteksi flashdisk tersebut. Selanjutnya, silakan cek satu persatu untuk port-port lainnya.

7. Cek Spesifikasi Laptop Bekas

Cek Spesifikasi Laptop Bekas Berkualitas
Kamu juga harus mengetahui  spesifikasi laptop bekas yang kamu butuhkan. Ada banyak laptop bekas yang dijual dengan spesifikasi yang bermacam-macam. Untuk memastikan apakah laptop bekas tersebut benar-benar kamu cari dan sesuai dengan kebutuhan kamu, maka kamu bisa mengecek CPU, RAM, Harddisk, dan lain –lainnya yang ada didalam laptop tersebut.

Jadi sesuaikanlah budget yang kamu punya dengan harga spesifikas laptop bekas yang ada. Selain itu, kamu bisa melakukan negosiasi harga  dengan penjual laptop bekas tersebut sesuai dengan harga yang telah kamu survei sebelumnya. Pastikan laptop yang kamu dapatkan itu murah, bagus dan berkualitas tentunya.

Jadi sekarang buat kamu ataupun teman-teman yang masih bingung bagaimana tips sebelum membeli laptop bekas, baiknya simak penjelasan diatas dengan baik dan benar, agar nantinya ketika kamu ingin membeli laptop bekas yang murah dan berkualitas, tidak lagi merasa bingung ataupun khawatir mendapatkan laptop yang rusak. 

Demikianlah informasi 5 hal yang harus kamu cek saat beli laptop bekas murah dan berkualitas. Silakan bagikan informasi ini kepada teman-teman yang ada di media sosial kalian masing-masing, agar mereka juga tahu tentang tips ini. Terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel