10 Tips Cara Menjual HP Bekas Agar Langsung Laku Dan Harga Tinggi

HP atau Handphone merupakan alat komunikasi canggih dan digunakan oleh orang-orang untuk saling berkomunikasi jarak jauh. Untuk mendapatkan HP atau ponsel saat sekarang ini tidaklah mudah, hanya dengan datang ke toko atau konter penjual HP, maka kamu bisa memilih dan mendapatkan HP yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Namun, ditengah terus berkembangnya produk-produk smartphone baru, membuat sebagian orang yang telah memiliki HP lama ingin menjual kembali agar bisa membeli yang baru. Salah satu alasan orang menjual HP lama adalah karena semakin lama HP semakin canggih dan banyak fitur-fitur terbaru didalamnya. Makanya banyak orang meninggalkan atau menjual HP lama untuk membeli HP dengan tipe yang lebih baru.

Tips Jual HP Bekas Langsung Laku
Tips Cara Menjual HP Bekas Agar Langsung Laku dan Harga Tinggi
Secara pasti anda menjual hp lama itu adalah untuk menambah modal Anda dalam membeli HP yang baru tentunya. Untuk membantu Anda dalam hal menjual HP bekas agar cepat laku dan harganya tinggi, maka simak tips-tips yang akan admin jabarkan pada artikel kali ini.

Lalu, bagaimana caranya agar HP lama bisa laku dijual? Agar HP bekas atau second tersebut lebih cepat terjual, sebaiknya menjual hp bekas di konter terdekat atau bisa juga dengan menjual HP bekas secara online, namun sebelum kamu menjualnya, baca dahulu 10 tips cara jual HP bekas yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini.

Tips Cara Menjual HP Bekas Supaya Cepat Laku


1. Bersihkan Seluruh Body dan Layar HP

tips jual hp bekas
Untuk membuat HP lebih terlihat menarik dan bagus, hal pertama yang kamu lakukan terhadap HP bekas tersebut adalah membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada body dan layarnya. Cara membersihkan pun sangat mudah yaitu lap dengan kain bersih dan gosok dengan perlahan-lahan pada bagian belakang HP.

Sedangkan pada layar HP silakan lap sambil tuangkan cairan pembersih layar ke LCD HP atau bisa juga dengan menggunakan cairan anti gores khusus untuk layar HP bila ada. Tidak lupa juga untuk membersihkan bagian yang berlubang dari HP seperti port usb, speaker dan lubang audio serta sidik jari di belakang HP dengan menggunakan cotton bud, bersihkan secara perlahan agar bisa menjangkau sela- sela yang ada di HP. 

Biasanya tingkat kemulusan dari HP bekas adalah salah satu hal yang paling di lihat oleh calon pembeli dalam memberikan harga. Jadi usahakanlah dengan maksimal agar body dan layar HP tampak bersih, mengkilat dan tampak baru, agar nilai jualnya semakin tinggi.

2. Periksa Kelengkapan Bawaan HP Bekas

Jual hp Bekas
Sewaktu kamu dahulu membeli HP tersebut, pastinya kamu mendapatkan kelengkapan dari aksesoris HP tersebut, seperti earphone, charger, kabel data, buku panduan, kartu garansi dan dux box kotak HP. Untuk menambah nilai daya jual HP bekas tersebut, maka coba periksa kembali beberapa perlengkapan aksesoris dari HP bekas itu.

Kalau aksesoris bawaan HP bekas kamu sudah lengkap, maka otomatis harga jualnya pun tinggi dan membuat calon pembeli tidak segan-segan memberikan harga yang bagus pula. Jadi sekali lagi, persiapkan segala kelengkapan bawaan dari HP tersebut dengan baik agar HP bekas kamu cepat laku dengan harga tinggi pula tentunya.

3. Menata Perlengkapan HP Dengan Rapi dan Menarik

tips menjual HP Bekas harga tinggi
Setelah kamu melengkapi akseroris atau bawaan dari HP bekas tersebut, maka selanjutnya adalah menata HP bekas dengan rapi. Tujuannya apa ? ya tujuannya untuk memberikan kepastian kepada calon pembeli ,bahwasanya HP bekas anda telah siap dijual beserta dengan kelengkapan di dalamnya.
Cara menatanya pun harus sesuai dan menarik bagi calon pembeli. 

Kamu bisa siapkan meja dengan alas berwarna terang, kemudian diatas meja itu silakan susun satu-persatu bagian dari aksesoris HP, dimulai dari dus box kotak HP, HP, Sim Ejector, Earphone, Charger bawaan, buku panduan, kartu garansi dan lainnya.

Pastikan semua perlengkapan HP ditata dengan rapi, teratur dan bagus, agar calon pembeli tertarik untuk membeli HP bekas tersebut dengan harga yang bagus pula. Jangan lupa juga di foto dengan bagus agar bisa diposting di toko online maupun dijual melalui teman-teman yang berada di media sosial maupun di grup WhatsApp kamu.

4. Backup Dahulu Semua Data Penting

Tips jual hp bekas cepat laku
Ini merupakan hal yang tidak boleh kamu lewatkan, kamu jangan lupa untuk melakukan backup atau ambil semua data penting dari HP bekas tersebut, sebelum nantinya sampai ke calon pembeli. Data penting itu bisa kamu pindahkan ke kartu memori ataupun ke Google Drive.

Setelah memindahkan data penting dari HP bekas tersebut, maka silakan hapus semua foto, video, document dan lain sebagainya yang masih ada di HP itu. Tujuannya disini adalah jangan sampai data penting yang ada di HP bekas kamu itu, ikut disalahgunakan atau disebarluaskan oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. Satu lagi jangan sampai lupa untuk mengambil SIM Card dan kartu memori yang masih menempel di SIM Tray Hp bekas kamu.

5. Lakukan Reset Ulang atau Setelan Pabrik

Reset Ulang HP
Melakukan reset ulang atau setelan pabrik di HP bekas, bertujuan untuk menghapus semua data-data yang ada di dalam HP. Dengan begitu nantinya HP bekas tersebut tampak seperti HP baru seperti kamu pertama kali membelinya di toko.

Kalau kamu masih bingung cara melakukan reset ulang pabrik di Hp, berikut caranya:
  • Silakan buka ‘Pengaturan’ dan kemudian tap ‘Buat Cadangan & Setel Ulang’
  • Setelah itu tap ‘Kembalikan ke Setelan Pabrik’ dan kemudian tap ‘Setel Ulang Telepon’ dan terakhir tap ’Hapus Semua’ tunggu sampai proses selesai.
Untuk membuat ke setelan pabrik, jangan lupa pastikan kondisi baterai Hp penuh 100%, supaya proses reset ulangnya berjalan dengan baik dan lancar.

6. Jual di Toko Online atau Toko Konter HP Terdekat

Toko Online Jual HP Terpercaya
Selanjutnya adalah kamu bisa menjual Hp bekas tersebut di toko online atau toko konter HP terdekat dari lokasi tempat tinggal kamu, sehingga menghemat biaya kamu dalam menjualnya. 

Di konter HP, kamu bisa jelaskan secara rinci mengenai kondisi dan pemakaian hp tersebut serta berikan foto-foto dari kelengkapan aksesorisnya agar mereka lebih tertarik membelinya, karena biasanya konter HP akan menjual kembali HP bekas yang telah mereka beli sebelumnya ke pembeli lain, serta kamu juga tawarkan harga jual wajar yang sesuai dengan kelengkapan bawaan dan kondisi HP itu sendir.

Selanjutnya, jika kamu ingin menjual hp bekas tersebut ke toko online, maka silakan buat informasi, deskripsi serta fotonya jelas dan semenarik mungkin, seperti tips nomor 3 diatas tadi. Jadi kalau sebelumnya HP sudah dirawat, dibersihkan dan aksesorisnya lengkap, maka kamu tidak perlu ragu, bisa dipastikan calon pembeli akan memberikan tawaran harga yang tinggi tentunya.

Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook, instagram atau WhatsApp untuk menjual HP bekas itu tadi. Berikan informasi berupa deksripsi dan foto yang bagus dan menarik, agar teman-teman kamu yang kebetulan sedang mencari HP bekas, tertarik untuk membeli HP bekas kamu tersebut.

7. Memberikan Jaminan Produk

Jaminan Produk HP
Ada banyak produk HP bekas yang dijual, tapi tidak menjamin adanya garansi yang diberikan oleh penjual. Agar calon pembeli lebih tertarik, kamu sebagai penjual bisa memberikan jaminan terhadap HP bekas yang akan dibeli oleh konsumen. Misalnya memberikan garansi 7 hari/seminggu terhitung setelah pembelian, sehingga Hp bisa terjual dengan harga tinggi dan pembeli pun merasa aman dan puas melakukan transaksi pembelian.

8. Menentukan Sistem Pembayaran

bayar hp bekas melalui COD
Untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian, anda sebagai penjual Hp bekas wajib menentukan sistem pembayaran yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat oleh calon pembeli.

Kamu bisa mencoba 3 metode pembayaran yaitu COD(Cash On Delivery), Rekening Bersama dan Transfer Langsung. Walaupun begitu, cara pembayaran tersebut tetaplah mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk yang lebih cepat, bisa melakukan transaksi COD dengan menentukan waktu dan tempat yang di telah disepakati oleh anda dan pembeli. Kelebihannya disini adalah uang akan cepat diterima setelah Hp terjual secara langsung ke pembeli. Sedangkan kekurangannya adalah calon pembeli terbatas hanya pada satu wilayah saja.

Untuk metode pembayaran dengan transaksi langsung biasanya agak sulit karena anda dan penjual tidak kenal satu sama lain sehingga sulit terjadinya transaksi pembayaran melalui transfer langsung ke rekening.

Untuk pembayaran melalui rekening bersama, ini merupakan alternatif yang bagus agar transaksi dan pembeli cepat terjadi. Kamu bisa memanfaatkan toko online terpercaya seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada dan toko lainnya yang memang terpercaya di Indonesia.

9. Berikan Harga Yang Wajar atau Sesuai

Tips beli hp bekas
Sebagai penjual kamu tentunya ingin mendapatkan harga yang layak sesuai dengan kualitas dan spesifikasi Hp yang ditawarkan. Walaupun begitu kamu juga harus paham memberikan harga kepada pembeli. Jangan sama ratakan harga HP bekas dengan yang baru tentunya akan menyulitkan kamu dalam menjualnya. Kamu bisa cek harga HP bekas dipasaran dan silakan naikkan harga yang wajar dan menarik agar pembeli tertarik membeli Hpnya tersebut.

10. Jual ke Orang Dekat

Jual Hp bekas ke orang dekat
Siapa yang tidak mau HP bekasnya terjual dengan cepat? Caranya adalah dengan menjual ke orang terdekat terlebih dahulu. Ya orang terdekat bisa menjadi alternatif agar HP cepat laku dibeli. Jika kondisi HP kamu masih baru atau like new, maka sebaiknya silakan tawarkan dahulu kepada teman, tetangga atau orang sekitar kamu, selain itu mereka akan lebih percaya kamu karena sudah merasa kenal satu sama lain.

Sekarang teman-teman sudah tahukan cara menjual HP bekas agar cepat laku dan harga tinggi. Nah, bagi yang belum tahu, silakan share atau bagikan informasi ini ke media sosial teman-teman agar mereka yang belum tahu, bisa membaca informasi ini. Sekian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel