7 Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah

WhatsApp yang sedang kamu gunakan mengalami masalah ketika melakukan panggilan telepon? Ada kemungkinan terjadinya error pada aplikasi tersebut. Biasanya kemungkinan tersebut faktor dari error dari server maupun masalah terhadap perangkat yang sedang digunakan dalam hal ini ponsel itu sendiri.

Tapi tenang saja, buat kamu yang sedang mengalami aplikasi WhatsApp tidak bisa telepon, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar aplikasi tersebut bisa kembali normal dalam melakukan panggilan telepon tentunya.

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah
Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah
Biasanya cara mengatasi kejadian seperti ini adalah melakukan restart ponsel dan hapus aplikasi serta install kembali aplikasi WhatsApp, akan tetapi jika ditemukan masalah serupa tetap tidak bisa melakukan panggilan telepon atau video call dari WhatsApp.

Jenis Error Saat Melakukan Panggilan Telepon WhatsApp

Sebelum, kita masuk kedalam cara mengatasinya ada baiknya perhatikan dahulu jenis-jenis error panggilan WhatsApp ini. Karena masalah pada panggilan telepon atau video di aplikasi WhatsApp terjadi karena masalah pada aplikasi yang belum terupdate atau karena human error.

1. Menghubungkan Terus Menerus

Pesan ini terjadi karena pada saat melakukan sebuah panggilan dari WhatsApp ke orang lain dalam hal ini sudah diterima tetapi menghubungkan secara terus-menerus, ini disebabkan oleh masalah koneksi internet yang terputus atau lambat.

2. Tidak Dapat Memanggil atau Tidak Ada Koneksi Internet

Biasanya ketika sedang mau melakukan panggilan telepon di WhatsApp dan bertuliskan informasi tidak dapat melakukan panggilan, maka dipastikan internet atau paket data yang kamu gunakan off atau paket data tidak ada (koneksi internet mati).

3. Sedang Berada Pada Panggilan Lain

Artinya pengguna yang kamu telepon sedang melakukan panggilan dengan orang lain. Sebaiknya tunggu beberapa saat sampai pengguna tersebut selesai melakukan panggilan dengan pengguna lain.

4. Masalah Panggilan Lainnya

Masalah panggilan lainnya ini terjadi kemungkinan terjadi karena panggilan ditolak, human error atau lainnya.

Mengatasi Tidak Dapat Melakukan Panggilan WhatsApp

Setelah tadi mengetahui jenis error pada panggilan WhatsApp maka berikut cara mengatasi panggilan WhatsApp yang bermasalah berikut ini :

1. Pastikan Bahwa Konektivitas Jaringan Internet Stabil

Untuk dapat melakukan panggilan langsung ke teman atau pengguna lain, pastikan bahwa paket data atau koneksi internet yang kamu gunakan stabil atau tidak putus-putus. Internet yang tidak stabil terkadang akan menyebabkan panggilan telepon dari WhatsApp akan mudah terganggu atau putus-putus.

Untuk memastikan koneksi internet kamu berjalan normal, silahkan untuk mencoba browsing atau buka aplikasi Youtube dari ponsel kamu, jika tidak ada masalah maka dipastikan panggilan telepon akan berjalan normal.

Beberapa masalah dari jaringan atau koneksi internet yang digunakan membuat panggilan telepon di WhatsApp menjadi bermasalah seperti android sudah tersambung ke internet namun internet yang digunakan tidak bisa digunakan, paket data ON tapi jaringan internet dari operator lambat atau internetnya tidak stabil serta sinyal jaringan internet yang digunakan sangat lemah sehingga panggilan telepon di WhatsApp tidak bisa dilakukan.

2.  Cek Perizinan Aplikasi WhatsApp

Jika panggilan telepon bermasalah seperti tidak ada suaranya atau penerima tidak mendengar suara, maka bisa jadi masalahnya terjadi pada perizinan aplikasi. Karena sekarang ini ponsel sangat mengharuskan pengguna memberikan atau melakukan perizinan dahulu dari setiap aplikasi yang mau digunakan.
Untuk memberikan aplikasi WhatsApp dapat melakukan dan menerima panggilan, sebaiknya periksa dan berikan izin aplikasi WhatsApp agar dapat berfungsi secara normal seperti dibawah ini :

Perizinan Aplikasi WhatsApp

Caranya : Silahkan buka menu Pengaturan >> Aplikasi & Notifikasi >> Pilih WhatsApp >> Izin >>  dan pastikan semuanya mulai dari kamera, kontak, lokasi, mikrofon, penyimpanan, ponsel dan sms aktif.

3. Pastikan Nomor WhatsApp Yang Dituju Sudah Benar

Tekadang perlu sekali memastikan apakah nomor WhatsApp yang dituju sudah benar dan aktif. Bisa jadi walaupun foto profil ada namun terus saja bertuliskan memanggil, ini karena nomor tujuan yang ditelepon tidak aktif atau memang nomor WA nya sudah tidak digunakan lagi. Oleh karena itu silakan cek dengan baik apakah nomor WhatsApp tersebut aktif atau tidak sebelum melakukan panggilan telepon.

4. Pastikan Nomor WhatsApp Kamu Tidak Sedang Diblokir Pengguna Lain

Kamu juga perlu memastikan apakah nomor WA kamu tidak sedang diblokir oleh pengguna yang akan ditelepon. Biasanya tanda atau ciri dari pemblokiran bisa dilihat dari foto profil blank atau tidak terlihat, chat centang satu dan bio tidak terlihat.

Untuk masalah seperti ini silahkan cari informasi lebih lanjut dengan pengguna yang akan kamu telepon dari WhatsApp.

5. Cek Tanggal dan Waktu Smartphone

Pastikan bahwa tanggal dan waktu di smartphone sudah sesuai atau berada pada setelan otomatis. Tujuannya yaitu untuk menghindari masalah jaraingan pada SIM Card dan WhatsApp.

Khusus WhatsApp akan menolak beberapa aktivitas ketika tanggal dan waktu pada ponsel kamu tidak sesuai dengan waktu sekarang. Untuk memperbaikia masalah settingan atau penyetelan tanggal dan waktu pada ponsel, berikut caranya dibawah ini :

setting tanggal dan waktu aplikasi WhatsApp

Caranya : Masuk ke menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Tanggal dan Waktu >>  pastikan pada bagian Atur Tanggal dan Waktu berada pada posisi aktif.

6. Coba Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Jika masih tetap terjadi kesulitan melakukan panggilan telepon di WhatsApp maka silahkan coba mengembalikan setelan WhatsApp ke posisi default. Tapi sebelum melakukannya, silahakn terlebih dahulu lakukan backup ke akun Google dahulu agar riwayat chat tidak hilang.

Tujuan dari menghapus data aplikasi WhatsApp ini adalah untuk menghapus data-data sementara seperti cache, cookies, basis data dan data login. Nantinya kamu bisa login kembali dengan nomor yang sama dan lakukan verifikasi dengan mengirimkan sebuah kode via SMS.

Hapus data aplikasi WhatsApp

Caranya : Masuk ke menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> pilih WhatsApp >>  dan tap Hapus Data.

7. WhatsApp Sedang Mengalami Gangguan

Kemungkinan lain yang menyebabkan panggilan telepon bermasalah di WhatsApp adalah WhatsApp mengalami gangguan dari server atau karena pembatasan di beberapa negera dalam jangka waktu tertentu.

Pernah beberapa kali WhatsApp mengalami gangguan seperti tidak bisa membuat status, berkirim pesan lambat, tidak bisa kirim gambar atau video di WhatsApp dan tidak bisa melakukan panggilan telepon dan juga video call dari WhatsApp.

Untuk hal ini, silakan menunggu dan tetap terus cek serta melakukan update aplikasi WhatsApp dari google play store agar aplikasi yang digunakan tetap normal, cepat dan stabil saat digunakan.

Itulah tadi 7 cara mengatasi panggilan WhatsApp yang bermasalah. Semoga informasi ini dapat memberikan solusi terhadap masalah tidak bisa melakukan panggilan telepon ataupun video di WhatsApp.

Jangan lupa share atau bagikan artikel ke media sosial kalian ya, agar informasi ini dapat bermanfaat lagi buat orang lain, terutama bagi pengguna WhatsApp yang mengalami masalah panggilan telepon WhatsApp seperti yang ada di dalam artikel ini. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel