Ayo Wujudkan Rumah Baca Sentani Melalui Wahana Visi Indonesia

Tahukah teman-teman bahwa saudara kita yang berada di daerah Sentani khususnya anak-anak Sekolah Dasar (SD) berdasarkan survei nasional hanya 39% yang bisa membaca serta memahami artinya. Sangat berbeda dengan daerah kita masing-masing seperti di pulau sumatra ataupun jawa yang anak-anak sekolah dasar sangat mudah untuk menulis ataupun membaca karena fasilitas seperti perpustakaan sudah tersedia dan sangat mudah diakses.

Sekedar informasi untuk kita semua, bahwa daerah sentani sendiri merupakan sebuah distrik yang juga sebagai ibu kota kabupaten dari Jayapura Papua Indonesia. Dimana penduduknya berjumlah kira 44,777 jiwa dengan 9 kampung/kelurahan. Dari jumlah penduduk di Sentani tersebut, ada banyak anak-anak disana yang masih kesulitan untuk membaca karena keterbatasan ruang perpustakaan dengan buku-buku bacaan khusus anak-anak sekolah dasar tentunya.

Rumah Baca Sentani

Di sentani sendiri fasilitas-fasilitas untuk anak-anak yang mau belajar membaca dan menulis sangat kurang sekali. Bahkan anak-anak disana sangat antusias untuk belajar terutama untuk baca dan tulis seperti anak-anak sekolah umumnya. Untuk mendukung program belajar menulis, membaca serta menghitung maka sangat diperlukan yang namanya rumah baca.

Oleh karena itu, untuk mendukung program rumah baca sentani, maka sebuah yayasan kemanusiaan yaitu Wahana Visi Indonesia (WVI) hadir untuk mengajak secara bersama-sama terutama teman-teman, kawan, sahabat serta semuanya untuk tergerak hatinya untuk mendukung program Wahana Visi Indonesia dalam membangun fasilitas rumah baca bagi masyarakat Sentani.

Wahana Visi Indonesia ini telah hadir lebih dari 20 tahun yang lalu dalam memberdayakan masyarakat di Indonesia. Telah melayani 52 wilayah layanan di Indonesia di 14 provinsi di seluruh Indonesia. Serta menjalankan program pengembangan masyarakat yang berfokus pada anak-anak di Indonesia tanpa membedakan agama, ras, etnis dan gender.

Program rumah baca ini nantinya didirikan bertujuan agar anak-anak kecil yang masih SD bisa belajar membaca, menulis serta menghitung. Karena saat ini sudah ada empat rumah baca Sentani yang fasilitasnya sangat minim sekali bila diperhatikan mulai dari Rumah Baca Yoboi, Rumah Baca Komba di kampung Yobeh, Rumah Baca Kehiran 1 di kampung Yoboi dan Rumah Baca Hobong di kampung Hobong.

Masing-masing dari rumah baca tersebut fasilitasnya tidak memadai seperti tidak ada kursi dan meja untuk membaca, sehingga untuk membaca harus di lantai, tidak memiliki ruang bangunan tersendiri dan harus berpindah serta terpaksa menggunakan rumah masyarakat hingga lapangan yang ada disana.

Melalui program rumah baca sentani ini, Wahana Visi Indonesia mengajak kita bersama-sama agar ikut turut serta membantu dalam bentuk donasi, nantinya donasi yang dikumpulkan ini bisa disalurkan untuk mendirikan rumah baca dengan fasilitas seperti meja, kursi, pengadaan buku-buku bacaan, pengadaan buku-buku pelajaran dan lain-lainnya untuk anak-anak yang ingin belajar tentunya.

Untuk sekarang ini dari total donasi yang dibutuhkan sekitar 25 juta rupiah masih terkumpul sebanyak Rp 10.395.000 atau tercapai sekitar 41.58% dan masih menunggu donasi bantuannya dari teman-teman semuanya agar anak-anak sentani bisa membaca dan menulis serta mampu belajar lebih giat lagi.

Bagi teman-teman yang ingin berbagi atau mau menyalurkan bantuan berupa donasi bisa langsung mengunjungi website Wahana Visi Indonesia. Untuk pengiriman donasinya juga sangat mudah di Wahana Visi Indonesia karena bisa menggunakan aplikasi Dana, OVO, Gopay dan rekening bank yang telah tercantum di website Wahana Visi Indonesia.

Ayo jangan lupa berbagi, berbagi itu indah lo!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel