Mengenal Rumah Adat Bali dan Keunikannya

Siapa yang tidak kenal dengan Bali ? Ya pastinya semua kita pasti mengenal Bali sebagai daerah objek wisata yang terkenal dengan keindahan serta kebudayaannya. Bali memiliki beragam kebudayaan dan adat istiadat yang luar biasa tentunya, mulai dari seni rupa, seni tari, seni bangunan, bahasa, makanan, pakaian daerah hingga rumah adat. Keindahan Bali secara umum sangatlah memikat banyak orang untuk datang berkunjung menikmati wisatanya.Tidak hanya itu saja, bahkan para wisatawan luar negeri pun menjadikan Bali sebagai tempat kunjungan utama pada saat tiba di Indonesia, tidak heran jika orang luar negeri yang datang ataupun wisatawan lebih mengenal Indonesia dengan objek wisatanya yaitu Pulau Bali atau julukannya Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Rumah Adat Bali
Sumber Gambar : Polarumah.com

Selain sebagai tempat objek wisata yang paling sering didatangi oleh para wisatawan luar negeri, ternyata dibalik keindahan pulau Bali ini tersimpan berbagai peninggalan kebudayaan Bali yang saat ini masih tetap dijaga dan dirawat dengan baik, yaitu salah satunya adalah rumah adat.

Rumah adat Bali ini memiliki nilai ciri khas tersendiri dan terkandung sebuah nilai kebudayaan yang sangat tinggi tentunya. Untuk kamu yang ingin mengenal rumah adat Bali mulai dari bentuk serta keunikannya, maka bisa lihat beberapa rumah adat tradisionalnya dari daerah Bali seperti dibawah ini.

1. Rumah Adat Bali Angkul Angkul

Rumah Adat Bali Angkul-Angkul

Rumah adat Bali yang pertama harus kita kenal terlebih dahulu adalah Angkul Angkul dengan bentuknya yang sangat unik. Terdiri sebuah jalan pintu masuk utama seperti mirip gapura serta atapnya yang sangat artistik. Rumah ada Angkul-angkul ini memiliki sebuah atap yang saling menghubungkan antara dua bangunan dengan letaknya yang sejajar.

2. Rumah Adat Bali Aling Aling

Rumah Adat Bali Aling Aling

Aling Aling adalah rumah adat Bali yang dari bentuk bangunannya seperti pos ronda bisa dilihat seperti gambar diatas, aling aling ini sebagai pengalih jalan masuk sehingga jalan masuk tidak lurus kedalam tapi menyamping. Tujuannya ini adalah agar pandangan dari luar tidak langsung lurus kedalam. Masyarakat disana percaya jika sebuah rumah yang memiliki aling aling maka dianggap suci oleh kebudayaan disana, dan rumah adat tersebut akan dimasuki hal-hal yang bersifat positif atau jauh dari hal-hal negatif.

3. Rumah Adat Bali Bale Manten

Rumah Adat Bali Bale Manten

Rumah adat bale manten diperuntukkan untuk kepala keluarga, selain itu juga bagian rumah ini sering ditempati oleh anak-anak gadis. Rumah adat ini mempunyai bentuk persegi panjang dengan bale-bale di bagian kanan dan kiri serta masyarakat membangun rumah adat ini letaknya ke arah utara sehingga ini menjadi ciri khas dari rumah adat bali bale manten.

4. Rumah Adat Bali Bale Dauh

Rumah Adat Bale Dauh

Bale dauh artinya rumah yang memiliki tempat khusus untuk menerima tamu. Bale dauh ini dibangun menggunakan sembilan tiang atau sanga sebagai penyangga rumah. Ruangan dalam rumah adat ini juga difungsikan sebagai tempat istirahat seperti untuk tempat tidur bagi anak remaja laki-laki. Yang membuat ciri khas dari rumah adat Bale Dauh ini adalah adanya sebuah hiasan, ukiran kayu serta patung-patung di beberapa setiap sudut ruangan rumah Bale Dauh.

5. Rumah Adat Bali Bale Sekapat

Rumah Adat Bali Bale Sekapat

Rumah Adat Bali Bale sekapat memiliki kemiripan dengan gazebo. Bentuk atau struktur rumahnya sederhana mulai dari empat tiang sebagai peyangga atap dan atapnya ada 4 buah. Fungsi rumah ada ini adalah sebagai tempat bersantai bersama anggota keluarga agar lebih menumbuhkan rasa akrab dan harmonis satu sama lainnya.

6. Rumah Adat Bali Bale Gede

Rumah Adat Bali Bale Gede

Bale Gede yaitu rumah adat yang digunakan sebagai tempat acara berkumpul seperti untuk mengadakan acara makan bersama keluarga besar serta sebagai tempat bila ada sebuah pertemuan kepala suku ataupun tempat upacara adat. Bentuk dari ruangannya yaitu persegi dengan tiang sebanyak dua belas dan untuk posisinya lebih tinggi dari rumah adat Bale Manten atau lebih besar dibandingkan bangunan lain disekitarnya.

7. Rumah Adat Bali Jineng atau Klumpu

Rumah Adat Bali Jineng

Rumah Ada bali ini fungsinya adalah untuk menyimpan hasil panen berupa padi dan hasil kebun lainnya serta terdapat penyimpanan hasil panen berupa gabah di bagian atasnya. Bentuk dari rumah adat yang satu ini unik karena semua bahan atau materialnya hanya terbuat dari kayu. Posisinya dibuat lebih tinggi seperti mirip panggung dengan atap serta dindingnya ditutupi dengan jerami kering.

Itulah tadi informasi dari mengenal rumah adat Bali dan keunikannya. Rumah adat Bali pastinya memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri dan merupakan simbol kebudayaan Bali yang sangat luar biasa nilai sejarah dan keindahannya. Jika kamu berkunjung ke Bali jangan sampai lewatkan untuk berfoto di salah satu rumah adat Bali diatas tadi ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel