Punya Modal Minim tapi Ingin Buka Kafe? Ikuti Tipsnya

Tips buka kafe modal minim

Peluang yang dihadirkan oleh usaha kafe saat ini cenderung meningkat. Ada ratusan orang di setiap daerah yang ingin menghabiskan waktunya di luar rumah dengan mengunjungi kafe. Entah itu karena pekerjaan, tugas atau sekedar chit chat bersama teman. 

Jadi kafe menjadi pilihan usaha yang tepat jika kamu ingin memiliki bisnis sendiri. Tapi berapa modal yang dibutuhkan, bukannya banyak? Saat ini untuk membuka bisnis kafe kamu tak perlu khawatir dengan modal. 

Apalagi jika kamu sudah memiliki lahan pribadi yang menguntungkan untuk dijadikan tempat. Kamu tak perlu memikirkan biaya sewa, tapi bukan masalah juga jika kamu tak memiliki lahan. Beberapa tips berikut ini akan sangat membantu untuk diikuti. 

Tips Membuka Kafe Modal Kecil yang Laris Manis

Ciri khas kafe kekinian yang banyak diminati adalah soal suasana. Bagaimanapun juga kamu harus pandai mendesain kafe supaya lebih menarik. Baik itu kafe di daerah perkotaan atau pedesaan, suasana yang nyaman dan Instagramable selalu jadi incaran. 

Selain faktor kenyamanan dan desain yang menarik, beberapa tips berikut ini akan membantu kamu untuk membuka cafe dengan modal minim. 

1. Menyediakan Beberapa Pilihan Menu Lezat

Kamu tidak harus fokus pada semua menu, tapi utamakan satu atau dua menu saja yang pastinya lezat. Kamu harus mencoba untuk membuatnya dan meminta pendapat kerabat apakah menu tersebut enak. 

Menu minumanlah yang harus diutamakan seperti kopi. Kamu bisa membuat menu yang unik dengan kopi lokal tetapi buatlah racikan yang istimewa. Supaya tahu mana racikan yang enak kamu harus mencoba beberapa menu kopi di kafe lain sebagai pembanding. 

2. Pilih Supplier Kopi yang Murah tapi Enak

Saat ini ada banyak sekali supplier kopi dan untuk menekan modal kamu harus pandai mencarinya. Pertama mencari supplier yang menyediakan jenis kopi lengkap khususnya untuk menu yang akan jadi andalan. 

Kedua carilah supplier yang mudah dijangkau dengan harga murah tanpa harus memesan dalam jumlah besar. Kamu bisa mencari supplier yang masih satu kota untuk memangkas biaya pengiriman. Pastikan supplier tersebut tidak mengharuskan kamu membeli langsung dalam jumlah banyak. 

3. Tak Perlu Menggunakan Alat Mahal

Mesin kopi terkenal sangat mahal harganya yang akan menguras modal kamu. Sebagai alternatif kamu perlu melakukan survey untuk mencari manakah mesin kopi dengan harga paling murah. 

Kamu juga bisa memilih manuel brew yang bebas modal tinggi karena alatnya sangat murah. Kopi dengan manual brew juga bisa menjadi ciri khas dari kafe kamu dan coba buat racikan kopi yang enak dengan alat ini. 

4. Manfaatkan Aplikasi Kasir

Tips selanjutnya kamu tak perlu membeli mesin kasir yang mahal, cukup gunakan aplikasi kasir online untuk kafe anda dengan memanfaatkan aplikasi kasir saja dari Majoo yang bisa digunakan di tab atau smartphone. 

Aplikasi kasir kafe banyak fitur ini tentunya sangat membantu soal manajemen, bukan hanya transaksi saja. 

Kamu bisa memanfaatkan fitur stok untuk mengetahui perkembangan stok. Ada juga fitur laporan untuk tahu apa bagaimana penjualan dalam sebulan terakhir bahkan harian. Dengan begitu kamu bisa menentukan strategi pemasaran apa yang belum diterapkan. 

5. Manfaatkan Pemasaran Digital

Soal modal, pemasaran harus ikuti dipertimbangkan. Untungnya kini kamu bisa memasarkan kafe ke banyak orang tanpa harus mencetak flyer atau poster. Kamu bisa memanfaatkan sosial media, influencer dan memasang iklan. 

Modal pemasarannya sangat rendah dan kamu cukup membuat konten menarik serta unik dalam pembuatan iklan. Saat ini membuat konten cukup dengan ide dan peralatan sederhana seperti smartphone saja. Tak banyak modal yang dikeluarkan bukan?

6. Menyesuaikan Harga dengan Tepat

Jangan lupa juga untuk menetapkan harga yang pas, sesuai dengan menu yang ditawarkan dan juga lokasinya. Pastikan kamu menentukan harga yang sudah memberikan keuntungan dan sesuai target konsumen. 

Misalnya kamu memiliki target konsumen keluarga, pebisnis atau mahasiswa. Masing-masing konsumen memiliki daya beli yang berbeda dan inilah yang harus disesuaikan juga dengan jenis menu. 

Kini kamu tak akan kesulitan lagi jika keenam hal ini diikuti dengan baik. Kedepannya hanya perlu kedisiplinan dan ketekunan untuk membuka usaha agar sukses. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel