Tips dan Trik Membuat Password agar Tak Mudah Dibobol

Mau tahu apa saja informasi dunia teknologi terbaru? Kamu bisa mengunjungi situs baru BelokBelok.com. Di sini ada begitu banyak pilihan info seputar teknologi bahkan bagaimana cara menggunakan teknologi dengan bijak. 

Berbicara soal penggunaan teknologi, password adalah bagian yang kini tidak terpisahkan. Mau masuk ke laptop kamu bisa memasang password. Ingin masuk ke akun marketplace juga menggunakan password. 

Tips dan Trik Membuat Password

Password menjadi hal penting yang akan menjaga privasi terlebih sekarang banyak penggunaan e-money. Kamu tentu tak ingin isi dompet digital terkuras habis gara-gara menyepelekan penggunaan password. 

Nah supaya tak salah, ikuti bagaimana cara untuk membuat password yang baik agar tidak mudah diretas. 

Cara Mudah Menciptakan Password yang Tidak Mudah Diretas

Saat kamu akan mendaftarkan diri membuat akun email pertama kali atau akun marketplace pasti diharuskan mengisi kolom password. Pada kolom ini kamu juga dianjurkan untuk membuat password yang unik, lalu apakah password yang kamu buat? 

Jika kamu sudah terlanjur membuatnya tidak masalah, karena password bisa diganti kapanpun diinginkan. Sering mengganti password juga menjadi salah satu tindakan tepat untuk mencegah akun untuk diretas. 

Biasanya kamu akan dianjurkan untuk mengganti password satu bulan atau dua bulan sekali. Nah untuk susunan password yang tak mudah diretas kamu bisa mengikuti tips trik berikut ini dalam membuatnya. 

1. Hindari Menggunakan Informasi Pribadi

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah tidak menggunakan informasi pribadi dalam membuat password. Contohnya kamu tidak menggunakan tanggal lahir pribadi, orang tua atau keluarga lainnya. 

Apalagi angka-angka seperti nomor KTP atau nomor ponsel. Karena angka yang terdiri dari informasi pribadi sangat mudah untuk dikenali. Apalagi untuk nomor-nomor yang sangat mudah diketahui seperti angka 123456. 

2. Buat Password yang Panjang

Password juga harus panjang agar sulit ditebak setidaknya harus terdiri dari angka dan juga huruf sebanyak 6 sampai 8 karakter. Lebih banyak karakter yang kamu pilih akan semakin baik. 

Jumlah karakter ini juga yang akan menjadikan password untuk bisa disetujui dalam pendaftaran. Jika terlalu sedikit biasanya sistem akan meminta kamu untuk memasukkan karakter sesuai dengan yang sudah ditentukan yaitu 6-8 karakter. 

3. Manfaatkan Simbol Unik

Selain kombinasi dari huruf dan juga angka, password juga bisa dibuat menggunakan simbol unik. Seperti simbol plus (+) atau minus (-) bahkan sama dengan (=). Masih banyak lagi simbol yang tersedia untuk kamu gunakan. 

Hanya saja demi dapat mengingat simbol ini dengan baik sebaiknya masukan satu atau dua saja. Sehingga kamu tidak akan mudah lupa dan pastikan simbol ini mudah diketikkan. Selain itu sistem dalam situs tersebut juga menerima password yang terdiri dari simbol. 

4. Kombinasi Huruf Kapital

Satu lagi tips yang sangat membantu adalah dengan menambahkan huruf kapital. Kamu bisa membuat huruf kapital pada beberapa karakter. Karena penulisan password sangat detail, jika salah mengisi huruf kapital maka tidak akan mendapatkan akses. 

5. Jangan Gunakan Password yang Sama

Apakah kamu memiliki banyak sekali akun? Sebaiknya jangan samakan password akun satu dengan yang lainnya. Dampaknya sangat berbahaya karena akun kamu akan lebih mudah untuk diretas. 

Walaupun kamu memiliki tujuan agar lebih mudah mengingatnya tetapi justru akan membuat kerugian besar. Kamu bisa membedakan beberapa bagian seperti karakter angka atau huruf kapital agar mudah diingat. 

6. Hindari Menggunakan Kata Sandi yang Pernah Dipakai

Apabila kamu sudah rutin untuk menggunakan kata sandi, jangan pernah gunakan kata sandi yang sebelumnya sempat dipakai. Kamu mungkin ingin mudah menghafalkannya, namun jika ternyata password lama sudah sempat dibobol maka sangat berbahaya untuk akunmu sekarang. 

Oleh karena itu kamu perlu membuat password baru yang tidak mudah untuk diretas. Apabila kamu merasa kesulitan untuk mengorganisir password yang begitu banyak kamu bisa memanfaatkan aplikasi. 

Saat ini ada beberapa pilihan aplikasi pengelola password yang memudahkan kamu untuk mengingat password. Jadi semua akun yang kamu miliki akan tetap aman dengan password yang tak mudah diretas. 

Apapun akun yang perlu menggunakan password selalu perhatikan apa password yang akan dibuat. Berhati-hatilah agar akun tetap aman. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel