Wajib Paham! Ini yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil

Mobil Suzuki

Bagi Anda yang ingin membeli sebuah mobil, baik baru atau bekas, melakukan test drive adalah hal yang sangat penting.

Pasalnya, test drive ini bertujuan untuk mengecek kenyamanan dan kinerja mobil tersebut secara keseluruhan. 

Ada beberapa hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan jika ingin melakukan test drive. Tujuannya adalah agar Anda tidak asal melakukan test drive dan tidak menyesal ketika sudah membeli mobil tersebut. Nah, berikut ini 7 hal yang harus diperhatikan ketika test drive mobil. 

Lakukan Test Drive di Waktu yang Tepat 

Mengapa harus melakukan test drive di waktu yang tepat? Pengaruh waktu untuk test drive berkaitan dengan kondisi mobil secara keseluruhan, mulai dari body mobil, fitur yang ditawarkan, aksesoris, mesin, dan lain sebagainya. 

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk uji kemudi mobil? Sebaiknya, lakukan uji coba kemudi mobil pada siang hari agar detail mobil bisa terlihat dengan jelas. Namun, jika Anda ingin melihat kualitas dari lampu dan jarak pandang, sebaiknya lakukan test drive pada malam hari. 

Duduk di Bagian Belakang Setir

Duduk di bagian belakang kemudi penting untuk Anda lakukan untuk mengecek kenyamanan saat duduk di belakang setir mobil. Fungsi lainnya adalah untuk mengetahui seberapa jauh jarak pandang Anda. Selain itu, hal ini juga penting untuk mengetahui bagaimana sistem kemudi dari mobil itu.

Test drive mobil Suzuki ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk orang yang akan mengemudi mobil itu saja. Tapi, untuk para penumpang mobil tersebut. Maka dari itu, sebaiknya ajak teman atau keluarga untuk turut merasakan kenyamanan dari mobil itu ketika duduk di kursi penumpang.  

Cek Semua Fungsi Mobil

Mengecek semua fungsi mobil, mulai dari mesin, fitur-fitur, bodi mobil, dan lain sebagainya, sangat penting karena berpengaruh terhadap banyaknya pengeluaran. Jika kondisi mobil tidak dalam kondisi maksimal, maka tentu biaya perawatannya tidaklah sedikit. 

Hal tersebut sangat penting khususnya ketika Anda akan membeli mobil bekas. Ada beberapa hal penting yang harus Anda cermati ketika mengecek fungsi mobil. Pertama, cek fungsi dari kaki-kaki mobil ketika melintasi jalanan yang tidak rata. 

Selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada suara berdenyit atau bantingan yang tidak nyaman ketika membelokkan setir ke arah kiri dan kanan. 

Mengecek fungsi rem juga tidak kalah penting. Oleh karena itu, ujilah kemampuan rem mobil apakah dalam kondisi sempurna atau tidak. Terakhir, Anda juga perlu memastikan bahwa transmisi mobil tidak lemah, telat, atau berat. 

Gunakan Rute yang Sering Dilewati 

Hal wajib lainnya yang perlu dilakukan saat test drive adalah lewati lintasan atau rute yang akan sering Anda lewati. Mengapa demikian? Hal ini tentu berhubungan erat dengan kenyamanan, keamanan dan kekuatan dari mobil itu. 

Sebagai contoh, jika Anda akan sering melewati jalanan yang tidak mulus, maka lakukan test drive di jalan tersebut. 

Cek Semua Fitur & Performa Saat Parkir 

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya ketika melakukan test drive adalah cek semua fitur yang ada di mobil, khususnya fitur untuk parkir. Anda perlu mengecek semua fitur untuk parkir mobil, seperti sensor parkir, kamera parkir, blind spots. 

Selain mengecek fitur untuk parkir mobil, cek juga semua fitur-fitur yang ditawarkan mobil tersebut. Cara mengeceknya tentu dengan mencoba sendiri fitur-fitur yang sudah dijelaskan oleh sales showroom ketika melakukan test drive. 

Jika ada hal yang kurang Anda pahami atau ingin tahu lebih rinci, jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut kepada sales. Terakhir, pastikan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik, agar Anda bisa memanfaatkan fitur mobil dengan maksimal dan memuaskan. 

Harga Mobil

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah harga mobil. Setelah melakukan test drive, sudah saatnya mengambil kesimpulan tentang kenyamanan dan performa mobil. Selanjutnya, pikirkan apakah kenyamanan dan performa mobil tersebut sesuai dengan harga yang ditawarkan atau tidak. 

Agar bisa mendapatkan mobil yang sesuai, sebaiknya lakukan test drive untuk beberapa jenis mobil. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan mobil impian dengan harga yang sesuai. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel