Internet Perusahaan Tetap Stabil Dengan 3 Cara Berikut Ini!

Perusahaan

Saat ini, ketergantungan perusahaan dan bisnis terhadap akses internet semakin meningkat. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan informasi mengenai customer, pasar produk, dan persaingan bisnis membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil. Kestabilan dan kecepatan jaringan internet perusahaan juga mempengaruhi produktivitas kerja para karyawan. 

Dengan tersedianya akses untuk layanan internet yang baik, tidak hanya pihak internal saja yang mendapatkan keuntungan, tetapi para pelanggan juga mendapatkan keuntungan. Maka dari itu meskipun terlihat seperti masalah yang sepele, koneksi buruk akan sangat mengganggu aktivitas. Beberapa dampak terburuk yang dapat terjadi dari hal ini salah satunya adalah terhambatnya produktivitas kerja sehari-hari.

Untuk itu cara berikut ini adalah tips agar internet perusahaan Anda tetap stabil: 

1. Menggunakan Internet Broadband

Koneksi internet perusahaan Anda akan tetap stabil ketika menggunakan jaringan internet broadband. Dibandingkan dengan internet mobile, jaringan internet yang dihasilkan oleh internet broadband memiliki tingkat kestabilan yang lebih baik. Kondisi ini disebabkan karena internet broadband mengenakan jaringan yang tersambung dengan kabel yang disediakan oleh layanan internet atau ISP (internet service provider).

Adapun koneksi internet yang juga bergantung pada perkiraan cuaca dan keadaan lingkungan sekitar seperti internet mobile, modem dan hotspot tethering. Sehingga akses internet tersebut bisa saja terhalangi dengan gangguan cuaca, bangunan, dan lain-lain yang menghasilkan jaringan tidak stabil, dan membuat koneksinya menjadi lambat.

2. Mengatur Bandwidth Internet

Bandwidth yang disediakan oleh jaringan internet akan terkuras jika ada banyak perangkat yang secara bersamaan terhubung pada jaringan internet. Oleh karena itu, sebelum mengawali kegiatan Anda, perangkat-perangkat yang tidak terlalu penting untuk digunakan tidak perlu disambungkan pada jaringan internet. Semakin sedikit perangkat yang tersambung dengan jaringan internet yang sama, koneksi internet yang didapatkan akan semakin stabil dan cepat. 

Jika Anda tetap ingin menyambungkan perangkat pada koneksi yang sama tanpa mengganggu jaringan internet, Anda dapat membagi access point internet dan mengatur bandwidth. Misal, dengan access point khusus dan bandwidth yang memadai untuk melakukan aktivitas bisnis perusahaan Anda.

3. Menyetel Ulang Router

Pengaruh stabil dan tidaknya jaringan internet dapat disebabkan oleh router yang digunakan terus menerus. Apabila Anda merasakan koneksi dan jaringan internet mulai lambat dan lemot, coba untuk istirahatkan dengan mematikan perangkatnya dan menghidupkannya kembali.

Kemudian jika perusahaan Anda memiliki perangkat yang terpisah dari router, dicoba untuk istirahatkan juga. Kembali mengatur ulang perangkat yang terpisah dapat menarik koneksi dan jaringan perusahaan Anda ke ISP dan dengan begitu dapat membantu mempercepat dan melancarkan koneksi internet yang ada di perusahaan Anda.

Ketiga penjelasan diatas dapat mengatasi ketidakstabilan internet perusahaan Anda, dan pastinya kondisi ini dapat dicapai dengan bantuan ASTINet Telkom. ASTINet merupakan layanan akses internet dengan Dedicated Internet selama 24 jam penuh. Layanan internet dedicated ini memungkinkan perusahaan Anda untuk tetap terkoneksi & produktif meski cuaca buruk sekalipun. Level up perusahaan Anda dengan ASTINet Telkom sekarang! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel