Solusi Pemantauan Jaringan Lebih Efektif dengan Netmonk

Pemantauan Jaringan

Di era industri 4.0 seluruh perangkat yang membantu aktivitas manusia banyak yang sudah beralih dengan menggunakan teknologi canggih. Hal ini juga tentunya berlaku pada perusahaan modern yang menjunjung tinggi fleksibilitas, misalnya dengan penggunaan mode kerja jarak jauh. Jika perusahaan Anda menggunakan metode kerja tersebut, pastinya memerlukan jaringan yang stabil untuk dapat saling terhubung satu dengan yang lainnya. Untuk itu, perusahaan memerlukan pemantauan jaringan secara rutin agar kinerja perusahaan dapat berjalan secara efektif. 

Pemantauan jaringan adalah metode pengumpulan, pemrosesan, dan analisis informasi yang tersedia di jaringan komputer.. Informasi dalam pemantauan jaringan dapat diakses secara real time jika jaringan Anda berjalan optimal. Kegagalan koneksi, perangkat atau masalah seperti server yang macet atau kelebihan beban, saklar yang gagal, router yang gagal dan sebagainya dapat diatasi dengan pemantauan jaringan. Ketika adanya masalah yang terdeteksi, sistem pemantauan jaringan akan segera memberi informasi kepada administrator jaringan Anda dengan cepat. Sehingga memungkinkan Anda mencegah pemadaman sebelum terjadi.

Di masa depan telah diprediksi bahwa Cloud akan memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Selain itu tren juga selalu berganti dengan cepat sehingga perilaku pelanggan pun turut berubah. Untuk itu Pemantauan jaringan menjadi sarana yang tepat untuk menghadapi persaingan bisnis di masa depan. Berikut ini adalah alasan mengapa pemantauan jaringan penting diterapkan di masa depan.

1. Meningkatkan visibilitas jaringan ke semua perangkat yang terhubung

Pemantauan jaringan dapat meningkatkan visibilitas jaringan ke semua perangkat khususnya bagi jaringan yang sudah berbasis Cloud. Jaringan yang berbasis Cloud tersebut dapat terhubung seluruh lokasi sehingga dapat memudahkan administrator dalam mengidentifikasi masalah jaringan dengan sigap. 

2. Mengefisiensi Penggunaan Sumber Daya yang terbatas

Dengan pemantauan jaringan, perusahaan dapat memantau, menganalisis dan membuat laporan jaringan secara otomatis. Sehingga pekerjaan ini akan mengurangi beban kerja para staf IT dan berfokus pada masalah yang lebih penting. 

3. Solusi pemecahan masalah cepat dan hemat

Pemantauan jaringan dapat membantu perusahaan untuk mengetahui adanya perangkat yang bermasalah dengan cepat dan tidak perlu menghabiskan waktu lebih lama untuk mendiagnosa masalah yang ada. Selain itu, pemantauan jaringan juga dapat mengefisiensi biaya yang harus dikeluarkan perusahaan.

4. Mengidentifikasi adanya ancaman dengan cepat

Maraknya kasus ancaman siber di era digital membuat perusahaan harus menyiapkan strategi terbaik agar data-data mereka tetap aman. Dengan pemantauan jaringan, Anda dapat mendeteksi adanya serangan siber seperti lalu lintas jaringan yang tidak terduga, perangkat yang tidak dikenal dan penggunaan platform yang tidak biasa. 

5. Membantu menyusun rencana kedepan

Dalam pemantauan jaringan akan menghasilkan laporan pemantauan jaringan yang berisi suatu gambaran umum terkait statistik hasil kinerja dari seluruh komponen yang terdapat pada jaringan. Sehingga staf IT dapat melakukan analisis performa jaringan dan melakukan maintenance jaringan agar sesuai dengan kebutuhan dimasa depan.

Pentingnya perusahaan dalam memperhatikan seluruh kinerja perangkat yang digunakan akan berdampak baik pada kelangsungan bisnis di masa depan. Pemantauan jaringan menjadi salah satu cara untuk memantau semua informasi terkait perangkat secara real time dan efisien. Network Monitoring Telkom adalah solusi penyedia pemantauan jaringan terkemuka di Indonesia yang akan membantu Anda mempertahankan dan meningkatkan kinerja jaringan dengan proteksi keamanan yang terjamin. Network Monitoring Telkom mitra terbaik tingkatkan produktivitas perusahaan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel