Tips Cerdas Supaya Terhindar dari Peretasan Akun BBM

Tips Cerdas Supaya Terhindar dari Peretasan Akun BBM - Blackberry Messenger atau sering kita sebut dengan nama BBM ini merupakan salah satu aplikasi untuk mengirim pesan singkat. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan saja, namun penggunanya juga mengirim file atau data dalam bentuk foto, audio dan juga video. Seiring kemajuan teknologi, sepertinya aplikasi BBM ini sering dimanfaatkan oleh para kelompok peretas untuk mencuri data penting penggunanya dengan menggunakan berbagai macam trik. Yang mana salah satu modus peretasan yang sekarang ini sedang ramai diperbincangkan di kalangan pengguna BBM yakni peretasan dengan cara menggunakan pesan broadcast ataupun pesan masuk dari orang yang sama sekali belum anda kenali sebelumnya. 

Biasanya jenis pesan BBM seperti ini akan menyisipkan sebuah tautan link yang berisi konten-konten palsu. Dari tautan link tadi, pengguna akan diminta untuk mengetikkan alamat email dan password agar bisa masuk kedalam link tautan tersebut. Melalui tautan link tadi pengguna  akan diminta lagi untuk mengetikkan akun BBID. Untuk itu anda sebagai pengguna BBM harus lebih waspada, karena apabila anda kurang hati-hati, bukan tidak mungkin nantinya data email dan kata sandi akun anda bisa diambil oleh pengirim konten alias peretas tersebut. 

Jadi, untuk menghindari peretasan akun BBM tersebut, anda pun bisa melakukan beberapa cara untuk mengamankan akun BBM anda dari peretasan. Untuk  lebih jelasnya, langsung saja anda simak ulasannya berikut ini.
Akun BBM

Cara Cerdas Supaya Terhindar dari Peretasan Akun BBM.

1. Cara Mengamankan Akun BBM dari Peretasan.
Untuk melindungi akun BBM anda dari serangan peretas, ada dua cara yang perlu anda lakukan. Yang pertama saat mendaftarkan akun BBM, anda gunakanlah pengaturan pertanyaan untuk password pemulihan. Untuk melakukan cara ini anda tinggal masuk ke menu Settings, kemudian tulis alamat akun BBID anda, lalu buatkan pertanyaan anda sendiri yang nantinya bisa digunakan untuk password pemulihan. Lewat cara ini, walaupun akun email yang sedang anda gunakan sudah sukses dijebol, namun bisa dipastikan tidak akan berpengaruh buruk pada akun BBM milik anda tersebut.
Cara yang kedua, adalah dengan menentukan email yang ingin anda gunakan. 

Untuk melakukan hal ini, anda menuju ke akun Blackberry dan pilihkan Confirm my Email, yang tepat berada dibawahnya. Kemudian setelah itu akan masuk sebuah email yang berisi tautan. Lalu anda tinggal ikuti langkah-langkahnya. Melalui cara ini sangat membantu sekali untuk memastikan saat akun BBID milik anda dijebol oleh serbuan phishing. Jadinya anda pun bisa memulihkan akun BBID anda dengan menggunakan opsi Forgot Password.

2. Daftar BBM Menggunakan Nomor Telpon.
Jika anda merupakan pengguna baru BBM, fitur BBM yang terbaru ini bisa digunakan untuk mendaftarkan akun BBM cukup dengan memakai nomor telepon saja. Fitur ini pun saat ini ternyata sudah dapat anda gunakan diperangkat ponsel android dan iOS. Dengan memanfaatkan cara pendaftaran seperti ini dipercaya akan lebih aman dari serangan para peretas. Fitur paling baru dari BBM ini pastinya lebih bisa diandalkan baik dalam hal keamanan maupun dalam hal lainnya yang bisa merugikan pengguna pengguna BBM. Pasalnya dengan memanfaatkan nomor telpon sebagai pilihan pendaftaran akun BBM, bisa dipastikan para hacker akan sangat sulit untuk meretas akun BBM anda.

3. Jangan Pernah Mengklik Tautan Tak Dikenal di BBM.
Aplikasi BBM sendiri tidak akan pernah menyuruh penggunanya untuk menuliskan akun BBID dan kata sandi saat anda membuka tautan sebuah situs atau web.Oleh karena itu jika situs itu mengharuskan anda untuk memasukkan email dan sandi Blackberry ID milik anda, sebaiknya langsung menjauhlah dari situs tersebut, sebab itu merupakan sebuah modus yang akan digunakan oleh para peretas. 

4. Memastikan Akun BBM Anda Tidak Diretas.
Apabila anda ingin melihat apakah akun BBM milik anda tersebut menjadi korban peretasan atau tidak, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan akun non BBM untuk melakukan pengecekan. Dengan melalui cara ini anda bisa lebih memastikan alamat email dan sandi yang dipakai untuk mendaftarkan ID Blackberry tersebut sudah benar.

Beberapa cara mengamankan akun BBM dari peretasan yang sudah kami sampaikan diatas pastinya sangat membantu anda semua para pengguna BBM agar bisa terhindari serangan para hacker. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel