Cara Melegakan Internal Storage Yang Mulai Penuh di Android

Internal Storage Android Penuh

Di zaman yang serba canggih ini, smartphone sangat mustahil cukup dengan kapasitas penyimpanan internal storage dibawah 16 GB. Hal ini disebabkan karena resolusi dari kamera smartphone yang besar akan membuat ukuran file nya lebih besar juga, dengan banyaknya data yang ditampung diantaranya dokumen, multimedia, file, file sampah dan cache. Hal ini tentu saja akan membuat produsen smartphone sangat memperhatikan pada kapasitas penyimpanan internal smartphone yang di produksinya.

Untuk saat ini, banyak dari smartphone yang sudah tidak menerapkan slot  memori eksternal dikarenakan untuk membuat smartphone lebih compact seperti halnya Samsung Galaxy Note 5 dan berbagai perangkat iPhone yang memang tidak pernah memiliki slot memori eksternal. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk melegakan kapasitas storage yang mulai penuh.

Cara Mengurangi Internal Storage Smartphone
Khusus untuk kamu yang memiliki smartphone dengan slot memori eksternal, sebaiknya kamu bisa memaksimalkannya dengan menggunakan slot tersebut. Kamu bisa menggunakan memori eksternal dengan kapasitas 16GB, 32 GB, 64 GB dan masih banyak lagi lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk urusan memori eksternal sebaiknya kamu harus memperhatikan kelas dari memori eksternal tersebut, karena semakin tinggi kelas yang digunakan maka akan semakin tinggi pula kecepat an transfer data yang bisa kamu gunakan. Untuk mempermudah pemindahan aplikasi android ke memori eksternal bisa menggunakan Link2SD.

1. Memindahkan Data ke Cloud Storage

Cloud Storage merupakan sebuah tempat penyimapanan yang menggunakan sebuah akun tertentu pada server milik aplikasi tertentu misalnya saja Google Drive, OneDrive, Dropbox dan masih banyak lagi lainnya. Hanya dengan cara membuat akun, kamu akan mendapatkannya secara gratis penyimpanan awan dengan kapasitas tertentu dan bisa memperbesar ruang storage tersebut dengan cara membayarnya. Keuntungan dari Cloud Stroge adalah tidak perlu lagi pusing untuk tempat penyimpanan dan bisa diakses dari perangkat lain dengan menggunakan akun yang sama. Mungkin di Indonesia kendalanya adalah pada kualitas internet yang mahal dan lambat.

2. Membersihkan file cache dan sampah yang tidak diperlukan

Setelah kamu melakukan browsing, menggunakan media sosial seperi facebook, instagram, path dan masih banyak lagi lainnya biasanya hal ini akan meninggalkan sebuah file cache yang berguna untuk kamu dapat membuka kembali browser maupun aplikasi tersebut tidak perlu lagi untuk loading karena sudah ada file cache. Meskipun ukuran dari cache dan file sampah yang dihasilkan tergolong kecil namun karena jumlah yang banyak akan membuat internal storage kamu menipis dan sesak. Sebaiknya kamu harus secara rutin membersihkan file cache dan file sampah melalui cleaner misalnya saja Ccleaner for Android maupun Clean Master.

Mudah-mudahan cara diatas bisa membantu kamu yang cari cara mengatasi internal androidnya sudah penuh sehingga tidak bisa menginstall aplikasi dari playstore. Demikian tadi cara untuk melegakan internal storage yang mulai penuh di android semoga bermanfaat informasinya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel