5 Teknologi Ini Diklaim Mampu Menangani Penyebaran Virus Corona

5 Teknologi Ini Diklaim Mampu Menangani Penyebaran Virus Corona - Kemajuan dan perkembangan tekonologi sekarang ini sangat banyak membawa dampak baik, yaitu  dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positifnya bagi manusia adalah membantu manusia dalam menangani permasalahan kehidupan dari berbagai bidang seperti bidang ekonomi dan industri, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Sedangkan pada dampak negatifnya adalah manusi jadi lebih bergantung kepada alat-alat teknologi, dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi sehingga merugikan orang lain dan lain-lainnya. Sehingga sekarang ini banyak negara mendirikan perusahan teknologi untuk memenuhi kepentingan negara bertujuan negara tersebut menghasilkan alat-alat teknologi yang mampu membantu negara dalam hal kemajuan positif.

Saat ini perusahaan teknologi kesehatan sedang memanfaatkan kemajuan teknologi yang bisa membantu mengatasi berbagai permasalahan dengan menciptakan inovasi baru agar menghambat penyebaran dari virus corona atau covid 19 yang sekarang ini lagi mewabah di berbagai negara belahan dunia.

Teknologi Menangani Corona
5 Teknologi Ini Diklaim Mampu Menangani Penyebaran Virus Corona
Perkembangan yang begitu cepat dari virus covid19 biasanya menyebar melewati kontak fisik secara langsung ataupun melalui perantara benda-benda mati yang bisa ditempati oleh virus covid 19. Oleh karena itu diharapkan kita untuk selalu mengikuti intruksi dari pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona ini, seperti yang diberitakan melalui media televisi dan media elektronik lainnya.

Apalagi dengan adanya laporan informasi jumlah positif, ODP(Orang Dalam Pemantuan) dan PDP(Pasien Dalam Pengawasan) yang juga bertambah membuat kita untuk semakin menjaga diri dan mempertahankan kebugaran tubuh tentunya sambil menunggu vaksi atau obat untuk virus covid 19 ini.
Berdasarkan informasi dari data perusahaan analisis Global Data telah menyebutkan ada lima teknologi yang bisa digunakan dalam mengantisipasi penyebaran virus corona yaitu diantaranya sistem AI (Artificial Intelligence), robot sterilisasi, pemrosesan klaim, pengiriman lewat udara dan chatbot atau robot percakapan.

Teknologi Yang Dinilai Mampu Menangani Wabah Virus Corona


1. Sistem AI (Artificial Intelligence)

Artificial Intelligence
Sistem kecerdasan buatan atau AI merupakan sistem yang dirancang dan mampu mengindentifikasi wabah penyakit serta memperkirakan sifat penyebarannya. Sistem ini menggunakan algoritma untuk menganalisisnya. Dengan sistem AI bisa mengidentifikasi virus covid 19 melalui sifat dan cara penyebarannya.

Kecerdasan buatan (AI) ini bekerja mengidentifikasi perbedaan gambar antara pneumonia yang terinfeksi virus corona yang dicurigai, sedikit dicurigai dan pneumonia yang tidak terinfeksi covid 19 dalam 20 detik dengan tingkat akurasi mencapai 96%.

Dengan demikian algoritma yang digunakan pada kecerdasan buatan ini bisa menjelajahi jaringan penyakit serta mengumpulkan data guna memprediksi wabah ataupun pandemi virus covid 19 tersebut.

2. Robot Sterilisasi

Robot Sterilisasi
Robot sterilisasi sangat membantu rumah sakit dalam menghindari kontak langsung dengan ruangan-ruangan yang masih terdapat virus seperti bangsal-bangsal karantina. Dari pengembang robot medis asal China Tmirob juga telah mengerahkan 10 robot dalam disinfeksi rumah sakit besar di Wuhan agar bisa menahan penyebaran virus covid 19 ini.

Kedepannya robot sterilisasi ini bisa dikembangkan untuk menggantikan peran manusia dalam memberikan cairan disinfektan di daerah yang diidentifikasi terdapat wabah virus covid 19 ini. Sehingga membantu manusia tidak terjangkit langsung dengan penyebaran virus mematikan tersebut.

3. Pemrosesan klaim (claims processing)

blockchain
Yaitu layanan berbasis blockchain yang juga dapat membantu  rumah sakti mengefisiensikan waktu pekerjaan bersifat administrasi tentunya. Ini merupakan teknologi yang menawarkan berupa platform blockhain yaitu dapat mempercepat pemrosesan dan mengurangi tatap muka ditengah berjangkitnya novel coronavirus (Covid 19) tersebut. Pengertian blockchain dari wikipedia bisa baca disini block chain.

4. Pengiriman lewat udara

drone
Pengiriman lewat udara disini maksudnya adalah teknologi drone (pesawat tanpa awak). Ya siapa yang tidak mengenal drone dan ini merupakan salah teknologi canggih yang dapat digunakan dalam membantu mengiriman kebutuhan medis rumah sakit seperti obat-obatan, peralatan media dan lain-lainnya tanpa harus kontak langsung dan berguna untuk mengurangi terjangkitnya penyebaran virus corona.

Selain itu melalui udara juga teknologi drone mampu membantu menyemprotkan cairan desinfektan diwilayah penyebaran virus. Sehingga memudahkan dalam mengantisipasi dan menangani beberapa daerah penyebaran virus covid 19.

5. Chatbot (Robot Percakapan)
Robot Percakapan

Chatbot juga merupakan teknologi yang mampu menangani wabah penyebaran virus corona dengan menjadi penyedia informasi yang tepat selama wabah virus corona sedang berlangsung. Di Jepang telah meluncurkan chatbot yang bernama Bebot yang bertugas memberikan informasi terbaru tentang wabah virus corona dan sekaligus bisa diakses melalui smartphone dan bisa tanya jawab seputar masalah covid 19 mulai dari tentang gejala, tindakan pencegahan serta prosedur perawatannya.

Bahkan perusahan Huawei juga sudah menggunakan chatbot ini untuk menyaring informasi asli dan hoax tentang virus corona sehingga jika terjadi berita hoax maka otomatis chatbot ini bisa memfilternya dan membantu informasi penting ditengah beredar wabahnya virus corona atau covid 19 ini.

Ituladi tadi informasi tentang 5 Teknologi Ini Diklaim Mampu Menangani Penyebaran Virus Corona. Oleh karena itu teknologi seperti ini bisa meminimalisir penyebaran virus corona atau covid 19 ini. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan, perbanyak minum air putih, makan ikan, sayur dan buah buahan, berjemur dibawah sinar matahari, serta rajin olah raga dirumah, dan juga hindari stress agar daya tahan tubuh tetap terjaga tentunya.

Silakan share atau bagikan artikel ini supaya informasi ini dapat lebih bermanfaat lagi tentunya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel