Beberapa Manfaat Dari Memelihara Kucing di Rumah Yang Perlu Kamu Ketahui

Mempunyai hewan kesayangan merupakan suatu hal yang menarik dari setiap pribadi masing-masing orang tentunya. Salah satunya adalah memelihara hewan yang sangat jinak yaitu kucing, siapa yang tidak kenal dengan karakter hewan kucing yang sangat imut dan menggemaskan, apalagi kalau kucing tersebut sangat sehat, gemuk dan lebat bulunya. Tentunya yang suka ataupun hobi dengan memelihara hewan kucing akan selalu memperhatikan kemana-mana hewan peliharaannya tersebut.

Secara umum yang kita ketahui memelihara kucing dirumah adalah salah satu hal yang wajar dan banyak dilakukan oleh kebanyakan orang tentunya. Apalagi memelihara kucing ini ada banyak jenis yang bisa dipelihara dirumah sebagai kucing peliharaan favorit seperti jensi kucing Persia, Exotic Shorthair, Abyssinian, Burmese, Maine Coon, Russian Blue dan lain sebagainya. 

Tentunya jenis dari masing-masing kucing tersebut mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Contohnya kucing persia yang memiliki sifat yang sangat ramah, badannya yang gemuk, wajah chubby dengan model bulu-bulu yang panjang, lebat dan cantik membuat kita merasa terhibur dirumah.

Memelihara Kucing di Rumah
Beberapa Manfaat Dari Memelihara Kucing di Rumah
Melalui tingkah lucu kucing inilah biasanya orang menjadikan hewan jinak ini sebagai salah satu bagian hobi dalam memelihara kucing dirumah, dan hampir sebagian orang juga menjadikan kucing sebagai teman penghibur dirumah karena bisa dibilang, untuk merawat kucing ini tidak memerlukan banyak biaya tetapi hanya perlu menyediakan kandang, makanannya dan vitamin serta perawatannya. 

Terkadang ada juga sebagian orang yang mengatakan bahwa memelihara kucing dirumah berdampak tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya bisa menyebarkan penyakit toxoplasmosis yang disebabkan oleh akibat parasit umum pada kotoran kucing dan makanan yang terkontaminasi. Dan kondisi seperti ini bisa menyebabkan wanita sedang hamil terkena komplikasi khusus terutama pada sistem kekebalan tubuh wanita tersebut menjadi lemah dimulai dari sakit otot, demam, sakit kepala, radang tenggorokan dan sebagainya.

Namun, itu bukanlah menjadi salah satu fakfor yang menjadikan orang jadi malas bahkan tidak mau sama sekali untuk memelihara dan merawat kucing dirumahnya. Kuncinya agar kucing dirumah tetap sehat dan nyaman adalah dengan rajin ataupun rutin membersihkan dan merawat kucing tersebut mulai dari memandikan secara teratur, sikat bulu kucing secara rutin, dan perhatikan makanannya dan lain sebagainya.

Jadi, bagi sebagian orang yang masih belum tahu apa manfaat dari memelihara hewan kucing dirumah, silakan simak informasi dibawah ini supaya kamu lebih paham lagi tentunya.

1. Memelihara Kucing Dapat Menghilang Stress
Apa mungkin memelihara kucing dirumah dapat menghilangkan rasa stress? Jawabannya tentu bisa, alasanya karena hewan kucing memiliki sifat jinak dan lucu otomatis akan banyak waktu kita sebagai pemilik kucing untuk bermain-main dengan hewan peliharaan kita tersebut. Adanya aktifitas bermain dan bermanja-manja dengan kucing akan melepas sebuah hormon oksitosin yaitu suatu hormon untuk menciptakan rasa tenang dan rileks pada anggota tubuh kita.

2. Menghilangkan Rasa Kesepian
Bayangkan jika kamu mengalami rasa kesepian sendiri dirumah, tentunya ada hewan kucing peliharaan ini bisa membantu kamu dalam menghilangkan rasa sepi. Kamu bisa membawa kucing peliharaan tersebut berjalan-jalan atau sekedar bermain untuk melihat kelincahan, kepintaran serta memeluk dengan gemas kucing peliharaan tersebut, bahkan kamu bisa melakukan selfie bersama kucing kesayangan kamu sambil upload ke media sosial kamu tentunya. Rasa seperti ini otomatis akan menghilangkan rasa kesepian yang kamu alami dirumah tentunya.

3. Membantu Menjaga Lingkungan Rumah
Selain jinak, ternyata kucing juga mempunyai sifat pemburu yang handal dirumah. Tetapi sebagian kucing pasti bisa melakukan hal ini yaitu memburu setiap tikus yang masuk ke dalam rumah. Dengan begitu hewan peliharaan kucing yang ada dirumah akan selalu waspada ketika ada hewan asing yang masuk seperti tikus atau serangga lainnya.

4. Memelihara Kucing Baik Untuk Kesehatan Jantung
Bagaimana caranya memelihara hewan peliharaan seperti kucing dapat memberikan efek kesehatan bagi jantung? Jawabannya adalah biasanya memelihara hewan peliharaan yang kita sayangi dan pelihara dengan baik akan menimbulkan efek menyenangkan yang positif bagi pikiran pemeliharanya, seperti membelai kucing ataupun dengan mengelusnya dengan gembira. Secara tidak langsung efek ini akan menjauhkan kita dari resiko serangan jantung tentunya.

5. Membantu Menjadi Alarm di Pagi Hari
Memelihara kucing dirumah sebagai hewan kesayangan secara tidak langsung akan memberikan sebuah kepekaan antar sesama pemelihara dan hewan peliharaan tentunya. Misalnya disaat pagi biasanya kucing akan mencari keberadaan kamu terutama diruangan kamar, secara tidak langsung kucing tersebut akan naik ke tempat tidur serta menggaruk-garuk bagian rambut kamu yang tandanya si kucing ingin membangunkan kamu untuk bermain bersama-sama atau bisa jadi kucing merasa kelaparan sehingga membutuhkan kamu untuk memberikan makanan dari hewan peliharaan tersebut.

Sebenarnya banyak manfaat dari memelihara hewan peliharaan seperti kucing diatas tadi, kamu juga bisa memelihara kelinci, burung, ikan dan sebagainya, namun kalau hewan yang satu ini yaitu kucing merupakan hewan yang sangat mudah kita temui dan menjadi salah satu hewan kesayangan yang bisa menjadi teman dalam menemani kegiatan sehari-hari kamu dirumah.

Jangan lupa untuk selalu merawat dan memelihara hewan kesayanganmu dengan baik, karena hewan itu adalah ciptaan Tuhan jadi perlakukanlah dengan baik dan penuh kasih sayang. Jangan lupa menjaga kebersihan agar hewan peliharaan, kamu dan lingkuran rumah tetap bersih dan sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel