Inilah 5 Cara Mengatasi Flashdisk Yang Minta Di Format Terus Menerus di Komputer atau Laptop

Flashdisk adalah tempat penyimanan data yang bersifat eksternal yang berbeda dengan harddisk yang merupakan tempat penyimpanan internal yang terdapat didalam perangkat komputer/pc. Keunikan dari penyimpanan data dari flashdisk adalah bentuk fisiknya yang kecil dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar serta bersifat portable. Bahkan banyak orang menggunakan flashdisk untuk menyimpan dan membackup segala jenis file atau data penting dari komputer/ laptop.

Tapi pernahkah kamu mengalami kejadian seperti ini, awalnya flashdisk yang kamu gunakan berjalan secara normal beberapa yang hari lalu,  tapi ketika kamu ingin memasukan flashdisk ke port usb laptop/komputer, tiba-tiba muncul pesan error dikomputer dengan pesan “You need to format disk in drive F:before you can use it”. Do yo want to format it?.
Flashdisk Minta Format Terus Menerus
Flashdisk Minta Di Format Terus Menerus
Atau ketika sedang habis menyalin file dari komputer ke flashdisk, tiba-tiba flashdisk minta format. Dan akhirnya flashdisk kamu tersebut sama sekali tidak bisa diopen/buka di dalam komputer.  Apalagi kalau didalam flashdisk itu ada banyak data-data penting yang kamu butuhkan rupanya flashdisk minta format tentunya membuat pusing kepala, soalnya admin pernah juga mengalami hal yang sama.

Ada beberapa penyebab dari masalah flashdisk minta format terus-menerus. Berikut penyebabnya :
  1. Komponen Rusak : Hal yang menyebabkan komponen didalam flashdisk ini rusak seperti jatuh, terkena percikan air, tertindih, dan lain sebagainya. Ini bisa merusak komponen yang ada didalam flashdsik sehingga muncul pesan minta format.
  2. Terkena Virus : Kalau flashdisk pernah sembarangan di tancapkan di komputer/laptop yang bervirus alhasil flashdisk terserang virus, pesan format ini muncul akibat diserang oleh virus dari komputer/laptop yang ada virusnya.
  3. Proses copy/vaster tidak berjalan sempurna : Penyebabnya bisa jadi, sewaktu kamu sedang menyalin/copy file dari komputer tiba-tiba aliran listrik mati, akhirnya flashdisk menjadi error. Atau yang paling seringnya adalah jarang melakukan eject flashdisk setelah siap digunakan.
Penyebab-penyebab diatas mungkin pernah terjadi pada flashdisk kamu, sehingga harus cepat-cepat diperbaiki agar data-data didalam flashdisk bisa terselamatkan. Untuk membantu teman-teman yang mengalami flashdisk minta format terus-menerus, silakan perhatikan caranya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Minta Di Format

Berikut cara memperbaiki flashdisk kamu yang selalu minta di format terus-menerus :

1.Format Flashdisk
Yang pertama dilakukan adalah dengan memformat flashdisk itu sendiri. Munculnya pesan format ini mengharuskan kamu melakukan format, berikut caranya :
  • Masukkan Flashdisk kedalam port USB laptop/komputer.
  • Silakan Klik Kanan di Drive Flashdisk  >> Kemudian klik Format.
    Format flashdisk
  • Silakan setting drive menjadi FAT32 dan setelah itu klik Format.
    Format Flashdisk di Laptop
  • Tunggu sampai proses format selesai dan setelah itu cabut flashdisk dari port USB
  • Silakan colokkan kembali Flashdisk ke port USB komputer
  • Selesai.

2. Melakukan Format Lewat CMD
Selain memformat flashdisk seperti cara diatas, format melalui CMD (Command Prompt) juga bisa dilakukan sekaligus untuk repair pada flashdisk. Cara melakukan formatnya seperti berikut :
  • Silakan buka CMD dengan cara tekan tombol keyboard Windows + R >> ketikkan CMD >> klik OK.
    Run CMD di Laptop
  • Kemudian ketikkan perintah berikut CHDSK[Driver Flashdisk]/R dan Enter. Contohnya begini >> CHDSK F:/R dan tekan Enter >> Tunggu prosesnya.
    Perintah CHDSK
  • Kemudian setelah proses selesai, silakan cabut flashdisk dan colok kembali ke port USB laptop/komputer.
  • Kalau tidak ada muncul pesan format maka sudah berhasil.

Perhatikan : perintah pada /R ini berfungsi untuk melakukan Repair dan /F untuk Format. Misalnya ingin melakukan format saja, masukkan perintah seperti ini : CHDSK F:/F

3. Melakukan Check Disk
Selanjutnya kamu juga bisa memformat flashdisk dengan check disk. Fungsi check disk ini adalah untuk menemukan permasalahan yang error pada flashdisk dan memperbaiki kesalahan pada flashdisk. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Klik kanan pada Drive Flashdisk dan klik  Properties
    Properties Flashdisk
  • Kemudian tab Tools >> dan klik Check.
    Check Drive Flashdisk
  • Selanjutnya klik Scan and repair drive dan tunggu prosesnya sampai selesai.
    Scan and repair drive

4. Melakukan Low Level Format
Jika dari cara format flashdisk diatas belum berhasil, maka selanjutnya adalah dengan mencoba melakukan low level format pada flashdisk. Low lever format ini berguna untuk menghapus semua isi data yang terdapat didalam flash disk sampai ke akar-akarnya hingga sampai bersih. Nantinya isi flashdisk yang di low format akan tampak seperti flashdisk baru. Selain flashdisk low level format bisa juga digunakan untuk memformat harddisk supaya jadi normal lagi tentunya. Disini kita menggunakan program bernama HDD Low Level Format Tool, yang berguna memperbaiki bad sector pada drive flashdisk dan harddisk. Cara memformat flashdisk dengan low level format berikut ini :
  • Silakan unduh program HDD Low Level Format search dari google bisa langsung ke link ini (http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/)
  • Install dan jalankan program HDD low level format di komputer/laptop
  • Setelah program terbuka, maka pada program tersebut akan menampilkan semua disk drive yang terdeteksi oleh program HDD low level format ini.
  • Pilih Flashdisk kamu yang mau diformat dan jangan sampai salah pilih setelah itu klik Continue
    HDD Low Level Format
  • Kemudian pilih LOW LEVEL FORMAT  dan klik FORMAT THIS DEVICE dan Yes.
  • Tunggu sampai proses selesai sampai 100%
  • Selesai.

5. Mencolokkan Flashdisk di Port USB Komputer/Laptop Lain
Biasanya komputer atau laptop akan mendeteksi setiap perangkat USB yang masuk. Kemungkinan jika komputer/laptop mengalami masalah kesalahan pada instalasi driver, kemungkinan bisa jadi penyebab munculnya informasi flashdisk minta diformat. Jadi cobalah untuk mencolokkan flashdisk ke port USB di komputer atau laptop orang lain guna memastikan flashdisk berfungsi dengan normal.

Masalah yang terjadi pada flashdisk yang minta format terus menerus ini memang bukan hal yang gampang ataupun susah untuk diperbaiki. Setidaknya langkah-langkah diatas bisa membantu kamu dalam memperbaiki flashdisk minta format tersebut. Mudah-mudahan cara diatas bisa menyelesaikan permasalah pada flashdisk teman-teman.

Demikianlah informasi Inilah 5 Cara Mengatasi Flashdisk Yang Minta Di Format Terus Menerus di Komputer atau Laptop. Semoga dapat membantu ya. Good Luck!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel