Penyebab Gagal Daftar Kartu Prakerja dan Solusinya! Upload KTP & Selfie Dijamin Bisa

Program kartu prakerja ini menjadi sasaran bagi para pencari kerja, seperti yang disampaikan oleh pemerintah bahwa program kartu prakerja ini adalah sebuah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja dan atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Nah, kemarin admin sudah membuat informasi mengenai tutorial daftar kartu prakerja namun ada kendala yang terjadi kepada teman-teman sewaktu mendaftar, yang namanya website prakerja.go.id pasti mempunyai kapasitas atau daya tampung yang kurang besar untuk menampung para pendaftar prakerja yang ada di seluruh Indonesia ini. Apalagi mengingat semakin banyaknya orang-orang yang datang mengakses website tersebut alhasil situs prakerja.go.id tidak mampu menampung semuanya dan terjadilah error.

Gagal Daftar Kartu Prakerja
Gagal Daftar Kartu Prakerja
Disaat seperti ini memang tidak bisa dipungkiri daya tampung situs prakerja tidak dapat menampung para pendaftar dalam jumlah yang banyak. Sehingga alternatifnya adalah dibuat gelombang untuk setiap pendaftaran prakerja. Disamping itu para pendaftar prakerja juga harus terus memantau situs tersebut guna mendapatkan informasi terupdate dari pemerintah mengenai kartu prakerja ini.

Berikut penyebab gagal daftar kartu prakerja dan solusinya seperi dibawah ini:

  1. Tidak dapat email verifikasi, biasanya pada saat kamu memasukkan email sewaktu mendaftar akan ada email baru masuk ke email yang telah terdaftar, jika tidak ada silakan untuk dicek pada email SPAM, jika tidak ada juga maka silakan tunggu beberapa saat sambil cek terus email masuk dan SPAMnya.
  2. Error atau Tidak bisa login dan akan muncul informasi maaf mencoba lagi atau lain kali, biasanya server terlalu berat karena banyak orang yang login atau akses kesana, jadi memang harus mencoba tengah malam karena agak sepi, jadi silakan mencoba mendaftarkan pada jam tengah malam agar lebih mudah dan sukses pada saat mendaftar.
  3. Error pada saat memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) di KTP, berarti ada masalah dengan KTP kamu jadi mungkin harus pergi kantor camat untuk mengecek lebih pastinya.
  4. Error Upload KTP dan Foto selfie KTP, untuk solusinya masalah error foto KTP ini, foto KTP kamu sudah berformat JPG atau PNG, dan usahakan ukuran size atau ukuran file sebesar 100KB guna memudahkan proses uploadnya. Begitu juga dengan foto selfie KTP harus jelas dan ukurangambar/fotonya tidak melebihi kapasitas 2MB. Cara paling mudah untuk mengecilkan ukuran gambar foto KTP dan selfie KTP di hape kamu :
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian kirim foto KTP atau selfie KTP ke teman kamu lewat WhatsApp
  • Otomatis WhatsApp akan mengecilkan ukuran file foto yang telah kamu kirim tadi.
  • Setelah itu silakan kirim balik lagi foto tersebut ke WhatsApp kamu dan otomatis file fotonya menjadi kecil
  • Silakan unduh atau download foto dari WhatsApp yang telah dikirim balik oleh teman kamu tadi. Jika masih belum silakan dicrop dikit saja melalui galeri foto di hape kamu dan mudah-mudahan dapat membantu kamu untuk upload foto KTP dan Selfie KTP di situs prakerja.go.id dan kalau ingin belajar bagaimana cara mengecil foto di android ataupun di komputer bisa baca disini cara mengecilkan ukuran file gambar.
Jadi intinya teman-teman harus bisa mengecilkan ukuran fotonya dan tidak mengurangi kualitas foto KTP dan selfie KTP anda.  Setelah mengupload itu biasanya semuanya sudah lancar dan kalian akan mendapatkan tes motivasi dan kemampuan dasar dan matematika. Jika kurang mampu di tesnya silakan ajak teman atau saudara yang baru lulus sekolah dan kuat bidang matematika agar kamu terbantu dalam menjawab setiap tes tersebut.

Setelah melakukan tes, kalian akan bisa mendaftar untuk bergabung di gelombang mana yang kalian mau, jadi setiap minggu akan ada gelombang baru dan akan dievalusi setiap minggunya, jadi jika kalian gagal di evaluasi atau gagal masuk untuk mendaftar pada minggu ini, kalian bisa mencoba lagi di minggu depan. Setelah terevaluasi dan mendapatkan kartu prakerja tesebut, selamat kalian akan mendapatkan secara langsung sebesar 1 juta rupiah voucher belajar online di beberapa marketplace.

Oke sekian dulu informasi tentang penyebab gagal daftar kartu prakerja dan solusinya, mudah-mudahan informasi ini dapat membantu teman-teman yang akan mendaftar kartu prakerja di gelombang berikutnya. Silakan share kepada teman-teman kalian agar lebih membantu lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel