5 Tips Cara Merawat Kabel Data HP Agar Selalu Awet dan Tidak Cepat Rusak

5 Tips Cara Merawat Kabel Data HP - Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita mengabaikan bagaimana cara merawat kabel data HP yang baik, agar tetap berfungsi dengan normal serta aman digunakan. Ada banyak kesalahan penggunaan yang mengakibatkan kabel data HP menjadi rusak, terkelupas, putus bahkan sering putus-putus saat digunakan untuk mengecas HP.

Beberapa kesalahan yang mengakibatkan kabel ini rusak, sebenarnya dapat dihindari. Kabel data ini merupakan salah satu bagian komponen penting untuk mengalirkan  daya listrik ke gadget HP kita masing-masing.

Sebenarnya kabel data ini sangat perlu sekali diperhatikan, mengingkat kabel data yang telah rusak tidak sangat sulit untuk diperbaiki. Untuk mengganti kabel data yang rusak mengharuskan kita untuk membeli kabel baru yang sesuai dengan aliran arus listrik yang diterima oleh smartphone itu sendiri.

Tips Cara Merawat Kabel Data HP
5 Tips Cara Merawat Kabel Data HP Agar Selalu Awet
Perlu diperhatikan untuk mengganti kabel rusak dengan membeli kabel yang baru sangat perlu memperhatikan kualitas dan daya pengantar arus yang bisa dialiri oleh kabel data itu sendiri. Karena sekarang ini banyak sekali jenis kabel data yang mempunyai kualitas yang sama dengan kabel data bawaan dari HP kalian masing-masing.

Untuk menjaga pengisian daya listrik melalui kabel data tetap aman dan normal, maka kali ini admin mau membagikan tentang 5 tips cara merawat kabel data HP agar tetap awet dan tidak cepat rusak seperti dibawah ini.

Cara Merawat Kabel Data HP Agar Tidak Cepat Rusak


1. Menggulung Kabel Dengan Benar 

Cara menggulung kabel data
Untuk merawat kabel data agar tetap berfungsi dengan baik dan normal, maka setelah selesai menggunakannya, ada baiknya gulunglah kabel data itu dengan baik dan benar. Banyak terjadi kesalahan yang diakibatkan dari menggulung kabel dengan sembarangan akibatnya kabel listrik yang ada didalam kabel bisa putus dan akhirnya kabel tidak berfungsi untuk mengisi daya listik ke baterai HP.

Selain itu kejadian yang paling sering terjadi adalah melipat kabel data dengan tidak memperhatikan arah gulungan kabel sehingga kabel tertekuk atau kusut. Akibatnya susunan dalam kabel menjadi bengkok, sehingga resiko kabel rusak pun menjadi sangat besar.

Baiknya, setelah habis digunakan untuk mengisi daya listrik HP kamu, silakan gulung dengan benar yaitu caranya dengan gulung kabel dengan bentuk melingkar dan usahakan jangan sampai kabel tertekuk/berlipat, kemudian gulung dengan baik dan rapi sambil di ikat dengan karet atau tali khusus untuk pengikat kabel data.

2. Menghindari Jangan Sampai Kabel Data Tertarik

Tips cara merawat kabel data HP
Untuk membuat kabel data tetap aman dan normal digunakan sewaktu mengecas HP, baiknya hindari kabel dari tarikan, biasanya ini sering terjadi sewaktu lagi mengecas HP sambi digunakan tanpa disadari ujung kabel bisa tertarik dan mengakibatkan kabel koyak dan tidak bisa digunakan.

Ujung-ujung kabel ini sangat mudah putus jika terlalu sering tertarik pada saat digunakan. Oleh karena itu hindarilah kabel data kamu dari tarikan yang mungkin tanpa disadari kita lakukan tentunya.

3. Memasang Pelindung Tambahan (Cable Protector)

cara melindungi kabel data
Pelindung tambahan ini fungsinya sangat bagus untuk melindungi kabel data Hp dari lekukan atau tekukan. Ada banyak pelindung kabel yang bisa kamu temukan di luar sana tentunya dengan harganya juga tidak terlalu mahal.

Pelindung kabel ini biasanya disebut cable protector yang dikhususkan untuk melindungi permukaan kabel dan bagian dalam kabel tentunya. Kamu bisa menggunakan pelindung kabel ini untuk mencegah kabel dari kerusakan yang diakibatkan dari lilitan, tekukan dan tarikan terhadap kabel data tersebut. Tentunya ini bisa membuat kabel data tetap awet dan bisa digunakan seterusnya dengan normal.

4. Jangan Digunakan Pada Saat Sedang Charging

tips merawat kabel data Hp agar awet
Hal paling sering dilakukan adalah menggunakan kabel data Hp sambil mengecas ke daya listrik. Justru ini sering kita tidak sadari bisa membuat kabel data menjadi mudah merenggang dan putus. Tidak hanya itu HP pun bisa ikut rusak tentunya.

Jadi ubahlah pola menggunakan kabel data pada saat sedang charging, jika lama kelamaan hal ini sering terjadi, bisa mengakibatkan kabel data mempunyai umur yang tidak lama. Oleh karena itu janganlah menggunakan Hp sambil di charging untuk menghindari korslet yang di akibatkan dari kabel ataupun dari charger Hp itu sendiri.

5. Simpan Kabel Data di Tempat Yang Aman

Cara Merawat Kabel Data HP
Untuk menjaga kabel tetap berfungsi dengan baik serta awet pada saat digunakan, silakan simpan atau letakkan kabel ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Pastikan juga kamu menyimpan kabel diruangan yang mempunyai suhu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Silakan buat tempat khusus untuk meletakkan kabel data kamu agar lebih rapi dan serta mudah dibawa kemana-mana sesuai yang kamu inginkan. Atau kamu bisa mencari tempat penyimpanan kabel data Hp di marketplace atau toko online terpercaya untuk menyimpan semua kabel data Hp dengan baik dan aman tentunya.

Itulah tadi beberapa usaha yang perlu kamu lakukan agar kabel data kamu tetap awet dan tidak cepat rusak saat digunakan. Semoga tips cara merawat kabel data ini bisa memberikan manfaat kepada kamu semua yang membaca artikel ini ya. Jangan lupa share atau bagikan informasi ini supaya teman-teman kamu juga tahu tentang tips ini. Terima kasih dan selamat mencoba. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel