Mengenal Apa Itu Kelenjar Tiroid dan Penyebab Penyakit Tiroid

Apa Itu Kelenjar Tiroid – Kelenjar tiroid atau salah satu dari kelenjar endokrin pada tubuh manusia yang berbentuk seperti mirip kupu-kupu di tenggorokan adalah sebuah kelenjar yang menghasilkan sebuah hormon tiroksin yang fungsinya untuk memelihara dan menjaga tingkat metabolisme didalam tubuh manusia.

Adanya hormon tiroksin yang dihasilkan dari kelenjar tiroid ini tentunya akan membantu mengatur metabolisme lemak serta karbohidrat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Sedangkan ukuran dari kelenjar tiroid memiliki lebar sekitar 5 centimeter dan memiliki berat sekitar 20 hingga 60 gram dan dapat ditemui pada bagian depan leher yaitu sedikit di bawah laring.

Apa Itu Kelenjar Tiroid
Mengenal Apa Itu Kelenjar Tiroid dan Penyebab Penyakit Tiroid
Selain itu tiroid ini juga mengatur fungsi otak dan saraf, perkembangan serta fungsi kulit, rambut, mata, jantung dan usus manusia. Kelenjar tiroid secara umum juga bekerja sama dengan sebuah kelenjar pituitari yang bekerja untuk mengatur seberapa banyak produksi atau jumlah hormon yang akan dilepaskan oleh tiroid tersebut.

Pengertian Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid dikenal dengan sebagai gangguan atau kelainan bentuk atau fungsi pada kelenjar tiroid. Penyakit ini biasanya sering terjadi kepada wanita dan sifatnya tidak menular sama sekali.

Penyakit tiroid ini terjadi karena adanya perubahan bentuk serta menghasilkan sebuah hormon tiroid dengan jumlah yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Perubahan bentuk pada kelenjar tiroid ini biasanya bisa disebabkan oleh penyakit gondok, nodul tiroid dan juga kanker tiroid.

Jenis dan Penyebab Penyakit Tiroid

Beberapa jenis dan penyebab dari penyakit tiroid secara umum berikut ini :

1. Hipotiroid

Ini biasanya terjadi karena jumlah sebuah hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit atau kurang didalam tubuh. Kurangnya jumlah atau produksi hormon bisa disebabkan oleh gangguan autoimun, riwayat operasi pada pengangkatan kelenjar tiroid, paparan tinggi dari iodin serta adanya pengaruh obat yang mengandung lithium.

2. Hipertiroid

Penyakit tiroid ini terjadi karena kelenjar tiroid menghasilkan jumlah atau produksi dari hormon tiroid yang sangat berlebihan didalam tubuh. Ini biasanya disebabkan oleh sistem kelenjar hipofisis di otak, kerusakan inflamasi dari kelenjar tiroid.

3. Penyakit Gondok

Penyakit gondok biasanya terjadi karena adanya pembengkakan pada kelenjar tiroid yang tampak terlihat seperti benjolan di leher yang disebabkan karena kurangnya iodine dalam asupan nutrisi sehari-hari.

4. Nodul Tiroid

Adanya benjolan yang tumbuh di kelenjar tiroid dan ini bersifat padat dan berisi cairan yang terbentuk di dalam kelenjar tiroid. Benjolan seperti ini dapat berupa tumor jinak ataupun kista.

5. Kanker Tiroid

Kanker tiroid ini disebabkan oleh munculnya jaringan kanker pada kelenjar tiroid.

Ciri-Ciri dan Gejala dari Penyakit Tiroid

Untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri serta gejala dari penyakit tiroid ini sebenarnya sangat tergantung dari jenis penyakitnya dan untuk gejalanya biasanya munculnya sebuah benjolan di leher.

Selain itu juga, gejalanya diakibatkan dari perubahan hormon tiroid apakah mengalami hipertiroidisme atau hipotiroidisme.

Untuk penderita yang mengalami hipertiroidisme gejalanya adalah
  • tremor,
  • berat badan turun,
  • sangat mudah berkeringat,
  • gangguan tidur,
  • gugup,
  • cemas,
  • mudah tersinggung dan
  • jantung berdebar.
Sedangkan pada hipotiroidisme gejalanya adalah
  • mudah mengantuk,
  • mudah atau terlalu cepat letih,
  • mudah lupa,
  • mudah merasa kedinginan,
  • suara sesak,
  • pembengkakan pada bagian tubuh atau edema serta
  • pada perempuan mengalami menstruasi yang lebih banyak dari yang seperti biasanya

Siapa Yang Berisiko Terkena Penyakit Tiroid ?

Secara umum sebenarnya semua orang bisa saja terkena resiko penyakit tiroid. Gangguan penyakit tiroid ini bisa terjadi dengan kondisi seperti di bawah ini :
  • Berusia diatas 60 tahun
  • Berjenis kelamin wanita
  • Memiliki riwayat keluarga yang mengalami penyakit tiroid
  • Memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit autoimun
  •  Pernah menjalani pengobatan dengan iodium radioaktif
  • Pernah menjalani operasi tiroid
  • Pernah mengalami radioterapi pada dada
  • Memiliki penyakit autoimun

Pengobatan Pada Penyakit Tiroid

Untuk mengobati penyakit tiroid biasanya didasarkan dari jenis penyakit tiroid yang dialami penderita.Berikut cara yang biasa dilakukan untuk menangani penyakit tiroid sebagai berikut :

1. Memberikan obat-obatan

Memberikan obat-obatan terhadap penyakit tiroid ini adalah bertujuan untuk menurunkan jumlah produksi dari hormon tiroid, menghancurkan sel-sel tiroid, dan menggantikan hormon tiroid yang ada dalam tubuh.

2. Terapi Radioaktif

Terapi radioaktif ini biasanya dilakukan pada sebuah kasus hipertiroidisme yang sangat sulit dikontrol dengan obat-obatan yang telah diberikan.

3. Operasi

Tindakan operasi ini bisa dilakukan dengan tujuan untuk pengangkatan kelenjar tiroid atau tiroidektomi yang sudah mengalami pembengkakan.

Pencegahan Pada Penyakit Tiroid

Untuk mencegah penyakit tiroid menyerang tubuh maka segera untuk batasi konsumsi makanan kedelai dan cukupi kebutuhan akan yodium serta hindari produk yang banyak mengandung fluroid serta usahakan untuk rutin selalu melakukan pemeriksaan kesehatan.

Itulah tadi informasi mengenai apa itu kelenjar tiroid dan penyebabnya. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan ilmu pengetahuan bagi teman-teman yang membaca informasi ini. Silahkan share atau bagikan artikel ini di sosial media kalian ya, agar informasi ini dapat bermanfaat lagi orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel