Jenis Vaksin Yang Perlu Bagi Orang di Usia Dewasa

Jenis Vaksin Yang Perlu Bagi Orang di Usia Dewasa - Dalam masa keadaan sekarang ini kesehatan itu sangat penting tentunya terutama di masa pandemi corona yang masih berlangsung pada saat ini. Bagi setiap orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan imun yang kuat maka harus bisa menjaganya dengan makan dan minum yang sehat dan melakukan olahraga tentunya.

Bahkan untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh itu sudah ada dibentuk pada masa-masa balita atau anak-anak yaitu dengan melakukan imunisasi atau pemberian vaksin. Pemberian vaksin atau vaksinasi baik berupa suntikan atau pun yang diteteskan pada mulut  yang dimulai sejak kecill sebenarnya adalah untuk membentuk antibodi atau imun didalam tubuh supaya menjadi kuat dan mampu melawan jenis virus penyebab penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja dan dimana saja.

vaksin dewasa

Nah, selain pemberian vaksin pada masa balita, ternyata banyak orang tidak sadar bahwa kebutuhan vaksin juga sangat perlu bagi orang saat di usia dewasa. Manfaat dari pemberian vaksin dewasa ini yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap lebih optimal terutama bagi Anda yang memiliki gaya hidup yang jauh dari kata sehat dan juga memiliki imun tubuh yang rendah.

Vaksin Yang Perlu Bagi Orang di Usia Dewasa

Lalu apa saja jenis vaksin yang perlu bagi orang yang sudah memiliki usia dewasa guna meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh.

1. Vaksin Hepatitis A Hepatitis B

Di usia orang dewasa pemberian vaksin hepatitis A dan hepatitis B ini sangat penting sekali tentunya. Terutama bagi orang dewasa yang bekerja di tempat-tempat penyajian makanan seperti restoran yang dimana ada virus yang bisa tersebar melalui kotoran pengidap dan biasanya juga melalui makanan.

Vaksin hepatitis A ini untuk mencegah infeksi yang menyebabkan kerusakan pada organ hati didalam tubuh. Vaksin ini berisi virus hepatitis A yang sudah dinonaktifkan terlebih dahulu tentunya dan cara melakukan pemberiannya yaitu bisa dilakukan dengan disuntikkan kedalam otot lengan atas.

Sedangkan vaksin hepatitis B bertujuan untuk menangkal infeksi pada organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B seperti kanker dan sirosis. Biasanya penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B ini bisa tidak terdeteksi dalam waktu yang lama dan baru bisa diketahui jika sudah semakin parah dan kemungkinan bisa berkembang menjadi penyakit kanker hati.

2. Vaksin HPV (Human Papillomavirus)

Pemberian vaksin HPV ini bagi orang di usia dewasa adalah untuk mencegah terjadi penyakit kanker yang disebabkan oleh virus seperti kanker serviks atau leher rahim, kanker mulut, tenggorokan serta kanker di sekitar anus dan kemaluan pria dan wanita.

Vaksin HPV ini sangat efektif diberikan bagi orang dewasa yang masih belum aktif berhubungan seksual dan sangat perlu bagi usia remaja yang beranjak dewasa. Jika Anda belum mendapatkannya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan vaksinasi HPV.

3. Vaksin Influenza

Vaksin dewasa influenza ini paling efektif dalam mencegah penyakit influenza. Influenza adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus di sekitar saluran pernapasan. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi yang rentan terhadap influenza terutama disaat musim – musim penghujan, maka pemberian vaksin influenza ini adalah cara efektif dalam mencegah serangan serta penularan flu.

4. Vaksin Pneumonia

Pneumonia adalah jenis penyakit radang paru yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Streptococcus  pneumoniae yang menyerang saluran pernapasan bagian bawah dan bisa menular melalui batuk, bersin dan ketika berbicara dengan pengidap.

Pemberian vaksin Pneumonia di usia dewasa ini berguna untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dalam menghasilkan antibodi atau daya tahan tubuh yang kuat dan biasanya vaksin ini wajib diberikan kepada orang sudah beranjak usia diatas 65 tahun.

5. Vaksin Tetanus, Pertussis, dan Difteri

Bagi orang dewasa pemberian vaksin tetanus, pertusis dan difteri berguna untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Pemberian vaksin ini selain sudah diberikan sejak imunisasi balita ternyata juga perlu diberikan kepada orang yang sudah memiliki usia 64 tahun dan belum menerima vaksin tersebut selama waktu 10 tahun belakangan.

Nah, jenis vaksin yang diperlukan bagi orang di usia dewasa diatas juga bisa kamu konsultasikan melalui sebuah aplikasi kesehatan dari Halodoc. Di aplikasi kesehatan Halodoc kamu bisa melakukan tanya jawab bahkan konsultasi mengenai semua masalah kesehatan kamu dan keluarga.

Halodoc menyediakan solusi kesehatan terlengkap di Indonesia mulai dari chat dokter, cek lab, cek informasi seputar kesehatan serta bisa beli obat atau vaksin dewasa juga tentunya. Jika kamu masih belum paham atau bingung jenis vaksin yang sangat perlu bagi orang dewasa maka Halodoc siap memberikan solusi dan konsultasi dokter secara mudah dan aman melalui aplikasi Halodoc yang bisa kamu unduh dari google play store dan App store melalui smartphone Anda.

Tunggu apalagi segera konsultasikan semua masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui aplikasi Halodoc dan halaman resminya di https://www.halodoc.com/ sekarang juga!

Demikianlah informasi jenis vaksin yang perlu bagi orang di usia dewasa, jangan lupa untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan dengan cara cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker kemanapun. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel