Cara Sederhana Untuk Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Cara menghilangkan bau mulut secara alami - Mulut Anda terasa bau dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap? Pastinya sebagian dari Anda ataupun orang lain pernah mengalami hal seperti ini, apalagi ketika Anda sedang berbicara dengan teman atau lawan bicara, maka aroma bau mulut yang keluar tersebut tentunya akan membuat orang-orang sekitar jadi merasa tidak nyaman atau bahkan menjauhi Anda.

Masalah bau mulut adalah masalah kesehatan yang harus segera diatasi dengan cepat. Bila dibiarkan berlama-lama maka akan bisa jadi pemicu timbulnya penyakit lainnya di sekitar rongga mulut. Bahkan bukan itu saja, rasa percaya diri juga akan berpengaruh dalam melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Bau mulut yang tidak sedap atau halitosis biasanya terjadi dari sisa makanan, bakteri, kotoran yang ada di mulut serta adanya gigi berlubang serta masalah pada gusi. Selain itu ada juga penyebab lainnya yang membuat aroma yang dikeluarkan oleh mulut terasa bau dan tidak sehat yaitu kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut seperti malas sikat gigi, mengkonsumsi makanan berbau menyengat, minum alkohol, merokok dan lain-lainnya.

Beberapa Penyebab Bau Mulut Lainnya

Selain penyebab bau mulut karena masalah kesehatan gigi dan mulut, biasanya ada beberapa kondisi kesehatan lainnya yang menjadi penyebab mulut menjadi bau atau mengeluarkan aroma tidak sedap yaitu antara lain :

1. Xerostomia

Yaitu kondisi pada mulut kering penyebabnya adalah dari gangguan produksi air liur yang diakibatkan oleh menumpuknya bakteri di sekitar rongga mulut atau dengan kata lain terganggunya fungsi kelenjar ludah dalam memproduksi air ludah di dalam sehingga membuat mulut mengeluarkan aroma bau tidak sedap.

2. Gangguan Pada Saluran Pencernaan

Selain dari mulut kering diatas maka bau mulut bisa terjadi karena adanya gangguan pada saluran pencernaan. Salah satunya yaitu seperti maag atau penyakit asam lambung. Biasanya asam lambung akan naik sampai ke mulut dan jika tertinggal di mulut maka menyebabkan aroma bau tidak sedap yang akan mengganggu kesehatan mulut.

3. Penyakit Sinusitis

Bau mulut yang dialami oleh penderita penyakit sinusitis terjadi karena adanya lendir kental yang mengandung bakteri turun dari hidung ke tenggorokan. Aroma bau mulut yang dihasilkan sangat tidak enak dan membuat sekitar mulut terasa bau dan tidak sehat.

Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Untuk mengatasi penyebab bau mulut, maka kamu bisa lakukan hal berikut ini :

1. Rajin Menyikat Gigi

Membersihkan gigi dari sisa kotoran makanan yang melekat adalah salah satu pola kesehatan yang harus dilakukan dengan rajin yaitu dengan melakukan sikat gigi dua kali sehari pada waktu pagi hari dan malam setelah makan.

Lakukan menyikat gigi dengan menggunakan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Dengan rutin menyikat gigi maka gigi menjadi sehat, serta rongga mulut akan mengeluarkan udara yang segar dan sehat.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih adalah wajib bagi kesehatan tubuh begitu juga dengan kesehatan mulut. Rajin minum banyak air putih tentunya akan menghindari mulut dari rasa kering. Karena rasa mulut kering ini adalah penyebab mulut menghasilkan aroma bau tidak sedap.

Minum air putih juga dapat mengeluarkan sisa-sisa kotoran di mulut dengan cara berkumur agar sisa makanan yang menempel tidak tinggal di dalam gigi atau sekitar mulut. Dengan rajin minum air putih maka kesehatan mulut tetap terjaga.

3. Makan Permen Karet

Permen karet bisa juga digunakan untuk mengatasi rasa bau mulut. Karena dengan mengunyah permen karet otomatis produksi air liur didalam mulut menjadi meningkat dan menghindari mulut terasa kering. Air liur yang dihasilkan dari mengunyah permen karet ini nantinya akan membilas sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut.

4. Membersihkan Lidah

Selain dengan menggosok gigi, ternyata lidah bisa juga menjadi penyebab letak bau mulut. Bakteri yang menempel di sela-sela di lidah harus segera dibersihkan dengan cara menggosok secara perlahan menggunakan sikat gigi berbulu halus atau scraper yaitu alat untuk membersihkan pada permukaan lidah.

5. Hindari Merokok dan Minuman Alkohol

Merokok dan minuman alkohol tidak bagus bagi kesehatan mulut dan tenggorokan. Karena asap rokok dan bahan kimia yang terkandung didalamnya dapat mengakibatkan mulut menjadi bau dan efeknya bisa menyebabkan peradangan pada gigi dan gusi. Begitu juga dengan minuman alkohol yang kandungan alkoholnya tidak baik bagi kesehatan mulut, gigi dan gusi.

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur dengan rutin juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Kandungan zat vitamin dari buah dan sayur terutama tinggi vitamin C dapat mencegah bakteri jahat berkembang biak didalam mulut. Selain itu, sistem imun menjadi lebih kuat dalam melawan bakteri penyebab penyakit bau mulut tersebut.

Itulah tadi informasi cara menghilangkan bau mulut secara alami mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat. Semoga semuanya selalu sehat dan tetap menjaga pola hidup yang sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel