Pengertian dan Manfaat Serta Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan sebuah program khusus yang dibuat oleh pemerintah Indonesia, dimana semua perilaku kesehatan ini dilakukan atas kesadaran dari individu, kelompok maupun masyarakat luas secara menyeluruh.Tujuan dari melakukan perilaku hidup bersih dan sehat ini adalah  untuk menciptakan masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi di tengah era pandemi covid 19 yang saat ini masih sedang terjadi, perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting sekali dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari seperti mulai dari rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga daya tahan tubuh, menjaga jarak dan menjauhi keramaian adalah kunci utama untuk menghindari penularan virus serta berbagai jenis penyakit lainnya yang bersifat menular dan berbahaya bagi kesehatan.

Perilaku Hidup Bersih

Secara umum setiap orang pastinya menginginkan hidup bersih dan sehat. Untuk memulai itu semua, maka harus dilakukan dari diri sendiri, kemudian anggota keluarga serta lingkungan sekitar. Namun masih ada juga dari beberapa masyarakat yang masih banyak belum paham akan artinya manfaat hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu, berikut dibawah ini adalah manfaat dari melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Manfaat Hidup Bersih dan Sehat

Sebagai salah satu program untuk melakukan kebiasaan baik, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan diri sendiri bila seseorang tersebut bisa melakukan pola hidup bersih dan sehat setiap harinya. Simak manfaat yang didapatkan dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat.

1. Hidup Menjadi Lebih Bersemangat

Apa hubungan perilaku hidup bersih dan sehat dengan semangat?  Ilustrasinya adalah seperti Anda atau diri sendiri membayangkan suasana ruangan kamar yang sudah kamu bersihkan, suasananya akan terlihat menjadi lebih menyenangkan untuk dipakai beristirahat. Tentunya hal ini akan membuat kamu lebih bersemangat menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Terhindar Dari Penyakit

Penyakit biasanya timbul karena tidak menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan tempat tinggal. Umumnya orang-orang yang melakukan pola hidup bersih dan sehat lebih susah terjangkit berbagai penyakit. Selain menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal, menjaga imunitas tubuh juga sangat perlu dilakukan yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, bergizi dan rajin minum air putih setiap harinya.

3. Meningkatkan Produktivitas

Jika dalam kehidupan sehari-hari perilaku menjaga kebersihan dan kesehatan ini dilakukan secara terus menerus, maka secara otomatis aktivitas sehari-hari juga akan menjadi lebih produktif tentunya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan agar pola hidup bersih dan sehat menjadi kebutuhan yang harus dilakukan setiap harinya.

Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Selain mendapatkan apa saja manfaat dari melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, ternyata masih ada juga yang belum paham bagaimana contoh perilaku yang bisa dikatakan sebagai indikator dari PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

1. Penggunaan Air Bersih

Air sudah menjadi kebutuhan utama dalam aktivitas sehari-hari, mulai digunakan untuk mencuci, minum, masak dan lain sebagainya. Ternyata kebersihan air ini sangat perlu untuk diperhatikan. Untuk mendapatkan air yang layak maka air tersebut benar-benar bersih dan tidak berkuman, dan tidak mengandung bahan-bahan atau zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat dari penggunaan air bersih ini setiap harinya adalah untuk menghindari berbagai jenis penyakit seperti diare, kolera, disentri, thypus, penyakit kulit dan lainnya. Oleh karena itu selalu gunakan air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari agar hidup selalu sehat.

2. Tidak Merokok di Dalam Ruangan

Merokok salah satu pemicu dari penyebab penyakit berbahaya bagi saluran pernapasan, tidak itu saja merokok juga akan mempengaruhi kesehatan dari orang-orang sekitar yang menghirup asap rokok yang dikeluarkan. Kebiasaan seperti ini tentunya tidak baik bagi pola hidup.

Untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sebaiknya tidak merokok didalam rumah atau ruangan karena dengan membiasakan perilaku seperti ini secara otomatis orang tersebut sudah menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Kesehatan tubuh sangat bergantung dari apa yang dikonsumsi setiap harinya. Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin adalah satu satu tindakan dari perilaku hidup sehat. Perbaikilah pola makan yang tidak sehat, berusahalah untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu manis, tinggi kandungan lemak dan mengandung bahan penyedap yang tidak bagi kesehatan tubuh. Selain itu, jangan lupa perbanyak untuk mengkonsumsi air putih setiap harinya karena tubuh juga butuh cairan yang cukup agar metabolisme tubuh tetap terjaga kesehatannya.

4. Jamban Yang Bersih

Memiliki jamban yang bersih adalah salah satu indikator dari penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Sebagai tempat untuk membuang air besar dan kecil maka sebaiknya jamban atau toilet harus selalu dibersihkan dengan baik, serta jangan sampai mencemari lingkungan sekitar karena dampaknya akan berbahaya bagi kesehatan lingkungan serta bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan orang-orang disekitar lingkungan rumah.

5. Memberantas Jentik Nyamuk

Untuk memberantas jentik nyamuk maka sebaiknya lakukan 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur. Genangan air yang tidak dibersihkan akan menjadi sarang jentik nyamuk dan bila dibiarkan lama-lama, bisa menyebabkan penyakit demam berdarah dan sangat berbahaya bagi diri sendiri dan keluarga yang ada di dalam rumah. Oleh karena itu seringlah untuk membersihkan bak mandi, menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air serta mengubur barang-barang bekas yang berpotensi sebagai tempat jentik nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak.

6. Rajin Melakukan Aktivitas Fisik

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, tubuh juga butuh aktivitas fisik seperti berolahraga. Olahraga ini sangat penting bagi tubuh yaitu untuk melancarkan peredaran darah serta membuang zat-zat beracun yaitu melalui keringat. Untuk menjaga fisik tetap fit dan prima maka rajinlah berolahraga seperti berjalan, berlari, bersepeda dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat lakukanlah aktivitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan.

7. Mencuci Tangan Dengan Air Bersih dan Sabun

Ada banyak jenis virus, bakteri serta kuman yang bisa menyebar melalui tangan. Mengingat tangan adalah bagian tubuh yang sering kali bersentuhan dengan permukaan benda, dimana kuman-kuman, virus serta bakteri sering sekali menempel pada permukaan tersebut, maka sebaiknya seringlah mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun agar kuman, bakteri dan penyakit lainnya tidak menempel pada tangan.

Jadi biasakanlah untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, baik itu sebelum makan dan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Jangan lupa juga menggunakan masker agar tidak terjadi penularan virus dan penyebab penyakit lainnya.

Itulah tadi informasi tentang pengertian dan manfaat serta contoh perilaku hidup bersih dan sehat di dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mulai dari sekarang marilah kita untuk aktif selalu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, agar kita dan keluarga tetap selalu sehat dan bisa menjadi contoh baik bagi lingkungan disekitar kita. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa ikuti protokol kesehatan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel