Beberapa Penyebab Stroke Yang Harus Kamu Ketahui

Apa itu penyakit stroke. Kamu bisa cari tahu melalui situs ini tentunya. Secara umum, yang namanya penyakit adalah suatu hal yang harus dihindari oleh semua orang tanpa terkecuali salah satunya yaitu penyakit stroke. Stroke adalah jenis penyakit pada pembuluh darah otak dimana jika terjadi suatu kondisi jumlah pasokan darah ke otak berkurang, kondisi ini dipicu dari penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Makanya tanpa adanya aliran darah ke otak tentunya sel sel pada pusat otak akan mati dan menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh otak tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab Stroke

Penyakit stroke tidak hanya saja menyerang orang yang sudah berlanjut usia (lansia) dan orang dewasa melainkan juga bisa dialami oleh anak-anak sejak dini. Oleh karena itu, sebelum terlambat ada baiknya kita mengetahui informasi berbagai penyebab store sekaligus cara mengurangi resiko di kemudian hari tentunya.

Penyebab Penyakit Stroke

Beberapa faktor risiko stroke yang juga dapat dapat meningkatkan pada resiko serangan jantung yaitu sebagai berikut :

1. Faktor Kesehatan

Adapun faktor kesehatan ini yaitu meliputi hipertensi, diabetes, obesitas(kegemukan), kolesterol tinggi hingga penyakit jantung seperti gagal jantung, penyakit jantung bawaan atau serangan jantung sebelumnya.

2. Faktor Gaya Hidup

Gaya hidup tidak sehat seringkali juga mempengaruhi kesehatan pada organ tubuh yaitu seperti merokok, kurang olahraga, kecanduan alkohol hingga mengkonsumsi obat terlarang.

3. Faktor Lainnya

Sedangkan faktor penyebab lainnya yaitu bisa dari faktor keturunan dari anggota keluarga yang pernah mengalami penyakit store sehingga sama berisiko tinggi pula dengan penyakit yang sama. Selain itu juga dengan bertambahnya usia maka seseorang tersebut bisa memiliki tingkat resiko penyakit store lebih tinggi dari orang yang lebih muda usianya.

Jenis-jenis Stroke Pada Umumnya

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab diatas, berikutnya adalah jenis-jenis stroke yang bisa saja menyerang siapapun dan wajib diwaspadai

1. Stroke Iskemik

Yaitu dimana sebuah pembuluh darah arteri yang membawa darah dan oksigen ke otak mengalami sebuah penyempitan. Dengan kondisi penyempitan ini membuat aliran darah ke otak sangat berkurang jumlahnya. Kondisi inilah yang disebut sebagai iskemia yang paling umum dialami oleh orang-orang saat ini.

2. Stroke Hemoragik

Yaitu dimana sebuah kondisi pembuluh darah di otak bocor pecah dan mengakibat pendarahan. Pendarahan yang terjadi di otak ini terjadi karena hipertensi yang sangat tidak terkendali dan juga karena lemahnya dinding pembuluh darah. Ada dua jenis dari stroke hemoragik ini yaitu perdarahan intraserebral dan subarachnoid.

3. Stroke Ringan

Stroke ringan terjadi dimana kondisi dari sistem saraf pusat kekurangan asupan darah yang terjadi karena adanya gumpalan atau pembekuan darah. Biasanya jika seseorang mengalami stroke ringan hanya mengalami gejala singkat atau kurang dari 24 jam atau beberapa menit saja. 

Gejala Stroke

Untuk lebih memahami kondisi dari gejala penyakit store, berikut ini informasinya dibawah ini :

1. Salah satu dari sisi wajah terlihat menurun dan tidak mampu untuk tersenyum dikarenakan mulut ataupun mata terkulai

2. Sangat susah atau tidak mampu sama sekali dalam mengangkat salah satu lengannya. Jika dilakukan akan terasa lemas atau mati rasa. Bahkan pada tungkai yang satu sisi dengan lengan juga mengalami kelemahan.

3. Ucapan tidak jelas atau kacau bahkan sama sekali tidak mampu untuk berbicara dengan normal sebagaimana biasanya walau dalam kondisi sadar. 

Untuk beberapa gejala store lainnya yaitu sakit kepala yang terjadi secara hebat dengan disertai kondisi kaku pada leher dan vertigo, penurunan kesadaran, gangguan keseimbangan hingga hilangnya penglihatan secara tiba-tiba.

Oke, itulah tadi informasi mengenai beberapa penyebab stroke yang harus kamu ketahui . Mulai dari sekarang tingkatkan pola hidup sehat dengan cara makan dan minum yang sehat dan rajin berolahraga serta ikuti protokol kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel