Arti A.M dan PM yang Harus Anda Ketahui

Arti A.M dan PM

Arti a.m  dan p.m sangat penting dalam bahasa Inggris ketika berbicara mengenai waktu. Keduanya merupakan singkatan dari istilah Latin dan mengacu pada waktu tertentu dalam sehari. Dalam bahasa Inggris, penggunaan a.m dan p.m harus diketahui karena sangat berpengaruh dalam kalimat. Mau tahu apa arti dari a.m dan p.m dan bagaimana cara membedakannya?

Arti A.M

A.m. adalah singkatan dari ante meridiem yang berarti sebelum tengah hari. A.m mengacu pada pagi hari sementara arti p.m atau post meridiem memiliki arti setelah tengah hari, yang mengacu pada waktu setelah tengah hari hingga sampai malam.

Periode 12 jam awal, yang berlangsung dari tengah malam hingga tengah hari, ditandai dengan AM, sedangkan periode 12 jam berikutnya, yang berlangsung dari tengah hari hingga tengah malam, ditandai dengan PM.

Jadi, jika diartikan secara garis besar, arti AM dan PM adalah singkatan dari frase Latin. Secara khusus, AM adalah singkatan dari ante meridiem, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai 'sebelum tengah hari'. 

Sedangkan PM adalah post meridiem dan dalam bahasa Inggris artinya after midday.  Ante meridiem umumnya disebut sebagai AM, am, a.m., atau A.M., sedangkan PM yang merupakan post meridiem disingkat pm, p.m., atau P.M.

Beberapa istilah dan kata kunci yang perlu Anda ingat adalah :

am = ante meridiem

Ante = sebelum, meridiem = tengah hari

pm = pos meridiem

Post = setelah, setelah tengah 

Selalu ada ambiguitas konvensi jam 12 jam, dan banyak perusahaan mengharuskan representasi waktu ini harus dibuang sama sekali. Penggunaan AM dan PM  hanya bisa digunakan dalam percakapan dan komunikasi informal.

Namun, dokumen hukum, jadwal, dan interaksi lain dalam bahasa Inggris memerlukan identifikasi waktu dengan format 24 jam untuk menghindari kebingungan dengan denominasi siang dan tengah malam. 

Misalnya, kebingungan apakah jam 12 adalah 12:00 atau 00:00, nah saat itulah harus menggunakan format AM/PM.

Cara Mengingat AM dan PM

Untuk memudahkan kita semua dalam mengingat AM dan PM, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni :

1. AM 

Ingat sebagai “After Midnight”, waktu dari tengah malam hingga tengah hari.

2. PM 

Ingat sebagai Pre Midnight atau sebelum tengah malam). Waktu  dari siang hingga tengah malam.

Kalau Anda masih bingung dalam membedakan keduanya dan bagaimana cara untuk menggunakannya, yuk gabung segera di EF English Centers! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel