Cara Menjadi Dropshipper Sukses Dengan Modal Kecil

Memiliki penghasilan tambahan adalah impian semua orang tentunya, apalagi di tengah era digital yang semakin berkembang saat ini, membuat banyak orang berlomba-lomba mengambil peluang dalam membangun bisnis secara online. Ada banyak jenis bisnis online yang bisa dilakukan tanpa harus memikirkan resiko dan modal yang cukup besar yaitu salah satunya bisnis dropship yang bisa dijalankan dari rumah tentunya.

Sekedar informasi buat kamu yang belum tahu apa itu dropship. Dropship merupakan kegiatan penjualan produk atau barang tanpa perlu repot mengurus  stok barang tersebut. Tetapi sebelumnya kamu sebagai penjual sudah melakukan kerja sama terlebih dahulu dengan pemilik toko yang menyediakan stok dalam skala besar. Nantinya orang yang melakukan dropship tersebut disebut sebagai dropshipper.

tips sukses dropship

Apalagi sejak semakin berkembangnya ecommerce atau marketplace sekarang ini, membuat bisnis dropship adalah peluang bisnis yang menjanjikan . Bahkan dengan hanya bermodalkan smartphone, internet dan modal kecil, maka bisnis dropship ini bisa dijalankan oleh siapapun, kapanpun dan dimana saja, terutama bagi kamu yang ingin fokus dan sukses dalam menjalankan bisnis dropship ini.

Ada banyak produk yang sering dicari konsumen dan laris dibeli serta cocok untuk kamu dropship sekarang ini yaitu seperti pakaian atau fashion pria dan wanita, skincare, masker, casing atau aksesori smartphone, jam tangan, tas, perlengkapan rumah tangga dan lain sebagainya.

Tips Sukses Cara Menjadi Dropshipper

Lalu, bagaimana caranya agar bisnis dropship bisa sukses? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini maka bisa simak beberapa point-point yang harus kamu perhatikan agar tidak salah langkah dalam memfokuskan usaha penjualan produk sebagai dropshipper.

1. Pilih Produk dan Supplier Yang Tepat

Untuk point yang pertama ini adalah hal penting atau utama yang harus benar-benar dipikirkan secara matang. Mengingat nantinya penjualan akan terus berkelanjutan melalui produk dari supplier tersebut. Kunci suksesnya disini adalah pastikan produk yang benar-benar mengantarkan Anda pada konsumen yang banyak serta partner supplier yang benar-benar memperlancar bisnis Anda tentunya.

Beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam memilih produk untuk dropship yaitu seperti berikut ini :

a. Pilihlah barang atau produk yang satu jenis atau fokus pada satu produk dan tidak beragam.

b. Pilih produk yang ringan dan tahan lama ini  gunanya untuk mengurangi resiko rusak selama dalam proses pengiriman ke konsumen.

c. Sebaik mungkin menghindari produk yang mempunyai volume besar, pecah belah dan berat. Ini sangat berpengaruh pada ongkos pengiriman yang mahal, resiko rusak juga terlalu besar.

d. Prioritaskan untuk menjual produk yang mempunyai tingkat permintaan tinggi dalam waktu yang lama contohnya seperti pakaian berupa kemeja kasual, kemeja formal, celana formal, celana jeans dan lain sebagainya.

e. Hindari mengambil produk yang di dropship dari kompetitor besar dan sudah punya basis pelanggan setia di toko tersebut.

Selain itu juga perhatikan hubungan komunikasi yang baik dengan supplier atau penyedia produk. Tujuannya agar tercipta komunikasi bisnis yang baik serta pelayanan yang baik dalam informasi stok barang dan respon cepat (dalam hal ini berkaitan dengan retur atau pengembalian barang).

2. Tambahkan Nilai Jual yang Unik

Seperti biasanya  hal pertama yang dilihat calon konsumen adalah harga ekonomis. Tetapi bukan berarti memberikan harga termurah pula. Berikan harga yang memang benar-benar sudah mendapatkan keuntungan wajar dan jangan membanting harga, serta jangan lupa untuk menambahkan nilai jual yang unik kepada pelanggan.

Nilai unik tersebut yaitu seperti layanan customer service yang andal terhadap pertanyaan yang masuk dari pelanggan, jaminan waktu proses pengiriman yang cepat, ongkos pengiriman yang ekonomis, dan sebagainya. Dengan begitu, di kemudian hari pelanggan akan datang kembali dengan kesan bahwa produk, harga dan layanan yang berikan benar-benar memuaskan mereka.

3. Perhatikan Branding Bisnis

Branding tidak terlepas dengan bisnis manapun termasuk ke dalam bisnis dropship. Karena branding sangat mempengaruhi ketertarikan pelanggan dan menjadikan berbeda dengan yang lainnya. Contohnya jika toko online tanpa branding maka sama saja membuat produk susah dikenal oleh calon konsumen yang melihat produk di dalamnya. Oleh karena itu bangunlah branding toko yang benar-benar berpengaruh besar terhadap produk dropship Anda tersebut. Anda bisa mulai desain mulai dari logo, nama, warna dan bentuk promosinya.

4. Buat Sistem Pemesanan yang Mudah

Salah satu hal yang diharapkan oleh para konsumen dalam membeli produk adalah kemudahan. Untuk membantu para konsumen menemukan produk yang dijual maka salah satunya adalah melalui e-commerce seperti website toko Anda sendiri dan lebih direkomendasikan menggunakan marketplace yang ada sekarang ini seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada dan lain sebagainya. Karena masing-masing marketplace ini sangat membantu produk Anda lebih mudah ditemukan oleh para calon konsumen yang tersebar di Indonesia dengan menggunakan sistem pemesanan dan pembayaran yang mudah, ekonomis dan terjangkau ke seluruh para pelanggan di Indonesia.

5. Tetap Fokus dalam Dropship

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis dropship selain kerja keras dan doa adalah fokus. Fokus adalah bagian terpenting agar semuanya bisa berjalan dengan baik sesuai dengan bisnis yang Anda tekuni. Bahkan, sampai sekarang ini sudah banyak orang sukses melalui  dropship dengan hanya bermodalkan smartphone, internet dan modal kecil.

Jadi manfaatkanlah kesempatan atau peluang ini selama masih ada dan jangan sampai waktu Anda terbuang menunggu sampai orang lain berhasil duluan dari pada Anda.

Jika Anda sudah berusaha namun belum sukses dari bisnis dropship ini, maka jangan putus asa karena  ada banyak jalan menuju kesuksesan dengan bidang atau usaha lain diluar sana. Salah satu contohnya yang bisa baca disini yaitu cerita sukses dari sebuah usaha coffee shop, dan ini bisa menjadi referensi Anda dalam mencari bidang yang tepat bagi Anda yang ingin sukses dalam berbisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel