Kenali 5 Jenis Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Apa saja makanan yang mengandung zat besi -  Zat besi adalah salah satu dari zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan dari zat tersebut, maka caranya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Perlu diketahui zat besi ini dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit yaitu seperti anemia serta diikuti oleh gejala lainnya seperti tubuh menjadi lemas, sulit berkonsentrasi, muka pucat hingga rambut rontok.

Sedangkan untuk manfaat dari zat besi bagi tubuh adalah mengatasi anemia, mengurangi kelelahan pada tubuh, menguatkan bagian otot, meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan otak. Tubuh memang selalu membutuhkan zat besi dalam jumlah yang tepat. Bahkan zat besi ini merupakan komponen utama dari hemoglobin didalam sel darah merah yang berperan dalam mengikat oksigen dan kemudian mengedarkan ke seluruh tubuh.

Makanan yang mengandung zat besi

Lalu, bagaimana cara mendapatkan asupan zat besi dari makanan? Nah, untuk membantu kamu dalam mengetahui apa saja makanan yang mengandung zat besi yang diperlukan oleh tubuh, maka simak informasinya dibawah ini.

5 Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Berikut ini beberapa daftar makanan yang mengandung banyak zat besi yang bisa Anda konsumsi agar asupan zat besi bisa terpenuhi oleh tubuh.

1. Bayam

Bayam adalah tumbuhan yang sangat kaya akan zat besi yang sangat cocok untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh. Agar menjadi sebuah makanan yang bergizi tinggi,  maka tumbuhan bayam ini bisa diolah menjadi makanan yang segar dan bergizi yaitu dengan pengolahannya menjadi sayur bayam. Untuk cara pengolahannya terbilang sederhana hampir sama dengan cara merebus sayuran hijau.

2. Daging Merah Tanpa Lemak

Daging merah adalah salah satu sumber zat besi yang baik bagi tubuh. Karena setiap 100 gram daging merah tanpa lemak terkandung zat besi sekitar 2 miligram yang cukup memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh Anda. Namun, perlu diperhatikan jangan terlalu sering mengkonsumsi daging merah secara berlebihan, karena justru beresiko menimbulkan jenis penyakit lain seperti stroke dan jantung. Sebaiknya konsumsi secukupnya saja sesuai pola hidup sehat.

3. Hati atau Jeroan

Berikutnya makanan yang mengandung asupan zat besi yaitu hati atau biasa disebut sebagai jeroan. Hati atau jeroan ini bisa Anda konsumsi secukupnya sebagai makanan yang bisa membantu mengatasi masalah kekurangan zat besi didalam tubuh. Jeroan ini bisa didapatkan dari organ dalam sapi berupa hati. Selain terdapat kandungan zat besi yang tinggi dari jeroan ini, ternyata juga terdapat protein tinggi dan kaya vitamin B, selenium serta vitamin A didalamnya. Sebaiknya konsumsi secukupnya dan tidak berlebihan agar tidak timbul kolesterol tinggi didalam tubuh.

4. Kerang

Kerang yang merupakan makanan laut (seafood) yang sangat mudah ditemukan ini, ternyata juga menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan zat besi yang sangat banyak. Salah satunya yaitu terdapat pada tiram. Selain terdapat zat besi, jenis kerang ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh seperti membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah anemia defisiensi besi. Bahkan, selain itu ternyata di dalam kerang ini juga terdapat kandungan zat nutrisi yang tinggi yang mampu meningkatkan jumlah atau kadar kolesterol HDL yang manfaatnya yaitu bisa menyehatkan jantung.

5. Kacang-Kacangan

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang termasuk dalam makanan yang mengandung zat besi seperti kacang polong dan kacang kedelai. Selain terdapat protein di dalamnya, didalam kacang juga terdapat zat besi yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram kacang yang dikonsumsi terdapat kandungan zat besi yaitu sekitar 5,1 milligram. Untuk membantu pola hidup sehat maka konsumsilah kacang-kacangan sesuai asupan zat besi harian yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya.

Itulah tadi informasi dari apa saja makanan yang mengandung zat besi. Mulai sekarang teraturlah untuk mengatur pola makanan dan asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Jangan lupa juga agar tetap berolahraga agar tubuh semakin sehat. Semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman semua. Jangan lupa share atau bagikan informasi ini di sosial media kalian ya agar semakin bermanfaat lagi informasinya. Salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel