Memahami Pengertian dan Manfaat Credit Scoring untuk Bisnis

Pengertian Credit Scoring

Pernahkah kamu mengajukan pinjaman di salah satu lembaga keuangan? Jika sudah pernah tentu sudah tidak asing dengan istilah credit scoring. Credit scoring adalah suatu penilaian yang dilakukan untuk menentukan apakah kamu yang mengajukan pinjaman layak mendapatkan pinjaman atau tidak berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan oleh pemberi pinjaman.

Credit scoring sendiri merupakan suatu metode yang sering digunakan oleh lembaga keuangan seperti perbankan dalam menentukan layak atau tidaknya orang yang mengajukan pinjaman mendapatkan pinjaman. Credit scoring ini berisi data-data peminjam dan riwayat pembayaran kredit pada suatu bank. 

Apa Itu Credit Scoring?

Reputasi kredit atau credit scoring adalah sistem yang digunakan oleh lembaga keuangan atau biro kredit untuk mengevaluasi potensi risiko kredit seorang individu ataupun perusahaan. 

Credit scoring ini dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang riwayat kredit atau pembiayaan seseorang, termasuk tagihan kartu kredit, pembayaran pinjaman dan sejenisnya. Ada beberapa komponen yang bisa digunakan untuk menilai kemampuan membayar debitur, antara lain:

Ketetapan pembayaran pokok dan juga bunga

Ketersediaan dan keakuratan informasi keuangan peminjam (debitur)

Kelengkapan dokumentasi kredit

Kepatuhan terhadap perjanjian kredit

Kesesuaian penggunaan dana

Kewajaran sumber pembayaran kewajiban

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi semakin canggih, sistem credit scoring juga ikut menjadi lebih canggih. Pasalnya saat ini credit scoring memanfaatkan sistem yang terintegrasi dengan big data. Bagi dunia perbankan atau bisnis, sistem ini memberikan banyak manfaat. 

Manfaat Credit Scoring untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa manfaat credit scoring untuk bisnis apabila menggunakan credit scoring yang terintegrasi:

1. Membantu Proses Survey Kredit

Manfaat credit scoring yang pertama adalah membantu proses survey kredit. Seperti yang diketahui jika proses survey kredit membutuhkan waktu yang cukup lama karena petugas terkait menggunakan data-data seadanya dan proses kerjanya dilakukan secara konvensional. 

Masalah tersebut saat ini sudah bisa diatasi karena lembaga keuangan, perbankan ataupun bisnis menggunakan sistem credit scoring yang terintegrasi. Hal ini membuat semua data akan muncul secara lengkap dan cepat.

2. Membantu Mengevaluasi dan Melakukan Analisis Permohonan Kredit

Analisis permohonan kredit membutuhkan ketelitian dan kejelian sehingga keberadaan credit scoring akan dijadikan sebagai acuan pihak bank sebelum mengambil keputusan untuk memberikan pinjaman kepada nasabah. 

Namun, dengan sistem yang terintegrasi maka pihak bank bisa melakukan perbandingan informasi dari peminjam dengan kinerja pinjaman nasabah yang lebih terukur dan banyak. 

Semakin banyak informasi yang didapatkan maka akan bertambah baik penilaian dalam analisis permohonan kredit. Bagi para decision maker di lembaga keuangan atau bank, hal ini akan sangat membantu dalam mengelola pemberian kredit dan jug mengevaluasinya. Selain itu, juga bisa meminimalisir risiko kredit macet di kemudian hari. 

Mengenal Produk Ascore

Ascore.ai merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh Amartha. Ascore.ai sendiri adalah platform yang didesain oleh Amartha untuk menyediakan solusi pengukuran profil risiko (credit scoring) secara akurat dan juga holistik. Hal ini akan membuka peluang bagi berbagai sektor usaha untuk bisa menjangka pangsa pasar yang lebih luas. 

Ascore.ai memiliki pelayanan yang holistik sehingga bisa digunakan oleh individu maupun institusi. Pada segmen institusi, layanan ini bis menjangkau sektor fintech, perbankan, lembaga pembiayaan, koperasi, agrikultur hingga marketplace yang memiliki produk pinjaman atau pay later

Dengan bantuan AI, nantinya Ascore.ai akan menghasilkan output berupa penghitungan bunga pinjaman, nilai risiko, pengelolaan data dan keputusan yang berpengaruh pada bisnis. 

Perlu diketahui jika Ascore.ai ini dibangun dengan lebih dari satu juta database mitra pengusaha ultra mikro Amartha dan sudah mengalami pengembangan selama tujuh tahun terakhir.

Nah itulah informasi tentang pengertian credit scoring dan manfaatnya untuk bisnis. Diatas juga dikenalkan dengan produk Ascore.ai miliki Amartha. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel