Cara Bayar BPJS Melalui SMS Banking BRI, BNI dan Mandiri

Membayar iuran BPJS adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap bulan oleh masyarakat Indonesia yang sudah tergabung dalam peserta BPJS. Itulah sebabnya untuk mendapatkan hak pelayanan kesehatan dari BPJS maka setiap peserta harus melunasi semua kewajibannya sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Secara umum pemerintah Indonesia telah memberikan kemudahan dalam membayar iuran BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) melalui Kantor Pos, ATM , Indomaret atau lainnya. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi maka sekarang ini transaksi pembayaran bisa dilakukan secara online tanpa harus mengantri lagi.
Cara Bayar BPJS Melalui SMS Banking

Untuk memudahkan kamu dalam membayar tagihan BPJS tanpa harus repot keluar rumah maka bisa dilakukan dengan transaksi melalui SMS Banking atau Mobile Banking. Dengan SMS Banking sangat memudahkan kita untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya.

Bayar BPJS Lewat SMS Banking
Untuk melakukan pembayaran tagihan/iuran BPJS melalui SMS Banking, perlu diperhatikan yaitu :
Pastikan nomor handphone yang kamu gunakan telah terdaftar dalam layanan SMS Banking BRI  dan kamu siapkan nomor akun BRIVA (BRI Virtual Account) yang sudah diberikan oleh petugas BPJS pada saat kamu mengaktifkan kartu BPJS kamu.

Cara bayarnya seperti berikut :
1. Silakan ketik *141*6# kemudian call/panggil.
2. Pilih menu nomor 4.Bayar
Bayar Bpjs

3.  Selanjutnya pilih Nomor 7.Asuransi
Bayar BPJS

4.  Berikutnya pilih nomor 9.Kode Berikutnya 
Bayar Bpjs kesehatan

5.  Maka akan muncul BPJS Kesehatan dan ketik 13 

Menu Bpjs Kesehatan

6. Silakan masukkan Nomor Virtual Account kamu, nomor virtual account umumnya adalah nomor yang kamu dapat pada saat mendaftar BPJS.
Contohnya formatnya seperti ini :
BNI : 88888-0 Nomor Kartu BPJS   ( Cth : 88888 0 0 1417309260 )
BRI : 88888-0-1417309260
BTN : 88888-0-1417309260
MANDIRI : 89888-0-1417309260
Virtual Account BPJS
7. Selanjutnya akan muncul jumlah total iuran atau tagihan yang harus dibayar. Pilih 1 agar pembayaran sesuai tagihan.
8.  Maka berikutnya kamu akan diminta memasukkan 2 digit Pin SMS Banking sesuai urutan yang diminta. Silakan masukkan 2 digit pin.
9.  Setelah itu jika transaksi berhasil maka kamu akan mendapatkan informasi pemberitahuan bahwa transaksi sudah berhasil.
10. Untuk transaksi tersebut dikenakan tarif  500 rupiah pada saat transaksi berhasil.

Catatan : 
Beberapa kendala jika muncul pesan error pada saat menggunakan SMS banking :
1. Tagihan iuran BPJS tidak muncul atau error karena mungkin tagihan BPJS sudah terbayarkan.
2. SMS banking error kemungkinan PIN yang dimasukkan salah, jika kamu salah memasukkan pin sampai 3 kali maka bank secara otomatis menonaktifkan SMS Banking kamu dan harus mengaktifkan kembali dengan mendatangi Bank tersebut.

Itulah tadi informasi tentang Cara Bayar BPJS Melalui SMS Banking BRI, BNI dan Mandiri. Dengan kemudahan transaksi secara online terutama membayar iuran bpjs melalui SMS banking ini dapat membantu kamu menghemat waktu tanpa harus lagi membayar iuran bpjs setiap bulannya ke kantor pos, ATM, atau Indomaret. Mudah-mudahan cara bayar BPJS setiap bulannya ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada teman-teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel