5 Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Realme

5 Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Realme - Siapa yang tidak kenal dengan Hp Realme ? ya hape yang bisa dikatakan laris manis penjualannya di Indonesia ini menjadi salah satu hape favorit dikalangan pengguna smartphone di Indonesia. Baik dari kalangan muda, dewasa bahkan orang tua. Sampai-sampai iklannya sudah banyak menjalar di Televisi dan Youtube demi memperkenalkan produk terbaru mereka. Realme menjadi pesaing tangguh bagi merk-merk produsen smartphone di Indonesia. Salah satu yang menjadi ciri khas hape realme ini adalah “Dare to Leap” sebagai brand spirit baru di Indonesia. Ya intinya smartphone Realme berani menunjukkan inovasi terbaru dari produk smartphone mereka demi bersaing mendapatkan perhatian pengguna gadget di Indonesia.

Salah satu kelebihan produk realme adalah hasil kameranya yang menarik,indah dan tajam. Banyak pengguna realme menggunakan kamera tersebut untuk mengambil objek jepretan misalnya pemandangan, foto makanan hingga menggunakan kamera realme sebagai kamera fotography tentunya. Hasil fotonya juga terlihat hampir mendekati dari hasil foto kamera-kamera flagship yang ada pada saat ini.
Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Realme
Tapi terkadang ada beberapa kejadian pada kamera realme satu ini yaitu pada saat akan membuka kamera terjadi gagal kamera atau pesan error dari kamera dan mengakibatkan kamera tidak bisa digunakan mengambil objek gambar. Untuk hal seperti ini, maka admin mau bagikan tips cara mengatasi kamera yang gagal di hape realme jadi kalau kamu pengguna hape realme tidak perlu khawatir tentunya, karena kalian bisa mencoba caranya seperti yang dijelaskan pada informasi kali ini.

Cara Mengatasi Kamera Realme Error


Nah, mungkin pada saat kamu mau membuka kamera dan muncul pesan error, tapi kalian harus tahu dulu ada banyak faktor penyebab kamera realme error seperti kemungkinan adanya data aplikasi kamera yang corrupt, diserang virus, software belum fix atau tidak berjalan maksimal, atau bisa jadi modul kamera tersebut bermasalah dan cara sederhananya bisa coba lakukan seperti berikut.

1. Tutup dan Buka Kembali Kamera
Pertama silakan coba dahulu hal dasar ini yaitu membuka dan menutup aplikasi kamera realme tersebut. Caranya yaitu ketika membuka aplikasi kamera realme coba tutup secara paksa pada saat muncul pesan error pada kamera. Kemudian setelah itu silakan buka aplikasi kameranya lagi.

2. Membersihkan Cache Kamera
Langkah kedua yaitu dengan membersihkan cache pada aplikasi kamera realme. Tujuan menghapus cache ini adalah untuk membersihkan cache memori internal dan RAM realme karena biasanya menumpuknya cache ini bisa menyebabkan aplikasi kamera realme tidak dapat bekerja secara optimal.

Kamu bisa menggunakan Manajer Telepon untuk membersihkan file cache temporary pada sistem android di hape realme.

Caranya :
1. Silakan pergi ke menu Pengaturan >> Manajeman Aplikasi >> Pilih Kamera >> Penggunaan Memori >> dan tap Hapus Cache.
Hapus cache kamera Realme
2. Buka aplikasi Manajer Telepon dari hape Realme kamu, dan pilih Bersihkan Memori yang nanti akan muncul beberapa opsi pilihan.
3. Setelah itu silakan pilih “Akhiri Semua” untuk membersihkan semua file sampahnya dan centang juga semua aplikasi yang terlihat dan tap “Hapus”
Manajer Hape Realme
4. Silakan tunggu sampai proses selesai.
5. Selesai.

3. Mengecek Ruang Penyimpanan Realme
Biasanya sewaktu normal dalam mengambil gambar di hape realmu terkadang perlu dicek ruang penyimpanannya. Ini bisa jadi penyebab aplikasi kamera jadi bekerja tidak maksimal dan bahkan membuat kamera menjadi error sama sekali.

Untuk mengecek ruang penyimpanan bisa melalui Pengaturan atau manajer file. Jika file terlihat banyak maka silakan coba pindahkan ke memori card eksternal kamu. Jika ada yang terlihat tidak normal seperti penyimpanan penuh padahal file tidak begitu banyak bisa jadi penyebabnya adalah pada basis data salah satunya yaitu aplikasi WhatsApp, kamera biasanya aplikasi whatsapp akan menyimpan otomatis baik foto, video, dokumen atau file lainnya yang tersimpan langsung ke memori internal realme, akibat kehabisan memori internal ini, bisa menyebabkan aplikasi kamera sulit terbuka tentunya, karena secara umum setiap kali kamera saat membuka,biasanya sistem kamera akan mengecek dahulu kapasitas ruang penyimpanan apakah ruang cukup atau tidak, kalau penuh maka biasanya kamera sulit membuka atau muncul pesan error.

4. Hapus Data Aplikasi Kamera
Jika masih error juga maka selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menghapus data aplikasi kamera. Cara ini biasanya sering dilakukan jika sebuah aplikasi mengalami masalah salah satunya aplikasi kamera realme satu ini.

Tujuan dari hapus data aplikasi kamera ini adalah untuk mengembalikan settingan kamera kedalam posisi default. Untuk caranya seperti dibawah ini :
Hapus Data Aplikasi Kamera Realme

Silakan ke menu Pengaturan >> Manajemen Aplikasi >> pilih Kamera >> Penggunaan Memori >> dan tap Hapus Data.

5. Factory Reset Hape Realme
Jika masih mengalami kamera gagal terus di hape realme maka selanjutnya adalah dengan factory reset di realme. Tujuan dari factory reset kamera realme ini adalah untuk menormalkan kembali posisi kamera seperti kamera normal lainnya. Nantinya factory reset ini sama seperti mengembalikan pengaturan pabrik terutama pada kamera gagal tersebut.

Sebelum melakukan factory reset di realme, silakan lakukan backup data-data penting dihape kamu tersebut. Karena factory reset ini akan menghapus semua data di smartphone kamu. Untuk melakukan factory reset di realme berikut caranya :
Factory Reset Hp Realme

Silakan ke menu Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Buat cadangan dan Reset >> Reset ke Data Pabrik >> dan pilih opsi reset sesuai keinginan tapi lebih baik pilih Reset Pengaturan Sistem saja.

Mungkin kamu bisa mencoba dari kelima langkah diatas, ini merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan dalam mengatasi kamera gagal di realme. Terkadang terjadinya error pada kamera realme bisa disebabkan karena modul kamera yang bermasalah. Biasanya permasalah pada kamera realme harus segera dicek service centernya. Disana kamu bisa memberikan informasi permasalah yang terjadi pada kamera tersebut. Tentunya jika masih dalam masa garansi silakan klaim garansi perbaikan pada kameranya dan jika masa garansi habis harus menyiapkan biaya perbaikan pada kamera realme kamu tersebut.

Demikianlah tadi informasi mengenai 5 cara mengatasi kamera gagal di Hp Realme. Masalah pada kamera error seperti ini memang bisa saja terjadi kepada siapapun. Jadi rawatlah smartphone anda dengan baik agar tetap awet digunakan. Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan silakan share atau bagikan informasi ini ke media sosial kamu, agar informasi ini dapat bermanfaat lagi. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel